7 Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock, Maksimalkan Hobi Fotografermu

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

7 Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock – Konten telah menjadi bagian integral dari pemasaran digital. Hampir semua bisnis, terlepas dari seberapa kecil atau besar mereka, mengandalkan konten berkualitas untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan. Mereka tahu pentingnya foto pada konten mereka. Nah, distitulah celah cara mendapatkan uang dari Shutterstock.

Hal itu karena Shutterstock sebagai salah satu situs penyedia stok foto yang menjadi tujuan utama bagi banyak orang. Terutama bagi pemasar digital untuk menemukan foto sempurna yang mampu menjangkau pelanggan mereka. Shutterstock adalah tempat yang tepat untuk Anda yang memiliki hobi fotografi dan ingin menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Apa Itu Shutterstock?

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Shutterstock adalah salah satu situs penyedia foto, musik, dan video berlisensi dan berkualitas tinggi terkemuka. Mereka memiliki lebih dari 78 juta koleksi stok baik foto, musik, dan video. Ini merupkan situs terpopuler bagi perusahaan maupun individu yang membutuhkan foto bagus serta berkualitas tinggi.

Platform ini juga memberikan kesempatan bagi fotografer untuk menghasilkan uang . Cara mendapatkan uang dari Shutterstock yakni dengan mengunggah foto mereka di Shutterstock dan mendapatkan bayaran sebagai imbalannya. Shutterstock telah berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 2003 oleh Jon Orringer. Fotografer dan pengusaha ini memahami kebutuhan dan nilai foto yang dapat dilisensikan dengan harga terjangkau.

Orringer memulai platform ini dengan sekitar 30.000 foto digitalnya sendiri dan segera menjadi layanan berlangganan foto global pertama di dunia. Shutterstock kini memiliki lebih dari 100.000 kontributor dan memiliki basis pelanggan aktif 1,4 juta orang di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Kerja Shutterstock?

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Sebelum melompat pada bagian cara mendapatkan uang dari Shutterstock, ada baiknya Anda mengetahui cara kerja platform ini terlebih dahulu. Pada dasarnya terdapat dua jenis Shutterstock yakni akun pelanggan serta akun kontributor.

Kontributor mengunggah foto, gambar dan video mereka sedang pelanggan mencari konten untuk dibeli. Jadi, sebagai kontributor Anda hanya perlu mengunggah foto, video atau ilustrasi dan menunggu calon pelanggan untuk memilih karya Anda kemudian membelinya.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Shutterstock adalah platform luar biasa bagi fotografer untuk mendapatkan bayaran yang layak. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari Shutterstock:

1. Temukan Kategori Yang Sesuai

Cara mendapatkan uang dari Shutterstock yang pertama adalah dengan menemukan ceruk pasar Anda. Konsisten dengan sesuatu yang tidak hanya Anda sukai tetapi juga sangat potensial. Apakah Anda memiliki hobi menangkap kehidupan di jalan yang sibuk? Apakah Anda memiliki keahlian khusus dalam mengambil foto jajanan pinggir jalan dan membuatnya terlihat sangat menggoda dan menarik?

Sebagian besar fotografer sukses menemukan genre yang mereka kuasai dan tetap konsisten dengan hal itu. Pelanggan akan dapat mengenali karya Anda dengan mudah jika Anda konsisten pada genre atau kategori tertentu. Ini membantu mereka mengidentifikasi Anda di antara ribuan fotografer. Menemukan kategori Anda bukan pekerjaan mudah, karena itu luangkan waktu untuk mengambil foto dari genre yang berbeda dan bereksperimenlah sampai Anda menemukan kategori yang sesuai dengan passion Anda.

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Seperti disebutkan, Shutterstock memiliki lebih dari 78 juta foto di galeri mereka. Jadi bagaimana foto Anda bisa menonjol dan mudah ditemukan oleh pembeli? Nah, cara mendapatkan uang dari Shutterstock selanjutnya adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Ini adalah cara yang efektif untuk lebih terlihat. Perhatikan kata kunci yang Anda gunakan untuk foto Anda jika Anda ingin ditemukan saat calon pembeli menjelajahi galeri Shutterstock.

  • Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan kata kunci yang tepat pada foto Anda: Gunakan 25 hingga 45 kata kunci yang akurat.
  • Buat judul dan deskripsi yang unik.
  • Gunakan deskripsi yang tepat.
  • Manfaatkan kata-kata konseptual seperti kebahagiaan, kegembiraan daripada menyatakan sebuah tindakan.

3. Tingkatkan  Portofolio

Ukuran portofolio Anda merupakan faktor penting dalam cara mendapatkan uang dari Shutterstock. Semakin banyak foto berkualitas yang Anda unggah dalam portofolio Anda, maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan. Unggah foto secara teratur minimal satu foto setiap 3 hari sekali.

Di sisi lain, jangan mengunggah foto secara massal dan kemudian meninggalkan portofolio Anda di waktu yang lama. Anda harus meningkatkan portofolio Anda secara teratur dan konsisten.

4. Lihat Potensi Pasar

Ekonomi telah mengajarkan hukum penawaran dan permintaan. Ketika terdapat permintaan yang tinggi, maka Anda harus melihat potensi itu. Foto yang mengfotokan apa yang sedang tren mendapat lebih banyak unduhan. Luangkan waktu untuk meneliti jenis foto apa yang laris.

Kemudian, ambil foto dari kategori tersebut sebanyak mungkin dan unggah di profil Anda menggunakan tag dan kata kunci yang tepat. Ini akan membantu Anda meningkatkan jumlah unduhan foto.

5. Belajar dari Pengguna Lain

Shutterstock mungkin tampak seperti platform yang mudah, namun bagi Anda yang tidak terbiasa dengan sistem mungkin akan merasa kesulitan. Belajarlah untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pengguna lain. Jangan malu untuk meminta tips dan teknik dari pengguna lain.

6. Gunakan Shutterstock untuk Mempromosikan Portofolio Anda

Ini adalah cara mendapatkan uang dari Shutterstock  yang sedikit berbeda. Hal ini dilakukan karena sebagian besar ilustrator atau fotografer memiliki situs web sendiri untuk memamerkan karya mereka. Situs tersebut biasanya juga merupakan tempat bagi mereka untuk menyertakan informasi kontak untuk klien potensial. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan penjualan dari web Anda sendiri, manfaatkan portofolio Shutterstock Anda.

7. Ikut Program Referral

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock

Selain menghasilkan uang melalui memamerkan foto atau gambar, Anda juga bisa mendapatkan uang melalui Program Referral Shutterstock. Anda mendapatkan komisi ketika Anda menarik kontributor baru untuk menggunakan platform ini. Anda juga akan mendapatkan uang ketika Anda merujuk pelanggan untuk melakukan pembelian di Shutterstock.

Gunakan cara mendapatkan uang dari Shutterstock yang disebutkan di atas untuk meningkatkan unduhan gambar Anda. Manfaatkan pula program atau platform lain seperti media sosial untuk memamerkan karya Anda dan membangun brand Anda sebagai fotografer handal.