5 Panduan Cara Membuat Essay Beasiswa Lpdp Yang Benar

Cara Membuat Essay Beasiswa Lpdp Yang Benar
red pen on blurred paperwork on wooden table in office

Sekarang ini beasiswa LPDP 2022 sudah dibuka, dan perlu tahu panduan cara membuat essay beasiswa LPDP yang benar. Baik essay maupun kelengkapan dokumen, dan Apakah Anda sudah bisa membuatnya?. Oleh karenanya, harus mampu menulis essay yang bisa membawa Anda mungkin Allah sampai tahap akhir dan memperoleh beasiswa LPDP.

Cara Membuat Essay Beasiswa Lpdp Yang Benar

Cara Membuat Essay Beasiswa LPDP yang Benar

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menulis essay beasiswa lpdp 2021 untuk setiap paragraf. Berikut ini adalah penjelasan tips menulis di setiap paragrafnya.

Paragraf 1

Panduan cara membuat essay beasiswa LPDP yang benar di paragraf ini biasanya dimulai dengan perkenalan namun dalam bahasa formal. Anda dapat menulis nama, alamat tinggal, Apa latar pendidikan, pengalaman organisasi atau komunitas dan kegiatan akademis lainnya. Bisa juga menuliskan pengalaman kerja baik itu sampingan ataupun full time.

Berikutnya, karena essay ini merupakan bersifat akademik maka hindarilah mencantumkan hal-hal yang bersifat pribadi. Contohnya, tidak perlu mencantumkan jumlah saudara, seluruh riwayat pendidikan dari SD sampai SMA, hobi atau artis idola. Jangan tuliskan hal tersebut karena tidak sesuai dengan esai yang bersifat akademik.

Paragraf 2

Pada paragraf kedua, Anda bisa menyebutkan tentang masalah yang sesuai dengan jurusan atau kontribusi Anda di masa depan. Masalah ini bisa bersifat spesifik pada area tertentu misalnya desa atau kota. Andai dapat semakin memperkuat desain ditulis dengan menambahkan sejumlah data data dari hasil penelitian, berita yang valid, maupun yang berasal dari narasumber terpercaya.

Anda sebaiknya juga menghindari menuliskan permasalahan yang cenderung bersifat umum. Contohnya rumah seperti memajukan pendidikan atau cakupan yang terlalu luas seperti potensi kelautan Indonesia. Hindari juga permasalahan yang butuh jabatan tinggi serta durasi waktu yang cukup lama untuk menuntaskannya. cara membuat essay beasiswa LPDP yang benar

Paragraf 3

Pada paragraf ketiga, Anda pastikan untuk menghadirkan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat sebelumnya. Sebutkanlah dengan detail apa solusi terbaik contohnya pada lembaga, program, komunitas maupun kegiatan. Anda juga dapat menambahkan dengan menyebutkan Siapa saja orang yang terlibat dan peran-perannya.

Pada paragraf ini Anda juga sebaiknya dapat mengaitkan antara solusi yang dihadirkan dengan jurusan mata kuliah apa yang menjadi landasan teorinya. Selanjutnya, cobalah untuk menyebutkan apa mata kuliah spesifik yang akan diambil sebagai landasan teori untuk memperkuat Solusi yang ditawarkan. Anda juga dapat menjelaskan Bagaimana mata kuliah ini Serta memberikan dampak maupun pengaruh pada skill mendukung implementasi solusinya.

Paragraf 4

Dalam paragraf keempat pembuatan esai beasiswa lpdp Anda bisa mencantumkan apa harapan mengenai Indonesia di masa depan. Sebaiknya Anda menghindari menulisnya yang terlalu umum misalnya memajukan pendidikan, atau mengurangi kemiskinan. Atau, hindari juga menuliskan harapan yang bersifat pribadi misalnya membahagiakan orang tua atau menggapai cita-cita.

Tuliskanlah impian mengenai tujuan menyelesaikan masalah yang ada di daerah Anda. Anda tidak perlu menuliskan tujuan yang terlalu besar, di segala daerah Anda saja dulu. Namun, Anda mengetahui cara yang paling pas untuk menangani masalah tersebut. Sehingga, pihak yang memberikan beasiswa bisa melihat keseriusan Anda untuk berkontribusi di daerah asal.

Paragraf 5

Pada paragraf ke-5, saatnya Anda untuk mendeskripsikan bagaimana cara yang hendak dilakukan untuk membuat harapan itu terwujud. Untuk format penulisannya, Anda dapat memakai konsep 5W + 1H. Anda juga dapat membuatnya dalam format REDS atau Reason, Explanation, Detail, serta Speculation.

Untuk tambahan, Anda juga bisa mencantumkan Apa peran beasiswa lpdp dalam mendukung harapan Anda untuk mewujudkan solusi masalah tersebut. Anda dapat menggambarkan seperti Apa peranan beasiswa ini untuk membantu membuat kontribusi yang direncanakan bisa terwujud. Apalagi, lpdp tidak hanya merupakan lembaga yang memberikan beasiswa, tetapi mencakup berbagai komunitas. Tentu hal ini akan mendukung serta mewujudkan impian Anda bagi Indonesia di masa depan.

Demikianlah informasi tentang cara membuat essay beasiswa LPDP yang benar dan disajikan dalam setiap paragrafnya. Semoga dengan referensi di atas bisa semakin membuat Anda untuk membuat essay yang bermanfaat dan diterima saat mengajukannya.