Inilah 4 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Dikti 2021

Kampus Terbaik di Indonesia

Inilah Kampus Terbaik di Indonesia Versi Dikti 2021 – Setelah masa putih abu-abu atau sekolah menengah atas (SMA) banyak dari mereka yang melanjutkan studi di perguruan tinggi di Indonesia. Melanjutkan belajar ke jenjang lebih kompleks cakupannya untuk menyiapkan masa depan.

Kampus Terbaik di Indonesia dan Ragam Seleksinya

Negara Indonesia memang negara berkembang, namun persoalan pendidikan negara Indonesia juga tidak bisa dibilang remeh. Banyak perguruan- perguruan tinggi yang berdiri di Indonesia, baik perguruan tinggi negri maupun swasta. 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membagi 2136 perguruan tinggi negri dan juga swasta yang ada di Indonesia dalam lima kelas atau tingkatan. Pembagian kelas tersebut terdiri dari kelas 15, 34, 97, 400, dan 1590 perguruan tinggi.  Pembagian itu berdasar penilaian akhir atau perangkingan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi juga sangat beragam jalurnya, ada jalur SNMPTN atau jalur rapot, Jalur SBMPTN dan jalur  mandiri. Jalur SNMPTN adalah jalur internal yang diseleksi dari pihak sekolah asal calon mahasiswa berdasar penilaian akhir pada rapot. Setelah disaring dari sekolah, maka akan dilanjut penyaringan dari kampus-kampus pilihannya masing-masing. Jalur  SBMPTN, jalur masuk perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK.

Ujian UTBK juga terbagi dua kelompok, yakni kelompok soshum dan saintek. Lulusan SMA dari jurusan saintek juga bisa memilih kelompok ujian soshum, dengan syarat jurusan yang diambil harus berada di rumpun Soshum.

Yang ketiga, ada jalur mandiri. Yang mana jalur ini di buka secara mandiri dari setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Jalur mandiri yang dibuka biasanya aad jalur prestasi akademik, jalur prestasi non akademik, jalur ujian dari pihak kampus, jalur talent dan banyak lagi. Hal ini tergantung dari pihak perguruan tinggi masing-masing.

Dari ribuan perguruan tinggi pastinya kalian akan merasa bingung harus memilih perguruan tinggi yang mana, karena semua pasti ingin memiliki kesempatan kuliah di perguruaan tinggi yang ternama. Tapi, asal kalian tau semua perguruan tinggi itu sama, yang berbeda kemampuan dan cara pikir kalian saja.

Daftar 4 Kampus Terbaik di Indonesia

Berikut daftar kampus terbaik di Indonesia versi dikti 2021

IPB (Institut Pertanian Bogor)

IPB atau Institut Pertanian Bogor adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki fokus dalam bidang pertanian. Namun jurusan yang ada di IPB university juga ada yang berada di luar jurusan non agraris.  Perguruan tinggi ini sudah terakreditasi A dan memiliki banyak kerja sama dengan pihak internasional. Jadi cocok banget untuk kalian yang memiliki cita cita mengikuti student exchange ke luar negri.

Universitas Indonesia

Kampus Terbaik di Indonesia

Kampus dengan almet kuning yang sering disebut jakun ini juga masuk kedalam urutan kampus terbaik tahun 2021. Bahkan bukan di tahun ini saja,  UI atau Universitas Indonesia selalu mendapat perangkingan 10 besar kampus terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada

Kampus Terbaik di Indonesia

Kalian yang ingin kuliah di kota Jogja bisa banget nih untuk memilih Universitas Gadjah Mada atau UGM. UGM adalah salah satu perguruan tinggi yang bisa dibilang tertua yang ada di Indonesia. Universitas Gadja Mada juga selalu konsisten menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Universitas Airlangga

Kampus Terbaik di Indonesia

Universitas yang terbaik di jawa timur ini juga ternyata menjadi perguruan tinggi terbaik se Indonesia loh. Universitas Airlangga masuk kedalam perangkingan perguruan tinggi kelas pertama.

Diatas adalah rekomendasi kampus terbaik di Indonesia pada 2021 yang bisa jadi pertimbangan kalian untuk masuk perguruan tinggi.