Penting! 7 Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional

Penting! 7 Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar – Google adalah sebuah perusahaan teknologi besar yang mempunyai berbagai layanan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Salah satu fitur yang kerap sekali dimanfaatkan adalah Google Search Engine. Dengan menggunakan mesin pencari ini maka kita bisa memperoleh banyak informasi yang diperlukan.

Baik itu untuk para mahasiswa yang sedang mencari informasi atau jurnal untuk tugas akhir mereka. Akan tetapi, kerap sekali ketika menggunakan mensin pencari ini, kita tidak menemukan secara detail apa yang sedang kita cari.

Oleh sebab itu, salah satu solusinya yaitu bisa memanfaatkan fitur Google Scholar di mana dengan fitur ini kita bisa mendapatkan jurnal dengan jumlah yang banyak khususnya jika jurnal yang kita cari memakai bahasa Inggris atau internasional. Berikut penjabaran mengenai cara mencari jurnal internasional di Google Scholar.

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional

Untuk tahu cara mencari jurnal internasional di Google Scholar, maka harus tahu bahwa ada beberapa layanan dalam Google Scholar, seperti:

  1. Menyediakan literatur dengan berbagai bidang ilmu
  2. Memudahkan setiap pengguna untuk memperoleh referensi
  3. memberikan dokumen atau artikel teks yang sangat lengkap
  4. Membantu untuk mengikuti perkembangan penelitian terbaru
  5. Bisa dimanfaatkan untuk mengecek ulang setiap karya yang dikutip

Ini adalah beberapa cara mencari jurnal internasional di Google Scholar yang bisa kamu coba ikutii. Diantaranya:

  1. Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar pertama yaitu membuka website Google Scholar di scholar.google.com
  2. Nanti di tampilan awal, akan muncul tampilan “Cari” seperti yang ada pada mesin pencari Google
  3. Selanjutnya silahkan ketik kata kunci yang ingin dicari. Sebagai contoh, ingin mencari jurnal mengenai Penanganan Covid-19 pada anak-anak. Maka, cukup ketikkan kata itu sebagai kata kunci dalam pencarian
  4. Lalu kemudian, Google Scholar akan menunjukkan beberapa dokumen mengenai apa yang di cari.
  5. Kemudian buka hasilnya dan pastikan jika referensi itu sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh jurnal internasional.
  6. Selanjutnya klik langsung pada hasil pencarian lalu kemudian klik kanan mouse pada file yang berbentuk PDF, lalu pilihla download
  7. Terakhir pada bagian kiri laman yang sama, kamu pun bisa memperkecil pencarian mengenai apa yang ingin dicari. Baik itu dari waktu publikasi jurnal bahkan sampai hasil pencarian pun kana tersusun.

Keunggulan Google Scholar untuk Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional

Jika sudah mengetahui cara mencari jurnal internasional di Google Scholar, pertanyaannya adalah, apa yang menjadi keunggulan dari Gooogle Scholar ini?

1.     Lebih Selektif

Pencarian Google akan meneyediakan semua artikel serta jurnal yang sesuai dengan relevansi kata kunci yang dimasukkan, dimana nanti seluruh dokumen akan ditampilkan dalam hasil pencarian, baik itu yang berasal dari berbagai sumber termasuk blog pribadi. Sementara dalam mencari literatur, seharusnya memperhatikan seperti apa kualitas dan akreditasi dari jurnal tersebut.

Akan tetapi, berbeda dengan Google Scholar dimana akan menampilkan hasil pencarian secara selektif. Hanya dokumen yang mempunyai nilai pendidikan serta berasal dari sumber yang bisa dipercaya saja yang nantinya akan ditampilkan. Sebagai contoh, jurnal milik Universitas, buku, jurnal internasional, DOAJ dan lainnya.

Sederhananya, walaupun mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan google search, namun google Scholar diakui lebih selektif, sehingga jurnal yang ditampilkan pun adalah hasil pencarian yang relevan, serta jurnal internasional yang sudah terakreditasi.

2.     Mudah dalam Pencarian Artikel Sejenis

Ada juga fitur yang dirujuk dalam Google Scholar, dimana dalam fitur ini ada terdapat daftar artikel yang sebelumnya sudah melakukan sitasi, yang mana pada umumnya mempunyai kesamaan dalam hal topik yang sudah diteliti.  Dengan begini maka akan semakin mempermudah kamu dalam mencari jurnal internasional di Google Scholar.

3.     Mengindeks Seluruh Jurnal dari Berbagai Bidang Keilmuan

Google Scholar pun akan menjelajahi semua dokumen yang memilikki nilai pendidikan, jurnal dari semua bidang keilmuan, dimana ini berbeda dengan situs lain seperti Pubmed, yang mana khusus sebagai tempat artikel atau jurnal dalam bidang ilmu kedokteran dan kesehatan saja. Dengan begini maka kamu tidak akan kesulitan dan akan bisa menemukan jurnal dari berbagai bidang keilmuan.