Cari Tahu Yuk, Inilah 2 Cara Mengacak Soal di Google Form dengan Mudah

Cara Mengacak Soal di Google Form

Welcome sahabat gitablog…

Google Form adalah alat yang dihadirkan oleh Google guna membantu Sahabat gitablog untuk merencanakan acara, mengirim survey, memberikan siswa kuis dan mengumpulkan informasi secara efisien. Kini Google Form biasa dipergunakan oleh banyak orang untuk membuat soal ujian yang ditujukan kepada siswa.

Satu hal yang perlu diketahui, untuk Google Form ini menjadi bagian dari Google Drive. Artinya, di saat ingin membuat soal di Google Form secara acak juga bisa saja dilakukan secara mudah.

Cara mengacak soal di Google Form bisa dilakukan dengan melakukan login terlebih dahulu. Form tersebut juga bisa langsung dihubungkan dengan spreadsheet. Dengan spreadsheet inilah bisa memberikan kemungkinan kepada Sahabat gitablog untuk menunjukkan bagaimana Sahabat gitablog bisa menggunakan software tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara mengacak soal di Google Form. Sedangkan, untuk Sahabat gitablog yang penasaran dengan perihal Google Form bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Mengenal Cara Mengacak Soal di Google Form

Cara Mengacak Soal di Google Form

Google Form kini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang sangat berguna untuk Sahabat gitablog yang ingin membuat soal pertanyaan. Selain itu, di dalam Google Form juga mempunyai fitur yang mempunyai fungsi masing-masing.

Untuk salah satu fitur yang berguna pada Google Form yaitu mengacak soal dan jawaban. Pada fitur yang satu ini juga bisa membantu untuk mengatur penyesuaian soal yang dibuat oleh Google Form. Membuat soal dengan kumpulan data yang lebih akurat dengan mengacak urutan pertanyaan dan jawaban.

Google Form merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa membuat, mengedit dan menyimpan dokumen. Beberapa formulir yang ada di Google Form ini bisa disimpan secara otomatis dan akan langsung tersimpan di Google Drive.

Meski aplikasi Google Form pertama kali dikenal untuk membuat survei dan kuesioner. Akan tetapi, untuk beberapa guru bisa memanfaatkan berguna untuk membuat media evaluasi pembelajaran.

Banyak guru yang menggunakan Google Form sebagai media sosial evolusi, karena aplikasi tersebut bisa diakses dengan mudah oleh semua orang. Selain itu, Google Form juga bisa membuat soal evaluasi dalam bentuk pilihan gsahabat gitablog dan isian.

Kelebihan pada saat menerapkan cara mengacak soal di Google Form adalah bisa mengoreksi jawaban secara otomatis dan menyimpan hasil pekerjaan dari siswa dan guru. Sedangkan, untuk hasil jawaban bisa diunduh dalam bentuk dokumen excel.

Hampir semua siswa sudah tidak asing lagi dengan Google Form. Apalagi, untuk siswa yang sudah bisa mengoperasikan smartphone secara mandiri bisa menggunakan Google Form secara mudah.

Google Form kini bisa diakses dengan menggunakan komputer atau smartphone. Ketika siswa tidak mungkin menggunakan smartphone, maka bisa dilakukan dengan menggunakan komputer yang ada di laboratorium.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menuntut perubahan dalam proses belajar mengajar, termasuk dalam pemberian tugas maupun evaluasi kepada siswa. Pada umumnya, untuk pemberian tugas bisa dilakukan dengan menggunakan kertas.

Akan tetapi, dengan adanya Google Form untuk pemberian tugas bisa dilakukan secara online. Tidak menggunakan kertas di dalam pemberian tugas dapat dikurangi serta bisa lebih menghemat biaya.

Fungsi Cara Mengacak Soal di Google Form

Cara Mengacak Soal di Google Form

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk Google Form ini bisa dipergunakan untuk evaluasi pembelajaran. Beberapa fungsi Google Form untuk evaluasi pembelajaran adalah:

  • Memberikan tugas latihan atau ulangan secara online melalui laman website.
  • Mengumpulkan semua pendapat orang lain melalui website.
  • Mengumpulkan berbagai data siswa atau guru melalui website.
  • Membuat formulir pendaftaran online untuk beberapa sekolah.
  • Membagikan beberapa kuesioner kepada beberapa orang secara online.

Inilah Beberapa Cara Mengacak Soal di Google Form

Cara mengacak soal di Google Form sendiri terbilang sangat mudah dan juga simpel. Namun, sebelum mengacak pertanyaan pastikan Sahabat gitablog sudah membuat soal di Google Form terlebih dahulu.

Setelah membuat soal, Sahabat gitablog barus bisa melakukan pengacakan. Untuk mengacak pertanyaan yang dibuat pada Google Form ini harus menggunakan fitur presentasi. Sedangkan, untuk cara mengacak soal di Google Form ini sangat mudah dan simpel dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Beberapa cara yang harus dilakukan adalah:

1.Cara Mengacak Soal di Google  

  • Langkah pertama, Sahabat gitablog bisa langsung saja masuk ke Google Form.
  • Langkah kedua, langsung saja memberikan klik pada “ikon gerigi” yang berada di sebelah kanan.
  • Langkah ketiga, pilih menu dengan tulisan “presentasi”.
  • Langkah keempat, tunggu sejenak dan akan muncul beberapa opsi pilihan. Ketika ingin melakukan pengacakan, Sahabat gitablog bisa langsung memilih menu “acak urutan pertanyaan”.

2. Cara Mengacak Soal di Google

Sedangkan, untuk beberapa pertanyaan yang mempunyai jawaban gsahabat gitablog sahabat gitablog juga bisa melakukan pengacakan jawaban. Untuk cara mengacak soal di Google Form kali ini tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya. Untuk beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Langkah pertama, Sahabat gitablog bisa langsung saja memberikan klik pada kolom “pertanyaan”.
  • Langkah kedua, berikan klik pada ikon titik 3 yang berada di sebelah opsi. Untuk langkah yang satu ini mempunyai sifat secara wajib.
  • Langkah ketiga, tunggu beberapa saat dan akan muncul beberapa pilihan menu.
  • Langkah keempat, berikan centang pada kolom yang bertuliskan “acak urutan opsi”.

Kelebihan Menggunakan Google Form

Cara Mengacak Soal di Google Form

Semua alat yang ada saat ini mempunyai kelebihan masing-masing. Sama hal nya, di saat menggunakan google form juga mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Google Form mempunyai tampilan yang menarik. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga mempunyai banyak template yang bisa dipergunakan untuk membuat kuis dan kuesioner secara online. Sehingga, untuk hasil yang diberikan bisa menarik dan penuh warna.
  • Mempunyai beragam jenis tes yang bebas dan bisa dimanfaatkan oleh guru. Artinya, untuk guru bisa memilih jenis tes yang sesuai dengan keinginan. Bahkan, untuk siswa juga bisa menggunakan fitur tersebut. Contohnya, untuk pilihan jawaban gsahabat gitablog, cekits, tarik turun, skala linier dan masih banyak lainnya.
  • Bisa menambahkan beberapa gambar dan video Youtube di dalam bentuk kuis.
  • Siswa bisa memberikan tanggapan dengan sesegera mungkin, tanpa harus memsahabat gitablogng tempat dan waktu.
  • Aplikasi yang satu ini bisa dipergunakan pada setiap orang untuk membuat kuis secara online. Selagi laptop atau handphone yang terhubung dengan jaringan internet bisa membuat kuis secara lancar.
  • Hasilnya bisa langsung tersusun dan dianalisis secara otomatis. Untuk tanggapan survei siswa dikumpulkan dalam bentuk formulir secara rapi dan otomatis disertai info tanggapan waktu nyata. Selain itu, untuk pihak guru juga bisa melihat semua melalui Spreadsheet.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara mengacak soal di Google Form. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Sahabat gitablog yang ingin membuat dan mengacak soal.