Tembus PTN Sesuai Jurusan Pilihan, Pelajari 4 Hal Ini

Tips Trik Tembus Oxford

Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri impian adalah keinginan semua orang. Memiliki cita-cita sedari kecil untuk menginjakkan kampus ternama adalah harapan semua orangtua kepada anak-anaknya. Akan tetapi jangan sampai, keinginan yang begitu “muluk” malah mengaburkan pandangan kita terhadap rasionalitas berpikir sesuai kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri.

Jadi, meskipun memiliki impian yang tinggi untuk masuk ke PTN, kita tetap harus realistis dengan kemampuan kita saat ini. “Apakah saya sudah belajar dengan maksimal ? Apakah saya di setiap kenaikan kelas memiliki nilai diatas rata-rata kelas ? Apakah saya memiliki prestasi akademik maupun non-akademik ?” Mari kita renungkan, seberapa besar usaha yang sudah dilakukan untuk menggapainya.

Sampai saat ini proses seleksi masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi dan Seleksi Mandiri. Secara umum, tiga jalur tersebutlah yang digunakan untuk proses seleksi masuk PTN. Dengan kuota masing-masing jalur yaitu SNMPTN 20% dari masing-masing sekolah, baik negeri maupun swasta, SBMPTN untuk tahun 2020 memiliki jumlah pendaftar sebanyak 702.420 siswa sedangkan yang diterima sebanyak 167.653 siswa yang artinya persentase umum kuota nasional hanya 23% saja sedangkan Seleksi Mandiri digadangkan memiliki kuota minimum 30% tiap masing-masing universitas.

Proses seleksi yang semakin ketat, artinya butuh trik yang bagus untuk dapat lolos dari seleksi tersebut. Bersyukurlah bagi yang mendapatkan kuota SNMPTN tahun depan, itu artinya kalian tidak perlu menyiapkan belajar lagi untuk proses ujian tulis. Bagi yang tidak masuk kuota SNMPTN, jangan berkecil hati karena masih ada proses seleksi yang lainnya.

Nah, tips yang harus kamu ketahui untuk tidak salah memilih jurusan agar lolos ke perguruan tinggi yang kamu inginkan adalah:

RAJIN BELAJAR SEJAK KELAS X

Tidak diragukan lagi, untuk bisa masuk ke kuota SNMPTN kamu harus memiliki rata-rata ditas 80 atau 85 tiap semester, artinya kamu harus mempersiapkan diri kamu sejak kelas X. Silahkan berorganisasi karena itu bekal untuk memiliki banyak pengalaman, tetapi jangan lupa untuk selalu rajin belajar. Usahakan nilai rata-rata setiap semester mengalami kenaikan, bukan malah lebih kecil

IKUTI TRY OUT UNTUK EVALUASI

Banyak mengikuti try out juga sangat penting untuk mengukur nilai yang akan kamu dapatkan. Sehingga jika dilihat dengan data sebelumnya kamu bisa mengira-ngira dengan nilai yang selalu kamu dapatkan saat Try Out akan mudah masuk ke jurusan apa. Jangan muluk-muluk ya, misalkan saja setiap Try Out biasanya mendapatkan nilai sekitar 500, tetapi ingin mendafar kedokteran dengan nilai rata-rata universitas 700. Keajaiban bisa saja terjadi, hanya saja peluangnya sangat sedikit sekali.

UPDATE RANGE NILAI TIAP UNIVERSITAS

Ini sangat penting sekali untuk kamu tahu universitas yang kamu tuju memiliki passing grade nilai berapa sehingga akan memudahkan kamu untuk memilih jurusan dan universitas yang akan kamu tuju. Setiap universitas memiliki passing grade yang berbeda-beda untuk setiap jurusan. Passing grade Sistem Informasi UGM akan berbeda dengan Sistem Informasi UNS, hal ini selain dipengaruhi oleh akreditasi juga dipengaruhi oleh kualitas perguruan tinggi masing-masing.

PAHAMI KARAKTERISTIK TIAP UNIVERSITAS

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, memahami karakteristik universitas yang akan kamu pilih juga wajib diperlukan. Hal-hal yang sangat remeh terkadang juga penting untuk dijadikan sebagai penilaian universitas yang kamu pilih.

Misalkan saja, kamu harus mengetahui berapa persentase kakak tinggat disekolahmu yang bisa lolos perguruan tinggi yang kamu inginkan. Apakah penilaiam akademik dan non akademik akan mempengaruhi sebuah penilaian ? kamu juga harus paham tentang ini. Karena ada beberapa universitas yang hanya berfokus kepada nilai akademik saja ada juga yang keduanya dijadikan sebuah penilaian.

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui adalah prioritas dalam memilih universitas, ada beberapa universitas yang hanya memilih siswa yang menjadikan mereka pilihan pertama dalam pemilihan jurusan dan universitas.

Selamat belajar dengan giat dan pastikan pilihanmu tepat, jangan lupa konsultasikan juga dengan orangtuamu, karena restu orangtua juga sangat mempengaruhi kesuksesan seorang anak.