6 Tips Praktis Cara Membangun Mood Belajar Pada Anak

cara membangun mood belajar

6 Tips Praktis Cara Membangun Mood Belajar Pada Anak – Kegiatan belajar mungkin menjadi hal yang membosankan bagi sebagian anak, terutama untuk mata pelajaran yang tidak disukai. Oleh karena itu, agar kegiatan belajar tersebut bisa berjalan dengan baik perlu dilakukan cara membangun mood belajar pada anak. Adapun beberapa caranya adalah:

6 Tips Praktis Cara Membangun Mood Belajar

Makan Secukupnya

Ada baiknya sebelum mulai belajar, anak-anak sudah makan secukupnya. Entah itu makan berat seperti makan siang, sarapan ataupun sekedar makanan kudapan untuk cemilan. Karena, belajar tidak akan bisa berkonsentrasi jika perut anak terasa lapar tapi juga jangan terlalu banyak bisa mengakibatkan kekenyangan dan mengantuk. Jika perut terisi, maka mood belajar pun juga terisi.

Tempat Belajar Nyaman

cara membangun mood belajar

Pemilihan tempat belajar juga termasuk faktor penting dalam menciptakan cara membangun mood belajar yang baik. Cari tempat yang menurut anak Anda nyaman untuk belajar, nyaman dalam arti tidak mengganggu konsentrasinya untuk belajar dan membuatnya menjadi semangat.

Misalnya saja di kamarnya atau ruang belajar khusus yang sudah didukung banyak buku di rak perpustakaan pribadi Anda.. Kalau tempat sudah terlalu bising, maka anak sudah menjadi malas belajar. Atau Anda pun bisa menciptakan sebuah ruang khusus untuk dibuat nyaman dan dijauhi dari faktor yang mengganggu.

Suasana Belajar yang Sesuai

Meskipun tempat belajar sudah nyaman, tetapi kalau tidak didukung dengan suasana yang pas juga akan membuat mood akan menurun. Coba Anda buat sebuah playlist untuk mendengarkan musik dengan lagu-lagu yang cocok untuk mengiringi belajar. Mungkin ini cara membangun mood belajar yang cukup efektif bagi anak. Tapi pastikan dulu anak Anda bisa melakukan kegiatan belajar sambil mendengarkan musik.

Jangan malah anak-anak semakin enggan membuka buku karena terlalu asyik dengan lagu yang didengarkan. Suasana juga bisa dibentuk dengan aktifnya wifi di rumah, sehingga anak bisa belajar sambil berselancar di internet. Yang terpenting anak tersebut bisa bersemangat dan tidak hilang fokus dengan kegiatan yang lainnya.

Cari Teman Belajar

Anak Anda masih tetap tidak bersemangat untuk belajar, mungkin permasalahannya bukanlah pada tempat belajar ataupun suasananya. Tetapi anak Anda tidak memiliki teman belajar untuk berdiskusi atau belajar bersama. Kadang belajar sendiri memang sering membuat anak-anak jadi mengantuk, cara membangun mood belajar tersebut adalah mencarikan teman belajar untuknya.

Sesekali Anda boleh mengijinkan anak Anda mengajak temannya belajar dirumah dengan perjanjian harus serius dan berkonsentrasi. Tunjukkan niat baik Anda, bisa juga Anda lakukan tanpa harus temannya selalu datang, tetapi melalui kontak jarak jauh seperti video call atau sejenisnya yang bisa dimanfaatkan. Namun, Anda tetap harus menegaskan pada anak-anak bahwa belajar sendiri pun juga harus dilakukan sesekali.

Cara Membangun Mood Belajar

Membuat Booster Melalui Hadiah

Mendengar kata hadiah pastinya akan membuat anak-anak kembali bersemangat, karena hadiah biasanya merupakan sesuatu yang menyenangkan. Jadikan booster atau penambah semangat pada anak dengan menjanjikan hadiah yang diinginkannya, jika belajarnya kali ini mendapatkan hasil yang baik.

Hal ini jangan dilakukan setiap saat, karena akan menjadikan ketergantungan bagi anak dan menjadikannya tidak berniat untuk belajar. Ini hanya selingan sesaat pada waktu semangat anak sedang menurun saja.

Istirahat Terlebih Dulu

Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan kondisi fisiknya, bahwa anak Anda kehilangan semangat belajar karena terlalu lelah. Oleh karena itu, yang dibutuhkannya adalah melakukan istirahat sejenak terlebih dulu sampai kondisinya pulih dan segar kembali. Istirahat baik untuk fisiknya maupun istirahata untuk otak dan pikirannya yang terlalu banyak berpikir.

Tips-tips tersebut terbukti ampuh untuk dijadikan cara membangun mood belajar pada anak yang disesuaikan dengan kondisi dan situasinya. Jika Anda penasaran dan ingin bukti, maka cobalah dari sekarang.