Wajib Instal, 5 Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Wajib Instal, 5 Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa – Mahasiswa itu level lanjutan dari kelas pelajar. Sudah bukan lagi masa masanya bermain sampai lupa belajar, harus lebih matang pemikiran dan juga bekal.  Jika dilihat kebutuhanya antara mahasiswa dengan pelajar juga jauh berbeda. Mungkin pelajar tidak terlalu membutuhkan alat elektronik  serta software yang canggih untuk menunjang kegiatan belajarnya. Tapi jika mahasiswa akan sangat diperlukan  prasarana-prasarana untuk menunjang kuliahnya.

Di dalam laptop atau computer seorang mahasiswa juga harus berisi software-software yang mampu memberi fasilitas belajar. Misalnya seperti software untuk membantu membuat skripsi, mengolah data, ataupun untuk membuat bahan presentasi. Artikel ini akan memberikan informasi aplikasi apa saja yang harus ada di laptop mahasiswa.

5 Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Berikut aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa:

Microsoft Office

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Semua laptop mahasiswa harus ada kelompok software ini. Microsoft Office merupakan aplikasi atau software milik Microsoft yang dibuat sedemikian rupa dengan berjalan dalam sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Microsoft Office memiliki banyak jenis turunannya, seperti yang paling familiar di kalangan masyarakat ada Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

Microsoft Word biasanya digunakan untuk membuat data laporan atau membuat jurnal, dan untuk membuat laporan table berupa  angka menggunakan Microsoft Excel. Sedang Power Point adalah software yang digunakan untuk membuat presentasi dan sekarang juga bisa untuk membuat infografis animasi.

Browser

Tidak mungkin kan mempunyai laptop tapi tidak bisa melakukan selancar di internet. Aplikasi kedua yang wajib ada di laptop mahasiswa yakni Browser. Aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengakses website atau melakukan surfing di internet. Ada banyak jenis browser yang bisa diinstal, diantaranya ada Microsoft Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, Mozilla Firefox. Dan browser yang sering digunakan pengguna laptop adalah browser google chrome dan juga Mozilla firefox.

PDF Reader

PDF Reader adalah sejenis software untuk mendeteksi atau membaca file dokumen dalam format pdf.  PDF Reader sama saja dengan Microsoft office, dengan aplikasi ini mahasiswa dapat dengan mudah mengumpulkan tugas atau membuka tugas yan berbentuk PDF.

Aplikasi Editing

Aplikasi Yang Harus Ada di Laptop Mahasiswa

Aplikasi editing juga menjadi aplikasi yang wajib untuk laptop mahasiswa. Bukan hanya untuk mahasiswa IT saja, karena terkadang tugas kuliah banyak yang mengharuskan untuk membuat videography atau design.  Aplikasi editing yang banyak digunakan adalah, Photoshop, Coreldraw, Adobe illustrator.  Aplikasi itu digunakan untuk membua design, mengedit foto, membuat illustrasi, bahkan untuk membuat template presentasi. Sedangkan untuk editing dapat menggunakan Adobe After Effect, aplikasi editing video dan juga untuk membuat motion graphic. 

Aplikasi Pembersih Memori

Aplikasi ini juga wajib ada untuk laptop mahasiswa, seringkali mahasiswa membuka link dan file yang terkadang itu sampah. Dan banyaknya tugas tugas yang tersimpan, tapi lupa untuk di hapus. Hal ini bisa membuat laptop terserang malware dan juga membuat laptop lemot karena kehabisan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, mahasiswa juga perlu untuk menginstall aplikasi pembersih memori. 

Aplikasi pembersih memori yang bisa diinstal seperti CC Cleaner.  Aplikasi ini sangat mudah untuk di install di internet, dan juga semua fiturnya gratis. Namun CC leaner juga menyediakan fitur yang berbasis premium dengan sistem berbayar.  Dengan menginstal aplikasi ini dapat membantu mempercepat dalam booting windows.

Diatas adalah aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa, dan harus berhati-hati saat menginstal aplikasi di gerai internet ya. Karena Sekarang sudah banyak aplikasi tiruan yang ternyata mengundang malware.