3 Website Edukasi Gratis yang Wajib Kamu Coba

Belajar memanglah suatu yang menjemukan, tetapi hal wajib yang harus kamu lakukan jika menginginkan nilai terbaik dari setiap ujian yang kamu hadapi. Apalagi jika saat ini kamu sedang ada di bangku kelas 3 SMA yang sebentar lagi akan menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi, pastinya kamu harus belajar sangat keras daripada saat kamu masih duduk di bangku kelas 10 atau 11 SMA.

Ada banyak sekali sumber-sumber belajar yang bisa kamu dapatkan di era modern sekarang ini.

Sudah banyak platform pendidikan yang mneyediakan layanan bimbingan belajar baik secara gratis maupun berbayar.

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki prinsip hidup “jika ada yang gratis kenapa harus bayar”, kamu harus banget mencoba layanan belajar di 3 platform web berikut ini.

Zenius

Zenius merupakan bimbingan belajar online yang sudah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu dan sangat diminati oleh banyak siswa. Banyak video pembelajaran yang bisa diakses baik di aplikasinya sendiri maupun lewat website zenius.

Dahulu kala bahkan sampai tahun-tahun sebelumnya, untuk bisa mengakses layanan belajar di zenius harus memiliki akun premium terlebih dahulu alias harus bayar dan nggak gratis.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini, zenius mulai memberikan layanan belajarnya secara gratis. Untuk bisa mengakses video pembelajaran hanya dibutuhkan akun email untuk login saja. Enak, bukan.

Tidak diketahui apa penyebabnya, yang harus kita lakukan adalah menikmati layanan video pembelajarnnya secara gratis. Hanya perlu menyediakan perangkat elektronik berupa handphone atau laptop dan juga kuota. Dengan dua komponen itu, kita sudah bisa mendapat banyak materi dan ilmu dari situ.

Yuk, segera bikin akun.

Youtube

Sudah tidak asing lagi bahwa di era modern sekarang ini semua informasi bisa kita temukan di youtube, tidak terkecuali semua materi pelajaran yang ada di sekolah sampai pembahasan soal juga banyak sudah di unggah di youtube.

Banyak chanel-chanel youtube yang menyediakan bidang spesifik untuk dipelajari seperti chanel youtube Matematika Hebat yang khusus membahas tentang mata pelajaran dan semua yang berkaitan dengan perhitungan matematika dan juga misalnya pada chanel youtube Pak Wisnu Fisika yang khusus membahas tentang pelajaran fisika.

Jadi jangan sia-siakan untuk tidak berselancar materi di youtube ya, karena semua video-video yang ada disana gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Kamu hanya butuh kuota yang banyak untuk bisa menontonnya.

Udemy

Platform edukasi ini bernama Udemy, banyak sekali materi kursus yang disediakan di websitenya, silahkan berkunjung untuk mengetahui kursus apa saja yang bisa kamu termukan.

Di Udemy, ada dua pilihan layanan yaitu berbayar dan gratis. Tenang saja masih banyak materi yang bisa diakses secara gratis, jadi tidak perlu khawatir karena masih bisa memaksimalkan layanan gratis yang disediakan.

Bikin akunnya, nikmati layanannya.

Sebenarnya masih banyak sekali website yang menyediakan layanan belajar secara gratis. 3 website yang disebutkan diatas merupakan website yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Selamat belajar, maksimalkan layanan website gratis ini untuk meraih PTN impianmu.