Bahasa Panda UTBK dan Cara Mengerjakannya

Bahasa Panda UTBK

Bahasa Panda UTBK dan Cara Mengerjakannya – Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah UTBK merupakan salah satu rangkaian tes yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftarankan diri ke perguruan tinggi. Ada berbagai macam soal yang terdapat dalam UTBK ini. Diantara semua soal yang ada, ada salah satu soal UTBK yang sempat menjadi trending topic sosial media yaitu twitter.

Hal ini menjadi trending sebab ada salah satu orang yang menanyakan cara mengerjakan soal UTBK seperti apa. Beberapa orang pun memberikan tanggapannya. Ada yang menanggapi dan menjawab dengan serius dengan mengatakan soal tersebut merupakan bahasa panda UTBK, namun ada juga yang mengatakan bahwa soal tersebut membuat pusing semuanya.

Penjelasan Mengenai Bahasa Panda

Bahasa panda berasal dari bagian ilmu kriptografi. Kriptografi adalah sebuah gabungan dan perpaduan dari dua kata Yunani. Kryptos memiliki arti tersembunyi dan graphein berarti menulis. Jadi bahasa panda UTBK secara etimologis dari perpaduan kata tersebut maka kriptografi merupakan sebuah ilmu yang digunakan untuk mempelajari teknik matematika maupun seni.

Hal ini digunakan semata-mata untuk menjaga kerahasiaan data dan keamanan terkait suatu informasi dengan menggunakan tulisan maupun kata-kata. Tulisan yang digunakanpun memiliki bentuk yang aneh. Meskipun aneh, namun dibalik tulisan tesebut mengandung sebuah arti yang harus dipecahkan terlebih dahulu artinya. Sederhananya, kriptografi merupakan salah satu contoh ilmu mengenai suatu sandi.

Kemudian selanjutnya kamu pasti bertanya-tanya bagaimana bisa kemudian berhubungan dengan panda? Sebenarnya ini ada hubungannya dengan beberapa peneliti di Tiongkok yang melakukan penelitian mengenai bahasa yang digunakan oleh panda untuk berkomunikasi.

Penelitian ini pada tahun 2015 membuahkan hasil, jadi para peneliti berhasil menemukan pola komunikasi panda. Kemudian berasal dari penelitian terkait bahasa panda tersebut, maka setiap kali orang menemukan sebuah soal yang aneh padahal mengandung arti didalamnya maka seringkali mereka menyebutnya dengan bahasa panda. Sama halnya seperti bahasa panda UTBK pada tahun 2020 silam.

Alasan Bahasa Panda UTBK Pada Tahun 2020 Muncul

Pada tahun 2020, beberapa orang melaksanakan UTBK dengan pola yang sangat berbeda dengan UTBK pada tahun 2019. Jika pada tahun 2019 soal UTBK terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kemampuan Akademik), tapi di tahun 2020 maka TKA dihapuskan sehingga hanya tersedia TPS pada UTBK 2020.

Beberapa orang mengungkapkan meskipun TKA dihapuskan, namun ada beberapa soal yang dimunculkan bahasa panda UTBK. Soal bahasa panda UTBK dianggap bertujuan untuk melatih penalaran dan pemecahan masalah yang dimiliki calon mahasiswa. Hal ini dilakukan agar mengetahui seberapa besar kemampuan matematis, literasi, maupun penalaran yang dimiliki oleh calon mahasiswa tersebut.

Bahasa Panda UTBK

Pengerjaan Kriptografi Bahasa Panda

Hal pertama yang harus kamu lakukan memperhatikan susunan keyboard yang ada dihadapanmu. Dan mari kita bahas soal dibawah ini.

Contoh soal:

Jika BANDUNG ditulis NSMFIMH, maka JAKARTA ditulis menjadi apa?

a. KSLSTYS

b. DIESMSUS

c. DITSNSUS

d. TIESMSZS

e. TITSNSUS

Pembahasan:

Perhatikan keyboard, tulisan BANDUNG jika ditinjau dari bahasa panda maka huruf yang digunakan adalah susunan huruf disebelah kanannya. Jadi huruf kriptografi yang dituliskan satu huruf bergeser ke kanan.

Huruf B digantikan oleh huruf N

Huruf A digantikan oleh huruf S

Huruf N digantikan oleh huruf M

Huruf D digantikan oleh huruf F

Huruf U digantikan oleh huruf I

Huruf N digantikan oleh huruf M

Huruf G digantikan oleh huruf H

Berdasarkan analisis diatas maka ayo kita temukan bagaimana pola kriptografi untuk kata JAKARTA.

Huruf J digantikan oleh huruf K

Huruf A digantikan oleh huruf S

Huruf K digantikan oleh huruf L

Huruf A digantikan oleh huruf S

Huruf R digantikan oleh huruf T

Huruf T digantikan oleh huruf Y

Huruf A digantikan oleh huruf S

Jadi, jawaban pilihan yang tepat adalah opsi a yaitu KSLSTYS.

Taktik Mengerjakan Bahasa Panda UTBK

Bahasa Panda UTBK

Jadi masing-masing soal yang menggunakan pemecahan masalah bahasa panda UTBK maka akan memiliki jenis soal yang berbeda. Tentu karena jenis soalnya selalu berbeda-beda maka kunci utama pengerjaannya adalah kamu hanya perlu untuk menemukan pola yang paling tepat. Cara melihat pola pengerjaan bahasa panda UTBK adalah melihat kata-kata yang sama dan memiliki arti beda. Seaneh apapun bahasa panda jika kita bisa menganalisis pola tadi maka kita akan bisa mengerjakan soal bahasa panda UTBK dengan baik.

Bagaimana Kemungkinan Bahasa Panda UTBK Muncul Kembali?

Kemungkinan bahasa panda untuk muncul pada UTBK tahun-tahun berikutnya sangat besar. Mengingat yang ingin dituju adalah kemampuan penalaran dan analisis yang cermat dari calon mahasiswa. Maka bisa jadi bahasa panda UTBK akan muncul kembali. Namun kamu tidak perlu khawatir terlalu berlebihan, sebab persentase kemunculan bahasa panda pada UTBK hanya kecil. Artinya bahasa panda yang terdapat dalam UTBK hanya ada 1 soal saja. Selamat belajar dan selamat berjuang, pejuang UTBK!