Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif

Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif
Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif

Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 – untuk mahasiswa aktif tentu sangat diminati oleh para mahasiswa. Kuliah menjadi impian bagi sebagian orang. Dengan tujuan untuk dapat meningkatkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi misalnya S1, S2 dan juga S3. Tetapi biaya kuliah yang selangit kadang kala menjadi penyebab sehingga banyak orang yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti kita ketahui untuk di Indonesia pemerintah baru memberikan fasilitas sekolah yang gratis sampai tingkat pendidikan SLTP dengan program wajib belajar 9 tahun(6 thn Sd dan 3 tahun SMP). Untuk tingkat SLTA pemerintah tetap menyediakan fasilitas dibutuhkan walaupun para siswa diwajibkan membayar biaya komite untuk membiayai yang tidak didanai oleh pemerintah.

Walaupun saat ini banyak sudah perguruan tinggi negeri yang ada di setiap daerah tetapi pemerintah belum menyediakan semua fasilitas untuk proses belajar mengajar. Sehingga pihak perguruan tinggi harus menambahnya lewat biaya perkuliahan meskipun tidak setinggi perguruan tinggi swasta. Untuk itu memburu beasiswa merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi idolanya. Beasiswa 2022 untuk mahasiswa aktif merupakah salah satu program beasiswa yang menawarkan bantuan biaya pendidikan bagi para mahasiswa baru tetapi sudah mendaftar di perguruan tinggi dan juga bagi mahasiswa on going yaitu mahasiswa yang sudah menjalankan pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk mahasiswa Aktif

Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif

Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk mahasiswa aktif salah satunya yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berperstasi. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi perguruan tinggi dalam negeri untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Berikut syarat untuk bisa mendapatkan beasiwa :

1. Mahasiswa Yang sudah Diterima di Perguruan Tinggi

Syarat yang harus dimiliki bagi yang berminat mendapatkan beasiswa 2022 untuk mahasiswa aktif diantaranya calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat keterangan diterima oleh perguruan tinggi ataupun mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester satu dan belum mendapatkan KHS atau juga mahasiswa on going yang sudah memulai perkuliahan semester 3 atau masuk perkuliahan pada tahun 2020(stambuk 2020)

2. Persyaratan untuk beasiswa jenjang S1

Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif

• Berusia setinggi-tingginya 22 tahun bagi mahasiswa baru
• Memiliki usia maksimal 23 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan (mahasiswa on going).
• Bagi mahasiswa on going memiliki nilai IPK minimal 3,25 dengan skala 4.
• Membuat karangan essay dengan judul aku generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia.

3. Persyaratan untuk Beasiswa Jenjang S2 (Magister)

• Batas usia maksimal 32 tahun bagi para mahasiswa yang baru masuk dan batas usia maksimal 33 tahun bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.
• Mempunyai nilai IPK S1 maksimal 3, 25 dengan skala 4 bagi mahasiswa baru dan juga mahasiswa on going
• Memiliki draft dalam bentuk proposal yang didalamnya berisi alasan kenapa mengambil Program studi atau jurusan yyang dipilih serta target dan rencana penelitian tugas akhir untuk mahasiswa S2 dalam bentuk tesis.

4. Persyaratan Khusus untuk Beasiswa S3 (doktoral)

• Mempunyai usia paling tinggi 40 tahun bagi mahasiswa baru dan usia paling tinggi 41 tahun bagi mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan.
• Melampirkan surat keterangan telah diterima di perguruan tinggi bagi mahasiswa baru atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pascasarjana bagi mahasiswa dengan program lanjutan
• Mempunyai nilai Indeks prestasi kumulatif S2 minimal 3,40 dengan skala 4 baik mahasiswa baru maupun mahasiswa on going
• Membuat karya ilmiah dalam bentuk deskripsi karangan menggunakan Bahasa Indonesia dengan persyaratan judul karangan terkait dengan apa saja yang telah diperbuat untuk bangsa dan karangan ditulis minimal 1500 kata.

Yuk  Cari Info Cara Mendapatkan Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa Aktif

Untuk informasi lebih lanjut terkait Cara Mendapatkan beasiswa 2022 untuk mahasiswa aktif yang ditawarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan perserta wajib membaca terlebih dahulu FAQ di laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Disana para peserta dapat mengajukan pertanyaan serta informasi lainnya terkait beasiswa dimaksud. Mudah-mudahan informasi tentang beasiswa 2022 untuk mahasiswa aktif ini berguna untuk para mahasiswa yang sedang berburu beasiswa untuk program dalam negeri.