8 Aplikasi Belajar Online Untuk Mahasiswa

Di dalam aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini terjadi interaksi antara pendidik dan mahasiswa.

8 Aplikasi Belajar Online Untuk Mahasiswa – Pandemi covid 19 menjadikan seluruh aktivitas harus dilakukan dari rumah. Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak keluar guna meminimalisir terjadinya penularan penyakit. Tidak terkecuali bagi seluruh mahasiswa yang juga harus melakukan seluruh kegiatan di rumah. Bosan dan merasa kesepian kerap kali dirasakan. Namun kehadiran dari aplikasi belajar online untuk mahasiswa di tengah pandemi mampu mengatasinya.

Pembelajaran dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut dengan sangat menyenangkan. Seluruh mahasiswa dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan pada aplikasi. Meskipun hanya melalui aplikasi, namun kehadirannya mampu menghadirkan kembali semangat para mahasiswa ini.

Inovasi Aplikasi Untuk Mahasiswa di Tengah Pandemi

Para tenaga pendidik harus memutar otak guna memanfaatkan beberapa aplikasi belajar online untuk mahasiswa. Aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini khusus dirancang guna menggantikan pembelajaran di kelas saat pandemi.

Presentase keefektifan aplikasi tersebut dibuat mendekati pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Tidak heran jika aplikasi ini sangat membantu para pendidik di masa pandemi. Terlebih bagi mahasiswa yang merasa kesulitan dalam belajar secara online.

Di dalam aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini terjadi interaksi antara pendidik dan mahasiswa. Mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan ketika merasa belum paham tentang apa yang disampaikan oleh dosen. Hal ini dapat dilakukan melalui kolom chat yang telah disediakan oleh aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Untuk Mahasiswa

Moodle

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang pertama adalah Moodle, kepanjangan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Mahasiswa dapat mengakses aplikasi ini secara gratis. Selain itu Moodle juga sangat fleksibel dan mudah untuk dioperasikan.

Menariknya, aplikasi Moodle memiliki fitur chat yang dapat digunakan oleh dosen maupun  mahasiswa untuk saling berinteraksi. Di dalam aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini, dosen dapat memberikan tugas, melaksanakan ujian dan merancangkan materi. Disamping itu juga dpaat melakukan analisis hasil ujian.

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa berikutnya adalah platform kebanggaan anak bangsa. SEVIMA EdLink tidak kalah menariknya dengan beberapa aplikasi lain yang memberikan materi sampai berbagai fitur belajar online yang menarik. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur unggulan yakni fitur diskusi forum.

Fitur dalam aplikasi belajar online untuk mahasiswa tersebut dapat dimanfaatkan oleh dosen guna membuka diskusi bersama mahasiswa mengenai topik tertentu. Dengan begitu mahasiswa tidak akan merasa bosan lagi di tengah pembelajaran jarak jauh ini. Terlebih semua fitur dalam aplikasi diberikan secara gratis.

Edmodo

Siapa sih yang tidak kenal dengan Edmodo? Aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini cukup populer di tengah dunia perkualiahan. Fitur – fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tidak jauh berbeda dengan fitur aplikasi lainnya. Keunikan dari edmodo adalah adanya fitur parent code.

Edmodo sebagai aplikasi belajar online untuk mahasiswa memberikan kebebasan bagi orang tua untuk memantau hasil belajar dan kegiatan. Disamping itu juga terdapat fitur award badge dan polling.

Award bagde diberikan kepada mahasiswa dengan hasil terbaik. Sedangkan polling difungsikan ketika melakukan pengambilan suara oleh mahasiswa. Edmodo memang tidak kalah hebatnya dengan aplikasi lain. Aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang satu ini memang dapat diandalkan.

Schoology

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa kali ini merupakan aplikasi Learning Management System. Fitur di dalamnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Moodle. Setiap mahasiswa dapat mengakses aplikasi materi pembelajaran kapan pun dan dimanapun.

Disamping itu, Schooloyy juga sangat membantu para dosen untuk lebih efektif dalam memantau perkembangan mahasiswa. Baik itu melalui tugas maupun absen. Aplikasi belajar online untuk mahasiswa Schoology dapat diakses melalui google play store.

Coursera

Coursera merupakan salah satu aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang banyak digunakan di masa pandemi. Sistem yang digunakan berbeda dengan aplikasi belajar lainnya. Disini mahasiswa dapat mengakses pembelajaran online secara mandiri tanpa intruksi dari dosen.

Kemandirian belajar mahasiswa akan terasah dalam Coursera. Secara tidak langsung hal tersebut mampu menumbuhkan rasa ingin tau dan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya belajar. Pasalnya saat ini tidak sedikit mahasiswa yang justru mengabaikan pelajaran di masa pandemi.

Selain itu, aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini mampu memberikan ilmu baru bagi setiap mahasiswa. Sampai saat ini terdapat 2000an kursus di berbagai bidang yang dapat dipelajari di dalam aplikasi ini. Pastinya seluruh fasilitas dapat diakses sampai puas.

Akademi khan

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa berikutnya adalah Akademi Khan. Aplikasi ini memiliki misi yakni menyediakan pendidikan gratis yang sangat baik untuk pikiran ingin tahu di seluruh dunia. Misi ini disampaikan pada saat ceramah dalam bentu video.

Telah terbukti aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini sangat populer di seluruh dunia. Disamping itu juga tersedia persiapan tes masuk pekerjaan. Dengan begitu aplikasi ini semakin mempermudah mahasiswa dalam mempersiapkan diri di dunia pekerjaan.

Ruang Guru

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga mahasiswa. Bahkan beberapa diantar mereka telah menggunakan aplikasi ini. Ruang Guru adalah salah satu aplikasi dari Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar di kampus.

Aplikasi Ruang Guru pun dapat menjadi salah satu sarana untuk belajar bersama. Pasalnya dalam aplikasi ini terdapat tutor yang akan mengajarkan beberapa pelajaran sesuai keinginan.

Di dalam aplikasi ini mahasiswa dapat mengakses seluruh fasilitas yang tersedia. Selain itu juga dapat pula dilakukan diskusi bersama antara dosen dan mahasiswa. Aplikasi belajar online untuk mahasiswa ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya telah banyak mahasiswa yang juga berhasil melalui aplikasi belajar online.

EdX

edX merupakan salah satu aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang bermitra dengan Universitas terkenal dunia, termasuk MIT dan Harvard. Aplikasi yang satu ini memiliki kurang lebih 2.500 program studi yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Di masa pandemi, aplikasi belajar online ini banyak digunakan oleh beberapa perguruan tinggi.

Aplikasi ini berfokus pada ilmu alam dan humaniora, sehingga cocok untuk mahasiswa yang ingin memperluas pemahaman tentang topik di bidang tersebut. Ilmu komputer dan bahasa juga menjadi beberapa pelajaran yang populer di dalam aplikasi ini.

Aplikasi edX juga terbuka untuk kursus online. Terdapat beberapa kursus profesional yang dikenakan biaya. Bagi mahasiswa yang ingin belajar dalam kursus ini dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang dapat menjadi referensi. Beberapa diantara aplikasi belajar tersebut mungkin sudah pernah kamu coba. Namun jangan lupa untuk mencoba aplikasi belajar lainnya yang lebih menyenangkan ya sobat!. Selamat belajar dan tetap semangat menggapai cita – cita meskipun harus belajar secara virtual.