Baca Ini, 5 Rekomendasi Buku Bacaan Mahasiswa Terbanyak Dibaca

Buku Bacaan Mahasiswa

Perkuliahan merupakan masa di mana kamu harus melakukan eksplore terhadap banyak hal, termasuk juga menambah wawasan dengan membaca buku. Ada banyak rekomendasi buku bacaan mahasiswa yang saat ini sedang populer di dunia, karena berhasil dalam memberikan gagasan dan wawasan berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Rekomendasi Buku Bacaan Mahasiswa

Pada saat membicarakan mengenai apa saja rekomendasi buku bacaan mahasiswa tidak akan ada ujungnya, karena sekarang banyak bermunculan karya-karya tulis yang menarik untuk di baca oleh kalangan mahasiswa.

Terkadang ada juga beberapa buku yang masih benar-benar karya baru dan juga karya sudah lama, akan tetapi percayalah bahwa makna dan nilai moral di dalam buku tersebut tidak lekang oleh waktu.

Daripada semakin membuat kamu penasaran, mari kita langsung saja simak penjelasan di bawah ini mengenai 5 rekomendasi buku bacaan mahasiswa yang harus di baca.

Bumi Manusia

Bumi manusia merupakan karya tulis dari seseorang yang bernama Ananta Toer. Di dalam buku Bumi Manusia menggambarkan mengenai kondisi sosial dari budaya Hinda Belanda di awal tahun 1990-an yang menceritakan Minke, seorang pribumi mengenyam pendidikan pada bangsa Eropa di Indonesia.

Minke mempunyai pasangan seorang warna Negara Indonesia yang bernama Annelies Mallema. Selain itu, selama Minke di Indoensia juga bertemu dengan Nyai Otosoroh yang merupakan ibunda dari Annelies dan tidak kalah juga dalam intelek dari beberapa wanita Eropa.

Cerita di dalam buku Bumi Manusia juga menceritakan mengenai pertentangan batin dialami oleh Minke terhadap pandangan pendidikan serta pengaruh dalam mengubah derajat manusia. Menariknya dalam buku Bumi Manusia adalah saling memadukan antara sejarah Negara Indonesia dengan kisah percintaan yang terpadu dalam satu cerita harmonis.

Bumi Manusia juga menyeret emosi kalangan masyarakat untuk terlibat dalam beberapa kehidupan toko utama dalam membakar semangat nasionalisme. Banyak dari kalangan masyarakat yang sudah membaca buku Bumi Manusia menobatkan menjadi karya tulisan terbaik berasal dari Indonesia.

Maka dari itu, buku satu ini menjadi salah satu rekomendasi buku bacaan mahasiswa untuk di baca supaya dapat memunculkan semangat lebih tinggi lagi.

Generasi Langgas

Rekomendasi buku bacaan mahasiswa berada pada judul Generasi Langgas yang dituliskan oleh Yoris Sebastian. Cerita di dalam buku yang satu ini berbeda dengan sebelumnya. Pada buku Generasi Langgas menceritakan mengenai perkembangan generasi millienial di Indonesia.

Untuk kamu yang lahir di tahun 1980-200 mempunyai tanggungan besar yaitu menentukan Indonesia akan mendapatkan bonus demografi apa di tahun-tahun selanjutnya. Buku Generasi Langgas sangat cocok untuk di baca oleh kalangan mahasiswa agar lebih paham lagi mengenai potensi dalam diri.

Di dalam buku tersebut mempunyai ilustrasi, layout, konten, isi cover yang desain secara kreatif sama persis dengan tema dan isi yang membicarakan mengenai permasalahan milenial. Setelah membaca buku Generasi Langgas akan mendapatkan banyak info menarik yang dapat dijadikan sebagai alat memotivasi dan menyemangati diri dalam melakukan kegiatan positif.

Selain itu, ada banyak kutipan dengan menggunakan kata-kata keren yang secara langsung membuat kamu ingin untuk melakukan take action.

Pulang

Pulang merupakan rekomendasi buku bacaan mahasiswa dan karya dari Leila S. Chudori yang sudah terbit sejak tahun 2012. Dengan buku ini Leila dapat memenangkan penghargaan di Kusala Sastra Khatulistiwa dalam kategori prosa pada tahun 2013.

Cerita di dalam buku tersebut seorang laki-laki bernama Dimas yang menjadi seorang eksil politik di Negara Paris dan tidak bisa pulang ke Indonesia karena terkendala dengan kejadian G30S/PKI. Hingga akhirnya Dimas menjalani kehidupan sehari-hari di Paris dengan 3 teman-temannya yaitu Mas Nug, Risjaf dan Tjai.

Buku dengan judul Pulang sangat direkomendasi untuk di baca oleh kalangan mahasiswa Indonesia karena mempunyai tiga latar belakang sejarah mulai dari 30 September 1965, Mei 1968, dan 1998. Pada saat membaca buku Pulang kamu akan bisa terbawa suasana dan masuk ke dalam patrotik yang ada di Indonesia.

Catatan Seorang Demonstran

Rekomendasi buku bacaan mahasiswa selanjutnya adalah Catatan Seorang Demonstran karya dari seorang Seo Hok Gie. Untuk kamu yang sering membaca buku-buku dengan tema masa lalu pasti sudah tidak asing lagi dengan Seo Hok Gie.

Seo Hok Gie merupakan tokoh idealis yang berpegang teguh pada satu prinsip sampai dengan ajal menjemputnya. Buku Catatan Seorang Demonstran ini sangat cocok untuk di baca kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia.

Setelah membaca buku tersebut akan lebih kagum dengan kisah perjuangan dan memunculkan cita-cita untuk mempunyai pikiran lebih kritis dan berani seperti seorang Seo Hok Gie. Di dalam buku tersebut berisi mengenai pemikiran-pemikiran dari seorang Seo Hok Gie dan beberapa mahasiswa Jurusan Sejarah FSUI.

Mungkin ada juga dari kalangan masyarakat yang sudah menonton film dengan judul GIE? Nah, dengan film tersebut membuat Seo Hok Gie lebih dikenal di Negara Indonesia. Selain itu, juga mengakibatkan dari kalangan mahasiswa berbondong-bondong turun ke jalan demi mendapatkan penegakan hukum dan hak dari masyarakat yang tertindas.

Buku Catatan Seorang Demonstran merupakan beberapa kumpulan cerita Gie selama menjalani kehidupan dan wajib di baca oleh kalangan mahasiswa supaya bisa seperti Seo Hok Gie. 

Madilog

Rekomendasi buku bacaan mahasiswa selanjutnya adalah Madilog yang dituliskan oleh Tan Malaka. Isi dari buku Madilog sangat bagus untuk di baca kalangan anak-anak muda agar lebih banyak mengenal lagi mengenai gagasan kebangsaan seperti pemikiran dari seorang Tan Malaka.

Tan Malaka adalah orang yang pertama dalam menuliskan konsep Republik Indonesia di dalam sebuah buku dengan judul Naar de Republiek Indoensia di tahun 1925. Di dalam buku Madilog berisi mengenai inspirasi dari Ir. Soekarno dalam memperjuangkan Kemerdekaan Tanah Air Indonesia.

Namun, ironis nya di waktu tersebut seorang yang berjasa di Indoensia di tembak mati oleh seorang bangsawan sendiri. Selama bertahun-tahun Tan Malaka ingin dimusnahkan dalam sejarah Bangsa Indonesia dengan buku yang berjudul Madilog ini sempat dilarang untuk beredar.

Kata-kata Madilog mempunyai arti yaitu Materaialisme, Dialektika, Logika yang akan menuntun kamu untuk berpikir kritis, nasional dan penuh pertimbangan. Buku Madilog masuk di dalam kategori filsafat, akan tetapi tidak hanya sekedar berisi mengenai ilmu kehidupan saja akan tetapi juga beberapa pemikiran luar biasa dari seorang Tan Malaka yang bisa kamu serap dan pelajari.

Meskipun rekomendasi buku bacaan mahasiswa satu ini cukup serius, tapi sangat cocok juga di baca oleh kalangan mahasiswa karena diyakini dapat memberikan wawasan lebih banyak lagi.

Nah itu dia, 5 rekomendasi buku bacaan mahasiswa yang bisa kamu jadikan referensi ketika sedang mempunyai sedikit waktu luang, supaya tetap mendapatkan wawasan serta informasi guna mendapatkan semangat lebih dalam menjalani suatu kehidupan sehari-hari.