7 Jurusan Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Tahun 2021

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

7 Jurusan Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Tahun 2021 – Kehidupan pasca kampus menjadi perbincangan yang tak pernah berhenti. Terutama pembahasan mengenai jurusan yang paling dicari perusahaan di dunia kerja. Sering dikatakan bahwa jurusan yang Anda pilih akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan berkarier. Sehingga Anda kerap disarankan untuk tidak asal memilih jurusan.

Hal ini mengingat tanggung jawab anak setelah lulus kuliah, yakni hidup mandiri dan menghidupi keluarga. Sebab tanggung jawab seorang anak adalah berbakti pada orang tua – yang sedari kecil membesarkan dengan susah payah – dengan membalas budi.

Oleh karena itu, kami ingin memberi tahu Anda 7 Jurusan Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Tahun 2021, agar Anda dapat mempersiapkan dan merencanakan karier secara sempurna – biar tidak menyesal nantinya! Yuk, disimak!

Jurusan IT

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

Kami yakin Anda sering mendengar kalau jurusan IT merupakan jurusan yang paling banyak dicari perusahaan, bahkan sudah sejak dulu. IT atau Information Technology sendiri, adalah program studi yang membahas segala sesuatu terkait informasi teknologi seperti ilmu komputer, evaluasi sistem operasi, kinerja komputer, dan apapun yang berhubungan dengan software.

Kelebihan pengaplikasian inilah yang menjadikan lulusan jurusan IT sebagai tenaga yang paling banyak dicari pada tahun 2021. Mulai dari programmer, web developer, hacker, hingga data scientist yang sedang digandrungi anak muda.

Berbicara tentang data scientist, alasan mengapa penyandang gelar ini banyak dicari adalah karena kebutuhan perusahaan dalam menjawab tantangan globalisasi. Tantangan globalisasi menuntut perusahaan untuk dapat mengolah banjirnya informasi agar tidak loss dan waste. Data scientist diharapkam dapat menganalisis data yang ada lalu menyimpulkan sehingga menjadi saran rekomendasi pengambilan keputusan.

For your information, jumlah tenaga kerja data scientist yang dicari sekarang banyak lho! Dan gajinya tidak main-main! Start-up sekelas Gojek dikabarkan
berani memberikan gaji Rp 30 juta per bulan kepada data scientist yang menguasai bahasa inggris. Wah, menggiurkan sekali ya?

Ilmu Komunikasi

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

Ilmu komunikasi tidak hanya berbicara cara menyampaikan komunikasi secara teori lho! Lebih dari itu, jurusan ini mempelajari ragam cara berkomunikasi, entah melalui individu, media, publisitas, atau hingga seni.

Di era digital seperti sekarang, ilmu komunikasi dibutuhkan untuk menyampaikan awareness kepada objek pembaca baik itu untuk tujuan politik ataupun bisnis.

Dalam dunia bisnis misalnya, lulusan jurusan komunikasi dapat menempati berbagai posisi yang berperan vital bagi kemajuan usaha perusahaan. Tidak ada iklan, misalnya, akan merugikan perusahaan yang berbasis online atau website.

Oleh karena itu, mengambil jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kemapanan hidup ke depannya. Sebab selain menguntungkan perusahaan, lulusan ilmu komunikasi yang bekerja di perusahaan juga memperoleh laba yang cukup tinggi.

Job-job seputar ilmu komunikasi di dunia kerja tak lain content writer, copywriter, digital marketer, public relation, dan masih banyak lagi. Wah, jadi tak sabar ya buat mengambil jurusan ilmu komunikasi!

Teknik Industri

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

Teknik industri, mungkin kamu sering mendengarnya? Jika iya, berarti benar bahwa teknik industri merupakan jurusan yang paling banyak dicari perusahaan. Lho kok bisa?

Jika kamu tahu, teknik industri merupakan jurusan yang mempelajari tata kelola pabrik, pengontrolan pabrik, pengemasan produk, dan lain sebagainya. Keluasan ilmu teknik industri inilah yang membuat lulusan jurusan ini dapat menyasar ke berbagai perusahaan, bahkan yang berbeda lintas studi pun.

Gajinya pun tak main-main, jika kamu berhasil diterima kerja di perusahaan besar, yang kebetulan membutuhkan banyak tenaga lulusan teknik industri. Sehingga kamu tak akan rugi masuk ke teknik industri

Psikologi

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

Kamu sering mendengar kata human resource dimana-mana? Nah, kata itulah yang merupakan job yang tertera di semua perusahaan. Tidak mungkin ada perusahaan yang tidak memiliki departemen human resource. Sebab, jika tidak ada, maka pengelolaan karyawan bakal berantakan, dan perusahaan pun tumbang.

Human resource sendiri merupakan pekerjaan yang mensyaratkan pelakunya berasal dari jurusan psikologi. Cukup sulit calon karyawan dari jurusan lain memasuki departemen human resource sebagai karyawan.

Hal ini dikarenakan ilmu psikologi benar-benar mempelajari manusia secara mendalam. Bagaimana cara berinteraksi, kesehatan mental, mengelola manusia, dan ilmu manusia lainnya. Sungguh aneh jika lulusan psikolog yang menjadi staf human resource tidak memahami manusia, yang tentunya berakibat fatal bagi perusahaan.

Dengan kamu menjadi anggota human resource, kamu dapat berkenalan dengan karyawan-karyawan lain dari berbagai departemen lho! Selain itu, kamu juga memperoleh honor sesuai dengan kinerjamu!

Bisnis

Kamu sering melihat startup bermunculan dimana-mana? Ya, itulah imbas fenomena era digital. Dan untuk mengelola startup, dibutuhkan kehandalan dalam entrepreneurship, di mana hal ini dapat diperoleh langsung di jurusan bisnis.

Jika kamu mendalami dan mempelajari sungguh-sungguh jurusan ini, aktif ikut magang dan berkoneksi secara aktif dan strategis, maka mungkin saja suatu saat nanti kamu dapat menjadi CEO bisnis yang mengalahkan kekayaan Bill Gates!

Atau bisa juga kamu menjadi ahli saham, yang sekarang sedang digandrungi banyak orang. Jika sedari sekarang kamu mempelajari saham dan menekuni jurusan bisnis, kamu dapat menjadi konsultan saham. Membuka kelas saham, bermain saham secara kompetitif, dan membentuk komunitas yang suportif…cuan pun akan tiba!

Guru

7 Jurusan Paling Dibutuhkan

Guru dapat menjadi alternatif, bagi kamu yang mencintai dunia anak-anak dan pendidikan. Jika kamu tahu, jumlah guru masih terbilang kurang, terutama yang berkualitas. Jumlah guru kerap kali tidak berbanding lurus dengan banyaknya siswa di kelas, sehingga pembelajaran tidak efektif.

Ditambah lagi dengan pandemi yang mempersulit proses pembelajaran secara daring dari rumah. Penekanan penggunaan teknologi menyulitkan guru dalam menerapkan pembelajaran efektif. Dan belum semua siswa memili gawai atau internet yang dapat mengefektifkan pembelajaran.

Oleh karena itu, jumlah permintaan guru pun meningkat. Sebagai pemuda yang cerdas, kamu harus bisa melihat peluang ini dan memberikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa.

Sastra Inggris

Tahukah kamu kalau peminat jurusan bahasa sangat sedikit? Padahal bidang ini sangat menjanjikan lho, terutama, jurusan sastra inggris. Jurusan sastra inggris sekarang banyak dicari perusahaan dan pencari jasa freelance!

Sebagai lulusan sastra inggris, kamu bisa mengambil berbagai job seperti translator, dunia pariwisata, editor buku, penulis, dan masih banyak lagi. Bayarannya pun tidak main-main, bisa dibilang cukup besar.