4 Jenis Beasiswa Unggulan Kemdikbud Untuk Anda Yang Ingin Kuliah Gratis

Beasiswa Unggulan Kemdikbud

4 Jenis Beasiswa Unggulan Kemdikbud Untuk Anda Yang Ingin Kuliah GratisBeasiswa unggulan Kemdikbud tahun 2021 sudah mulai dibuka. Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan mulai dari tanggal 1 Juli hingga 15 Agustus 2021. Pendaftar dapat melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

4 Jenis Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk orang-orang yang memiliki talenta unggul dan ingin berkuliah pada jenjang S1, S2 hingga S3. Terdapat 5 jenis beasiswa yang akan diberiakn dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin tahu apa saja jenis beasiswa yang dimaksud, berikut diantaranya:

  1. Beasiswa Untuk Masyarakat Yang Berprestasi
Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa kemdikbud pertama adalah beasiswa untuk masyarakat yang berprestasi. Jenis ini diberikan untuk mahasiswa di jenjang sarjana, magister hingga doktoral. Dan mahasiswa baru boleh mengikuti program beasiswa ini apabila sudah mendapatkan surat diterima pada salah satu universitas di Indonesia.

Beasiswa satu ini diberikan untuk masyarakat yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan syarat seperti sudah memiliki sertifikat prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, direkomendasikan dari institusi terkait, sedang tidak menerima beasiswa dari sumber yang lain dan diterima di PTN yang sudah terakreditasi sangat baik atau B.

  • Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek
Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa unggulan Kemdikbud yang kedua adalah beasiswa pegawai Kemendikbudristek. Beasiswa ini sendiri diberikan khusus untuk ASN yang bekerja di lingkungan kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi Pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah.

Sedangkan untuk persyaratannya sendiri adalah untuk ASN yang bekerja di Kemdikbudristek, direkomendasikan oleh eselon II unit kerja, mendapatkan persetujuan penugasan untuk belajar berdasarkan perundang-undangan, direkomendasikan oleh pimpina terkait sesuai kebutuhan organisasi dan harus memiliki kinerja yang baik.

  • Beasiswa Untuk Penyandang Disabilitas
Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa ketiga dari kemdikbud adalah beasiswa untuk penyandang disabilitas. Jadi untuk beasiswa ini, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa misalnya diutamakan sudah memiliki sertifikat prestasi baik akademik maupun non akademik, harus memiliki surat keterangan dari dokter yang menyatakan sebagai Penyandang Disabilitas, mendapatkan rekomendasi dari pihak terkait, dan masih banyak lagi.

  • Beasiswa Penghargaan
Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa keempat ini akan diberika untuk anak dari orang tu yang sudah gugur dalam masa pengabdian negara. Dan calon penerima dari beasiswa ini akan diusulkan oleh pejabat setingkat dengan kepala staf TNI.

  • Beasiswa Untuk PTN
Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Dan Beasiswa unggulan Kemdikbud adalah beasiswa untuk PTN atau Perguruan Tinggi Dalam Negeri. Untuk beasiswa satu ini, calon penerima beasiswa tentu harus sudah diterima di salah satu universitas negeri di Indonesia yang sudah mendapatkan akreditasi minimal B. Dan perguruan tinggi yang akan menjadi tempat menempuh pendidikan nanti adalah perguruan tinggi yang sudah terdaftar di Kemendikbudristek. Jika Anda ingin melamar beasiswa ini, Anda bisa mengajukannya sekarang juga. Dan pendaftaran serta informasi terkait persyaratan untuk beasiswa PTN ini bisa dilihat melalui laman puslapdik.kemdikbud.go.id.

Perlu diketahui, beasiswa unggulan dari Kemendikbud ini adalah upaya pemerintah supaya tidak ada kesenjangan pendidikan di antara masyarkat di Indonesia. Tidak hanya itu saja, beasiswa ini tujuannyaa dalah supaya menciptakan sumber daya yang unggul dan meningkatkan pendidikan yang ada di Indonesia supaya semakin berkualitas. Oleh karena itu, pemerintah di Indonesia menawarkan beasiswa unggulan kemdikbud untuk masyarakat umum dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jadi Anda bisa sesuaikan dengan beasiswa yang ingin Anda ikuti nanti. Penuhi semua syaratnya dan Anda bisa mendapatkan beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud