Praktis, Pelajari 2 Cara Membuat Website untuk Google Adsense dengan Cepat

Cara Membuat Website untuk Google Adsense

Pelajari 2 Cara Membuat Website untuk Google Adsense dengan Cepat – Jika Anda adalah seorang yang suka menulis dan ingin menghasilkan uang dari hobi Anda, mungkin Anda membutuhkan cara membuat website untuk Google Adsense. Menghasilkan uang dari sebuah website bukanlah mitos dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Google memiliki platform bernama Adsense untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Bagaimanapun, Google telah mendominasi dunia global yang terhubung secara virtual. Mereka telah memperkenalkan aplikasi dan platform yang telah membuat pekerjaan, sekolah, dan kehidupan secara umum jauh lebih nyaman. Dan jika Anda memiliki website dan ingin menghasilkan uang dengannya, maka Anda harus benar-benar mengetahui dan belajar menggunakan Google AdSense.

Apa Itu Google Adsense?

Cara Membuat Website untuk Google Adsense

Google AdSense adalah sebuah platform milik Google yang memungkinkan seorang publisher memasang iklan tertarget ke website Anda. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh orang yang ingin mempromosikan produk mereka. Sederhananya, sebagai publisher yang diasumsikan telah mengetahui cara membuat website untuk Google Adsense, Anda dapat menghasilkan uang dengan menampilkan iklan ini di website Anda.

Semakin banyak orang yang mengklik iklan yang Anda tampilkan, maka akan semakin banyak pula uang yang dapat Anda hasilkan. Menggunakan Google AdSense membantu Anda memaksimalkan penghasilan dari website yang Anda miliki.

Cara membuat website untuk Google Adsense dapat dilakukan dengan platform seperti Blogspot yang juga milik Google atau Wordpress. Setelah mendaftar Google AdSense, Anda akan diminta untuk mengirimkan URL situs untuk kemudian ditinjau kelayakannya oleh tim Google AdSense.

Setelah diterima, Google AdSense akan secara otomatis menampilkan iklan yang paling sesuai dan cocok untuk situs Anda. Mereka menggunakan sistem lelang yang memungkinkan jaringan pengiklan menawar ruang iklan di website Anda. Selain itu, sistem ini juga memeriksa dan mengevaluasi relevansi tawaran iklan dengan konten Anda. Jika Anda tidak menyukai iklan yang ditampilkan, Anda dapat mengelola atau bahkan memblokirnya.

2 Cara Membuat Website untuk Google Adsense

Cara membuat website untuk Google Adsense yang paling mudah adalah dengan menggunakan Content Management System (CMS) milik Blogspot dan Wordpress. Kedua CMS ini banyak digunakan karena kemudahan dalam kustomisasi.

1. Blogspot

Cara Membuat Website untuk Google Adsense

Untuk membuat website dengan Blogspot, pertama-tama Anda harus memiliki akun Google. Kemudian kunjungi blogger.com lalu klik Buat Blog Anda dan masuk dengan akun Google Anda. Setelah masuk sekarang berada di dashboard Blogger. Dari dashboard inilah Anda dapat mulai mengkostumisasi website dan mengisinya dengan konten-konten berkualitas.

2. Wordpress

Berbeda dengan Blogspot, cara membuat website untuk Google Adsense dengan Wordpress Anda harus membeli nama domain, mendapatkan hosting web, lalu menyiapkan akun. Memang Wordpress menyediakan hosting gratis, namun sayangnya Google Adsense tak menerima permohonan dari website dengan hosting gratis kecuali Blogspot.

Setelah mendapatkan nama domain dan hosting, Anda hanya perlu menginstal CMS Wordpress lalu melakukan kustomisasi tampilan dan widget. Kemudian optimasi website Anda agar dapat menarik banyak pengunjung.

Cara Menghubungkan Website ke Google Adsense

Berikut adalah cara menghubungkan website ke akun Google Adsense agar iklan dapat tayang pada website Anda.

1. Blogspot

  • Buka Tab Earnings pada dashboard.
  • Jika Anda telah memiliki akun AdSense, maka pilih tombol “Hubungkan AdSense”.
  • Jika belum memiliki akun Adsense maka setelah Anda berada di halaman Earnings cara membuat website untuk Google Adsense selanjutnya adalah dengan memilih “Buat Akun AdSense” .
  • Pilih Email Google untuk Akun Blogger Anda Setelah mengklik tombol untuk membuat akun AdSense, Anda harus memilih alamat email Google yang ingin Anda tautkan dengan AdSense
  • Siapkan akun AdSense untuk Blogger dengan memberikan informasi kontak Anda untuk aplikasi Google AdSense dan kemudian klik tombol “Buat Akun”
  • Cara membuat website untuk Google Adsense selanjutnya adalah memasukan detail pembayaran lalu tambahkan nomor telepon yang dapat diverifikasi dan klik tombol “Kirim”.
  • Google akan memverifikasi informasi yang Anda berikan dan memberi tahu Anda melalui email jika akun Blogger Anda telah diterima atau tidak.
  • Anda juga akan melihat status persetujuan saat mengklik tab “Earnings” di dasbor dan memiliki opsi menu baru untuk “Lihat Penghasilan”.
  • Setelah disetujui, Anda dapat mulai menambahkan iklan AdSense ke website Blogger Anda.

2. Wordpress

Cara Membuat Website untuk Google Adsense
  • Buka situs Google Adsense. Klik Memulai di kanan atas untuk membuka halaman pendaftaran akun untuk situs web Anda.
  • Masukkan URL website dan alamat email Anda lalu klik Simpan dan lanjutkan.
  • Di halaman berikutnya, pilih negara dan terima Syarat & Ketentuan.
  • Klik Buat Akun lalu klik Mulai untuk membuka halaman Detail alamat pembayaran.
  • Pilih jenis akun Anda (perorangan.) dan isilah detail informasi Anda.
  • Di menu samping akun Adsense, klik Situs lalu tambahkan URL website Anda dan klik Simpan dan lanjutkan.
  • Cara membuat website untuk Google Adsense berikutnya adalah menyalin kode pelacakan Adsense.
  • Sebelum mengklik Minta Peninjauan, Anda harus menyalin kode Adsense ke situs WordPress Anda dan tunggu persetujuan dari Google.

Setelah Google Adsense memberikan konfirmasi persetujuan, Anda dapat mulai menampilkan berbagai jenis iklan di konten Anda. Adsense memberi berbagai opsi untuk membuat iklan dan memungkinkan Anda untuk menampilkannya di mana saja pada website yang telah Anda daftarkan.

Setelah mengaplikasikan cara membuat website untuk Google Adsense, untuk meningkatkan penghasilan Adsense Anda, Anda harus terus-menerus mengoptimalkan website, Selain itu Anda harus menganalisis kinerja unit iklan dan mencoba berbagai jenis dan posisi iklan yang sesuai dengan website Anda.