Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Jika Anda memiliki bisnis dengan lokasi fisik, itu Google My Bussiness adalah salah satu senjata terbaik dalam upaya mendapatkan pelanggan baru. Cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness adalah dengan mengoptimalkan SEO lokal dan muncul dalam pencarian pelanggan yang lokasinya dekat dengan bisnis Anda.

Posisi teratas SEO dalam pencarian lokal sendiri menjadi salah satu hal yang diperebutkan. Ini karena hal tersebut memberikan dampak yang besar untuk perkembangan sebuah bisnis. Jadi, Google My Bussiness adalah salah satu hal yang wajib Anda perhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuka sebuah bisnis.

Apa itu Google My Bussiness?

Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Google My Bussiness adalah alat gratis yang disediakan oleh Google sebagai mesin pencari nomor wahid di dunia. Alat ini bertujuan membantu bisnis lokal mencapai visibilitas yang lebih tinggi di pada penelusuran local Google yang relevan. Melalui penggunaan Google My Bussiness, pemilik bisnis lokal dapat mengontrol dan meningkatkan visibilitas mereka di Google Penelusuran.

Mengoptimalkan profil dan halaman Anda dapat membantu bisnis lebih menonjol dari pesaing Anda di area lokal dan merupakan cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness. Hal itu karena semakin tinggi posisi Anda di Google Penelusuran, maka akan meningkatkan peluang pelanggan Anda dapat melihat dan terlibat dengan bisnis Anda.

Sebagian besar mencari sesuatu dari Google, terutama saat mencari bisnis lokal untuk jasa atau produk tertentu. Cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness dapat dilakukan dengan mengoptimalkan Google My Bussiness  yang akan membantu meningkatkan jumlah pelanggan. Untuk itu, menyertakan Google My Bussiness  dalam keseluruhan strategi pemasaran termasuk hal yang sangat penting.

5 Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebagai bagian dari cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness adalah :

1.  Mendaftar Akun di Google My Bussiness

Kunjungi halaman pendaftaran Google My Bussiness untuk menyiapkan halaman dan ikuti langkah-langkah untuk mendaftarkan bisnis Anda. Mulailah dengan memasukkan nama bisnis, alamat bisnis, kategori, detail kontak, jam kerja dan lainnya.

Ketika Anda menyelesaikan semua langkah di atas, Google akan meminta Anda untuk menyelesaikan proses verifikasi. Tekan tombol Selesai. Dan kemudian Anda akan menerima pemberitahuan bahwa Google ingin memverifikasi bahwa bisnis Anda berada di tempat yang Anda benar.

Proses dari bagian cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness ini biasanya akan memakan waktu 1-2 minggu untuk mendapatkan kartu pos dengan PIN verifikasi. Namun terkadang Anda akan diberikan pilihan untuk menerima PIN Anda melalui pesan teks atau panggilan telepon secara otomatis.

2.  Lakukan Optimasi Akun Google My Bussiness

Anda dapat melakukan optimasi dengan memaksimalkan kolom deskripsi yang ada. Apa yang muncul tepat di bawah nama bisnis Anda memang ditentukan oleh Google, namun Anda dapat menyesuaikan informasi yang muncul di bagian “Dari pemilik”.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan yakni memanfaatkan sepenuhnya 750 karakter yang diizinkan, namun konsentrasikan kata kunci di 250 karakter pertama. Tulis ulang situs web Anda untuk menekankan citra merek yang konsisten. Namun ingat untuk tidak mengulangi informasi yang sudah muncul di profil bisnis Anda. Optimasi ini merupakan bagian dari cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness.

3.  Upload Foto Produk serta Harganya

Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa satu gambar bernilai seribu kata. Ungkapan tersebut memang menjadi salah satu kunci dari cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness. Bisnis yang menyertakan foto dalam profil mereka menerima 42% lebih banyak permintaan petunjuk arah mengemudi dan 35% lebih banyak klik ke situs web mereka.

Untuk memulai, Anda memerlukan thumbnail berupa logo bisnis Anda dan foto sampul besar untuk ditampilkan di bagian atas profil Anda. Anda juga perlu menyertakan foto berkualitas dari produk yang Anda tawarkan. Akan lebih baik pula untuk menyertakan video dan juga jangan lupa memasukan harga dari produk Anda.

4.  Lakukan Promosi Berbayar atau Organik untuk Produkmu

Cara Mendapatkan Uang dari Google My Bussiness

Promosi organik adalah pendekatan promosi yang lebih halus dengan memprioritaskan strategi penjangkauan pelanggan secara alami. Ini bisa dilakuakn dengan optimasi website Anda, memaksimalkan akun media social dan lainnya. Sementara promosi berbayar bisa Anda lakukan dengan Google Ads, Facebook Ads, paid endorsement dan lainnya

5.  Beri Rewiew atau Rating Terbaik di Google My Bussiness

Rating adalah salah satu aspek terpenting dalam menarik pelanggan sebagai cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness, jadi mulailah fokus untuk mendapatkan review yang baik. Untuk melakukan ini, dorong pelanggan Anda yang loyal untuk meninggalkan review dengan mengirim tautan singkat Selain itu, tanggapilah ulasan dengan cepat. Namun, Anda perlu ingat bahwa menawarkan diskon atau hadiah bagi pelanggan dengan syarat memberikan ulasan yang baik adalah ide yang buruk.

Kesimpulannya setiap bisnis yang ingin mengembangkan jangkauan, visibilitas, dan profitabilitas lokalnya harus menggunakan alat ini. Sebagai alat gratis yang mudah digunakan, Google My Bussiness adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan kecil dan besar dalam strategi pemasaran online Anda.

Mengoptimalkan alat gratis besutan Google tersebut sebagai cara mendapatkan uang dari Google My Bussiness memang terlihat gampang dan sederhana. Namun setelah mengaplikasikannya, Anda akan bisa melihat dampak nyatanya bagi perkembangan bisnis Anda. Kekuatan pemasaran lokal, terutama SEO lokal, adalah eksposur gratis yang bisa dengan mudah Anda capai.