Tidak Perlu Coding, Inilah 8 Cara Buat Website Gratis dari Google dengan Mudah

Cara Buat Website Gratis dari Google

Inilah 8 Cara Buat Website Gratis dari Google dengan Mudah – Di era serba digital ini, kehadiran website sangatlah penting bagi sebuah bisnis. Menurut beberapa laporan, hampir sepertiga konsumen di seluruh dunia mencari bisnis lokal secara online setiap hari. Saat inipun pembuatanya cukup mudah dan murah, apalagi sekarang Anda dapat cara buat website gratis dari Google.

Sebuah website juga terbukti sangat bermanfaat, dari hanya menampilkan produk hingga meningkatkan prospek penjualan. Dengan website gratis dari Google, Anda hanya butuh koneksi internet untuk membuat website sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Website Tidak Harus Coding

Cara Buat Website Gratis dari Google

Google website builder atau pembuat website Google merupakan bagian dari Google My Business yang membantu pelanggan menemukan Anda secara online. Ketika cara buat website gratis dari Google, mereka akan mengambil informasi di profil bisnis GMB Anda dan menggunakannya sebagai dasar untuk membangun website Anda.

Anda dapat melakukan banyak penyesuaian dengan mudah, tanpa harus memiliki skill dalam bidang coding. Meskipun gratis, tampilan website terlihat profesional karena menawarkan banyak pilihan tema. Karenanya platform ini sangat cocok bagi semua orang, bahkan untuk pemula.

Manfaat tambahan dengan cara buat website gratis dari Google adalah:

  • Anda tidak terlalu bergantung pada media sosial karena tidak semua calon pelanggan mencari Anda lewat media sosial. Memiliki situs sendiri berarti memungkinkan calon pelanggan untuk mencari bisnis Anda berdasarkan nama atau apa yang Anda jual dengan mudah.
  • Salah satu manfaat utama buat website gratis dari Google adalah sederhana namun memberikan tampilan yang profesional. Terdapat berbagai fitur yang sangat mudah digunakan untuk pemula. Mulai dari menu, halaman, hingga beragam tema yang menawan.
  • Tanpa coding Anda dapat memaksimalkan pengalaman pelangan Anda dalam website. Ini merupakan peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Cara Buat Website Gratis dari Google

Mempelajari cara buat website gratis dari Google dapat membantu Anda membuat berbagai macam kebutuhan promosi bisnis Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membantu Anda lebih memahami cara buat website gratis dari google:

1. Buka Google Sites

Cara Buat Website Gratis dari Google

Anda dapat masuk ke Google Sites dengan beberapa metode. Salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengetikkan url ” https://sites.google.com/new.” Dengan cara tersebut Anda tinggal melakukan login dengan akun Google Anda.

Metode lain untuk masuk ke alat ini adalah melalui aplikasi Google lainnya. Pada bagian pojok kanan atas setiap aplikasi, ada kotak yang terdiri dari sembilan titik. Setelah mengeklik kotak ini, carilah opsi “Situs”. Mengklik pilihan tersebut akan secara otomatis membuka alat ini di browser Anda.

2. Buat situs baru

Setelah masuk alat pembuatan website gratis, Anda dapat memilih template dari galeri yang biasanya terletak di bagian atas halaman. Cara lain untuk memulai situs baru adalah dengan memilih tanda plus yang biasanya ada di kanan bawah halaman web. Setelah memilih template, Anda akan diarahkan secara otomatis ke halaman pembuatan situs.

3. Pilih template

Jika Anda memutuskan untuk mengeksplorasi template. Google menyediakan semua template yang diurutkan berdasarkan kategori, yang meliputi:

  • Pekerjaan
  • Bisnis kecil
  • Pribadi
  • Perusahaan
  • Pendidikan

4. Pilih Tema

Cara buat website gratis dari Google selanjutnya adalah memilih tema. Setelah Google mengarahkan Anda ke alat pembuatan situs, Anda memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan website Anda. Pada bilah navigasi yang berada di sisi kanan, Anda dapat menemukan tab “Tema”. Disini Anda dapat memilih salah satu dari beberapa tema atau membuat sendiri.

Jika Anda ingin memilih tema yang telah ada, Anda dapat menyesuaikan skema warna dan font di dalam tema. Jika Anda membuat tema sendiri, maka sebuah jendela pop-up akan memandu Anda dalam membuat tema sendiri yang memungkinkan Anda memilih:

  • Nama tema
  • Logo
  • Gambar spanduk
  • Skema warna
  • Font

5. Tambahkan Konten Dan Gambar

Cara Buat Website Gratis dari Google

Setelah memilih tema, Anda dapat mulai menambahkan konten. Pada menu “Sisipkan” di Anda dapat menambahkan kotak teks, gambar, kode sematan, atau item dari Google drive Anda. Setiap item yang Anda tambahkan memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya. Ini membantu Anda dalam buat website gratis dari Google yang menarik secara visual dan selaras dengan brand bisnis Anda.

6. Sesuaikan Tata Letak

Anda juga dapat menyesuaikan tata letak dan latar belakang halaman. Untuk melakukannya, Anda dapat mengarahkan mouse ke bagian tata letak yang ingin Anda pindahkan hingga digariskan dengan warna biru dan ikon mouse berubah menjadi simbol panah empat arah. Kemudian Anda dapat mengklik dan menyeret bagian tersebut ke lokasi yang Anda inginkan.

7. Tinjau Website

Setelah menambahkan konten, halaman web, widget dan menyesuyaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda, buat website gratis dari Google adalah meninjau kembali website Anda. Langkah ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda ingin mengubah gambar, tema, latar belakang, skema warna, atau konten lain. Untuk melihat pratinjau situs web Anda, Anda dapat memilih tombol “Pratinjau” di dekat bagian atas halaman web.

8. Publikasikan Situs Anda

Jika Anda telah selesai melakukan evaluasi, sekarang Anda dapat mulai mempublikasikan situs Anda. Untuk mempublikasikan situs, Anda dapat mengklik tombol “Terbitkan” di bagian kanan atas. Setelah Anda mengklik tombol, jendela pop-up akan muncul di mana Anda dapat menyesuaikan URL dan aksesibilitas situs Anda.

Memiliki website untuk menjangkau pelanggan baru adalah sebuah keharusan bagi semua pemilik bisnis online. Jika calon pelanggan tidak dapat menemukan situs Anda, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan potensi penjualan. Tak perlu menghabiskan uang atau memiliki skill coding, cara buat website gratis dari Google akan membantu Anda memiliki website profesional dengan praktis.