Inilah Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Penting

Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Penting

Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Sangat Penting Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, serta penelitian. Pendidikan bukan berarti hanya sekedar ilmu pengetahuan yang didapat melalui sekolah saja, namun pendidikan karakter juga termasuk hal yang harus diperhatikan.

Pendidikan Berkualitas Itu Penting

Walaupun seseorang memiliki tingkat pendidikan yang sangat tinggi, namun jika karakternya buruk maka orang itu akan dipandang tidak baik oleh yang lainnya. Di zaman sekarang ini pendidikan sangatlah penting sebagai penunjang kehidupan yang baik. Alasan pendidikan berkualitas itu penting seseorang dapat mewujudkan cita-citanya, memudahkan dalam mencari pekerjaan, dapat membedakan mana yang benar dan salah, dan tentunya bisa berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.

Pada akhir tahun 2019 dilakukan survey yang dirilis Programme for International Student Assessment (PISA) sebagai standar internasional pendidikan di Indonesia. PISA merupakan sistem ujian yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) guna mengevaluasi sistem pendidikan di seluruh dunia.

Posisi Kualitas Indonesia yang Rendah

Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 77 negara. Survei PISA merupakan rujukan dalam menilai kualitas pendidikan dunia, yang komponen penilaiannnya mencakup kemampuan pelajar dalam bidang literasi, matematika, dan sains. Berdasarkan data tersebut menempatkan Indonesia berada di peringkat enam terbawah.

Tertinggalnya kualitas pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan negara lain di dunia menjadikan hal tersebut sebagai tantangan besar bagi Indonesia. Selain itu, kualitas pendidikan juga ditentukan oleh bagaimana kualitas guru/pendidiknya. Semakin kompeten gurunya, maka kemungkinan untuk mendapatkan kualitas yang baik bagi seseorang juga semakin tinggi.

Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Penting

Lantas, mengapa kualitas pendidikan di suatu negara itu menjadi hal yang penting? Berikut dua poin terkait pentingnya kualitas pendidikan suatu negara:

Menciptakan SDM yang Kompeten

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam suatu negara dibandingkan dengan sumber daya lainnya seperti teknologi, modal, dan sebagainya. Apabila suatu negara memiliki teknologi yang canggih, modal yang banyak, namun sumber daya manusianya tidak berkualitas maka hal tersebut adalah sia-sia.

Sumber daya manusia yang kompeten dibutuhkan agar dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang tinggi. Penduduk di Indonesia sangatlah banyak terutama generasi muda, namun hanya sedikit dari mereka yang
memiliki kemampuan yang baik. Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Penting adalah apabila Indonesia memiliki sumber daya manusia yang baik tentunya hal tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian dan menjadikan Indonesia semakin berkembang.

SDM Muda Indonesia Bisa Bersaing Di Tingkat Internasional


Apabila generasi muda Indonesia dibimbing sejak dini agar memiliki kualitas pendidikan yang baik, tentunya mereka bisa bersaing di tingkat internasional dalam bidang akademik maupun non akademik. Hal ini dapat membuat Indonesia dikenal oleh negara-negara lain dan memungkinkan generasi muda Indonesia dibutuhkan tenaganya oleh negara-negara di dunia.

Alasan Pendidikan Berkualitas Itu Penting. Maka dari itu sudah seharusnya negara kita meningkatkan kualitas pendidikan baik formal maupun non formal, terutama untuk generasi muda karna mereka yang akan melanjutkan dan membangun Indonesia kelak. Perkembangan zaman semakin canggih, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan itu agar dapat membangun bangsa dan negara kita.