10 Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa

Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa

10 Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa – Menjadi mahasiswa tingkat akhir adalah hal yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. Pasalnya kamu akan dihadapkan dengan hal – hal baru di depan mata. Salah satunya adalah program magang kerja. Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa ternyata sangatlah mudah.

Magang kerja menjadi salah satu pilihan tepat bagi para mahasiswa sebelum lulus dari dunia perkualiahan. Bahkan terdapat beberapa kampus yang memang mewajibkan setiap mahasiswa mengikuti magang kerja sebelum menyelesaikan skripsi. Secara umum, cara mencari tempat magang untuk mahasiswa tergolong mudah sehingga kamu tidak perlu takut tidak mendapat tempat magang.   

Program magang kerja yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Kini para mahasiswa tidak perlu khawatir lagi karena cara mencari tempat magang untuk mahasiswa tidaklah sulit. Kamu dapat mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan.

Pentingnya Magang Kerja

Magang atau internship merupakan salah satu proses guna menerapkan berbagai ilmu yang diperoleh selama kuliah. Setiap mahasiswa memang diharuskan untuk mengetahui cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang sesuai bidang. Hal tersebut dimaksudkan agar ilmu yang didapatkan saat kuliah dapat berguna di tempat magang.

Terdapat berbagai manfaat untuk mahasiswa yang mengikuti program magang kerja ini. Mulai dari menambah pengalaman kerja, meningkatkan skill dan persiapan sebelum terjun di dunia pekerjaan sesungguhnya. Tidak perlu takut sobat mahasiswa, magang kerja tidak semenakutkan yang kalian bayangkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk magang tidak pasti. Pasalnya pihak kampus dan perusahaan yang akan menentukan berdasarkan diskusi bersama. Beberapa kampuspun mengizinkan mahasiswa untuk melakukan magang pada saat libur semester berdurasi satu sampai dua bulan. Kini kamu dapat mempersiapkan diri dengan beberapa cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang tepat.

10 Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa

Cari tempat yang sesuai passion

Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang pertama adalah tentukan tempat sesuai passion. Walaupun program magang hanya menjadi persyaratan dalam kampus, namun kamu harus detail saat memilih tempat. Pastikan kamu melamar di perusahaan yang sesuai dengan passion dan jurusan.

Misalnya saja kamu anak pangan, tentu kamu harus magang di perusahaan di bidang pangan. Atau kamu dapat memilih tempat magang di perusahaan startup atau media bagi kamu mahasiswa jurusan jurnalistik. Jangan sampai salah pilih tempat untuk magang kerja.

Berdiskusi bersama kakak tingkat atau senior

Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa

Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa ebelum menentukan tempat magang kerja, kamu dapat melakukan diskusi bersama kakak tingkat. Pastikan kamu memilih kakak tingkat dengan jurusan yang sama, agar lebih mudah untuk meminta saran.

Kamu dapat meminta tips untuk mencari tempat magang atau bahkan meminta bantuan untuk mencarikan tempat magang. Umumnya mereka akan merekomendasikan tempat magang yang sama ketika dahulu kakak tingkatmu pernah magang.

Mempertimbangkan durasi kerja

Salah satu cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang kerap diabaikan adalah perihal waktu. Dalam hal ini kamu harus berusaha mencari kesempatan magang yang dapat disesuaikan dengan jadwal.

Pentingnya mengetahui durasi kerja magang adalah untuk membuat rencana langkah berikutnya setelah lulus. Disamping itu juga untuk memastikan agar kamu tidak menambah semester perkuliahan. Jangan sampai kamu tidak melewatkan cara mencari tempat magang untuk mahasiswa ini agar tidak molor kuliah.

Ketahui situs lowongan kerja

Cara Mencari Tempat Magang Untuk Mahasiswa

Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa berikutnya adalah mencari informasi tempat magang kerja. Terdapat beberapa website yang dapat digunakan untuk mengakses lowongan magang kerja. Misalnya saja Jobstreet dan LinkedIn.

Kedua website tersebut memuat ribuan lowongan magang yang dapat diakses dengan mudah. Di dalamnya kamu dapat mengunggah kelebihan pribadi untuk menarik beberapa perusahaan guna melakukan magang kerja. Pastikan kamu juga telah mengunduh aplikasi atau website yang telah disebutkan untuk mencari tempat magang kerja.

Mempertimbangkan lokasi magang

Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang satu ini sangat perlu diperhatikan. Sebisa mungkin dapatkan tempat lokasi magang kerja yang dekat dengan kampus atau rumah. Hal tersebut memudahkan ketika mendadak kamu harus pergi ke kampus atau pulang ke rumah.

Kirim lamaran secara langsung

Tidak hanya melalui website atau aplikasi, cara mencari tempat magang untuk mahasiswa dapat dilakukan dengan mengirim lamaran secara langsung. Hal ini bermanfaat guna meningkatkan proses wawancara agar segera dilakukan oleh pihak HRD. Kamu dapat membuka google dan mencari email HRD untuk kepentingan mengirim lamaran.

Pilih perusahaan yang memiliki peluang di masa mendatang

Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa di era digital ini harus benar – benar diperhatikan. Pastikan kamu memilih tempat perusahaan yang memiliki peluang di masa depan. Dengan begitu kamu dapat terbantu dengan dunia digital dan teknologi yang ada. Kamu dapat berkomunikasi bersama dosen ketika memilih perusahaan ini.

Membuat CV yang baik

Pembuatan CV termasuk dalam cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang sering diabaikan. Padahal cara yang satu ini termasuk sangat penting ketika kamu melamar magang kerja. CV menjadi kunci utama yang dilihat oleh pihak perusahaan ketika kamu sedang mengajukan lamaran magang.

Kamu dapat membuat CV dengan lengkap dan rinci tentang berbagai kelebihan yang dimiliki. Dengan berbagai informasi penting dan menarik dari pemilik CV secara tidak langsung akan menarik hati para HRD ketika melihatnya. Dengan begitu kamu akan diterima untuk melakukan magang kerja.

Memperluas koneksi

Meningkatkan koneksi atau jejaring menjadi salah satu cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang ampuh. Cobalah untuk lebih akrab bersama orang – orang disekitarmu. Misalnya saja dosen ataupun teknisi yang ada di kampus maupun teman di jurusan lainnya.

Semakin luas koneksi yang kamu jalani, maka akan semakin banyak informasi magang kerja. Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa ini akan membuat mahasiswa lebih pandai dalam bersosialisasi dan melatih kemandirian. Disamping itu juga sebagai latihan bersosialisasi sebelum magang kerja di mulai.

Aktif mengikuti job fair

Salah satu cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang dapat dilakukan adalah mengikuti job fair. Kamu dapat mendatangi event job fair yang diadakan oleh kampusmu ataupun kampus lain dalam kurun waktu tertentu. Dalam event tersebut akan banyak informasi tentang magang kerja salah satunya.

Tidak jarang pula terdapat lowongan untuk mahasiswa dapat magang di perusahaan tertentu. Cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang satu ini dapat kamu ikuti untuk mempermudah proses pencarian tempat magang. Jangan sampai lewatkan berbagai informasi yang dibagikan dalam event.

Itulah beberapa cara mencari tempat magang untuk mahasiswa yang sedang bingung dan belum menemukan tempat magang. Pastikan kamu mengikuti setiap tips yang diberikan dan segera dapatkan tempat magang kerja terbaikmu.