2 Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK Yang Efektif

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK Yang Efektif – Pelaksaan UTBK semakin di depan mata, para peserta wajib mempersiapkan diri dengan baik. Apakah diantara kalian masih ada yang bingung bagaimana cara menyusun jadwal belajar UTBK? Cara membuat jadwal belajar UTBK ini bisa kamu terapkan dengan mudah. Kira-kira pelajaran mana yang harus didahulukan? Bagaimana cara membagi waktu dalam belajar? Semua pertanyaan kamu ada jawabannya disini. Dengan menerapkan jadwal belajar maka setiap pelajaran yang kamu pelajari dapat terserap dengan baik.

Ketika kamu akan memulai latihan dengan soal UTBK, sebaiknya kamu menyelesaikan soal-soal TPS terlebih dahulu. Kenapa? Karena materi UTBK sendiri menjadi sebuah pondasi terhadap thinking skill kamu. Dengan begitu logika dasar dan literasi kamu akan lebih matang dimana nantinya kamu akan lebih mudah dalam mempelajari semua materi TKA. Ingin tahu bagimana urutan jadwal belajar untuk UTBK? Yuk, langsung cek pembahasannya berikut ini, jangan sampai terlewat yah.

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK Dengan Benar

Menguasai Logika Matematika

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK

Untuk materi pembelajaran UTBK TPS, sebaiknya kamu mulai dengan menguasai logika matematika. Dimana kamu bisa menguasai 4 subtes TPS, mulai dari Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis. Apabila kamu tidak bisa menguasai logika Matematika dengan baik maka akan sulit bagi kamu untuk mengerjakan soal TPS. Dengan menguasai sampai 100% tentang Logika Matematika, setidaknya kamu bisa memiliki peluang 80% dapat menjawab setiap pertanyaan. Inti dari pembahasan ini adalah, Logika Matematika bisa diibaratkan sebagai akar dari TPS. Sehingga tanpa mempelajari dan menguasai akarnya, maka kamu tidak bisa tumbuh keatas.

Mempelajari Per Subtes TPS

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK

Jika kamu sudah menguasai Logika Matematika dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa belajar subtes TPS penalaran umum. Dimana pada materi seperti ini, kamu sebaiknya lebih sering membaca teks bacaan dan mulai melatih kemampuan menganlisa setiap paragraph dalam teks, kurva, grafik sampai table. Setelah itu, kamu bisa langsung mempelajari tentang Pemahaman Bacaan dan Menulis. Kamu bisa mempelajarinya dengan memperbanyak referensi kaidah Bahasa Indonesia di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ketika sedang mempelajari soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum, sebaiknya kamu lebih mengerti tentang konteks dari bacaan setiap soal. Tidak hanya wajib menguasai Logika Matematika, kamu juga wajib memiliki kemampuan dalam menganalisis konteks bacaan. Karena, materi ini akan memberikan konsentrasi membaca yang lebih baik dibandingkan dengan Penalaran Umum.

Kamu juga harus mempelajari materi Pengetahuan Kuantitatif. Dimana pada materi kali ini, aka nada banyak soal tentang perhitungan angka yang dibuat dalam bentuk cerita atau teks bacaan. Oleh sebab itu, disini kamu harus benar-benar mengerti tentang format setiap soal. Mulai dari soal aritmetika, geometri, persamaan kuadrat dan lain sebagainya.

Jika masih ada materi yang masih lemah, maka kamu harus memprioritaskan pelajaran tersebut sampai bisa. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk menjawab semua soal tepat waktu. Dahulukan soal yang sulit dan gunakan sisa waktunya untuk menjawab soal yang sudah kamu kuasai. Sangat disarankan untuk belajar di pagi hari, karena pada pagi hari keadaan tubuh masih segar dan mudah menyerap materi.

Penting untuk mengingat berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu soal. Sehingga, ketika menemui soal yang sulit kamu tidak akan kehabisan waktu pada soal itu saja. Dengan menerapkan cara membuat jadwal belajar UTBK seperti diatas, kamu pasti bisa mengerjakan setiap soal dengan baik. Jangan lupa untuk terus belaja dan mengasah kemampuan sampai kamu berhasil mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian kamu.