3 Tips Cara Membuat Laporan PKL Mahasiswa Dengan Benar

Cara Membuat Laporan PKL

Bagaimana cara membuat laporan PKL mahasiswa sekarang ini harus dipahami terutama bagi mahasiswa tingkat akhir. Istilah magang, banyak dikaitkan dengan mahasiswa tingkat akhir maupun siswa SMK kelas akhir. Nama lain magang adalah PKL atau prakerin. Istilah PKL merupakan kegiatan yang ditempuh dalam memenuhi tugas sebagai mahasiswa. Setelah menyelesaikan PKL, akan disibukkan dengan tugas yang diberikan perusahaan dalam rangka melatih kemampuan yang sudah dipelajari.

Tujuan PKL, sebenarnya untuk memperkenalkan dunia industri kepada para mahasiswa. Selanjutnya, mereka akan mempunyai gambaran Bagaimana nantinya bekerja pada sebuah industri secara langsung. Saat PKL, pada umumnya mahasiswa akan diberikan tugas sesuai dengan divisi masing-masing. Setelah menyelesaikan magang, Mahasiswa juga harus membuat laporan PKL.

Cara Membuat Laporan PKL Mahasiswa Dengan Benar

Membuat laporan PKL mahasiswa, harus dilakukan setelah menjalani kegiatan magang di sebuah perusahaan. Untuk menyusun laporan PKL ini pada dasarnya hampir sama dengan membuat laporan kegiatan lain. Akan tetapi, yang menjadi perbedaannya yaitu diisi yang akan melaporkan kegiatan PKL.

Untuk yang belum paham bagaimana membuat laporan PKL tentu akan merasa kesulitan. Oleh karenanya, ada cara-cara untuk menyusun laporan ini. Anda dapat memahami dari struktur pembuatan, pembahasan, teknik penyusunan, dan lain-lain.

1. Hal Yang Wajib Ada Di Laporan PKL Mahasiswa

Cara Membuat Laporan PKL

Membuat laporan PKL mahasiswa tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Ada sejumlah hal yang harus tersedia dalam laporan mulai dari cover, daftar isi, isi laporan, dan juga lampiran. Walaupun dalam penerapannya banyak sekali penjabaran format ini, pada dasarnya secara umum laporan PKL mahasiswa mempunyai format tetap yaitu seperti contoh berikut.

● Cover

Pada bagian cover depan laporan PKL harus mencantumkan identitas secara lengkap. Sebaiknya, Anda harus cermat untuk membuat cover ini karena banyak mahasiswa yang salah menuliskan nama. Selain itu juga banyak ditemukan kesalahan pengetikan nomor induk mahasiswa maupun instansi. Perhatikan juga pemakaian huruf kapital serta tanda baca.

● Daftar isi

Anda bisa membuat daftar isi secara rapi dan sesuai dengan konten yang ditulis. Pada umumnya, banyak mahasiswa malas mengganti nomor halaman saat laporan PKL nya harus direvisi. Hal ini tentu saja akan fatal jika laporan PKL tersebut di cek oleh pembimbing, bahkan ketika sudah diserahkan ke perusahaan tempat PKL.

● Isi laporan

Anda harus menyesuaikan isi laporan PKL dengan jurusan yang diambil. Lengkapilah data pada laporan yang dibuat dengan menampilkan grafik, gambar, maupun ilustrasi lain. Anda dapat menulis secara lengkap Apa hal yang dikerjakan selama masa PKL berlangsung. Agar semakin mudah, anda juga bisa menulis tanggal sesuai dengan waktu.

● Lampiran

Tersedianya lampiran, biasanya akan ditanyakan saat proses membuat laporan PKL. Saat Anda membahas data di bagian isinya harus bisa melampirkan perhitungan secara detail pada lampiran. Dalam lampiran ini cuma bisa berupa grafik maupun data yang bisa mendukung isi pembahasan laporan.

2. Cara Penulisan Laporan PKL

Cara Membuat Laporan PKL

Dalam cara membuat laporan PKL mahasiswa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari segi cara penulisannya yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan kertas A4 dan memakai jarak spasi sebesar 1,5.
  • Font atau huruf yang dipakai untuk menulis laporan PKL yaitu Times new roman dengan ukuran 12.
  • Judul pada setiap bab memakai huruf kapital.
  • Pada setiap halaman bab memakai bilangan cacah yang dibuat secara berurutan.

3. Struktur Laporan PKL Mahasiswa

Cara Membuat Laporan PKL

Pembuatan struktur laporan PKL memang tidak bisa sembarangan dan tak boleh tertukar karena menjadi aturan baku. Setelah memahami Bagaimana struktur laporan PKL yang benar Anda akan cenderung lebih mudah untuk mengembangkan isinya. Berikut adalah contoh struktur laporan PKL:

  • Pendahuluan. Bagian ini berisi latar belakang kenapa apa anda melakukan program PKL, apa yang menjadi tujuannya, serta seperti apa sistematika penulisannya.
  • Gambaran umum lokasi PKL. Bagian ini akan menjelaskan tentang sejarah berdirinya perusahaan, Apa visi dan misinya, seperti apa ruang lingkup bisnisnya, tugas dan fungsinya dan bagaimana perkembangan bisnis.
  • Tinjauan PKL. Pada bagian ini akan mencantumkan waktu dan tempat PKL, deskripsi kerja,serta deskripsi divisinya.
  • Pembahasan dan Kegiatan. Bagian ini berisi kegiatan yang dilakukan selama PKL serta pembahasan atas temuan yang terkait teori dan praktek.
  • Penutup. Disini berisi kesimpulan dan saran. Isinya Adalah untuk perusahaan, instansi PKL, serta untuk memperbaiki program PKL di Berikut.

Demikian informasi tentang cara membuat laporan PKL mahasiswa Semoga artikel ini memberikan manfaat dan anda semakin paham Bagaimana cara menyusun laporan PKL dengan benar.