10 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik, Kreatif, dan Unik untuk Membantu Anak-Anak

Contoh Media Pembelajaran yang Menarik

10 Contoh Media Pembelajaran yang Menarik, Kreatif, dan Unik untuk Membantu Anak-Anak – Belajar atau menuntut ilmu menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan sejak dini. Kendati demikian, tidak semua anak merasa senang dengan sistem pembelajaran yang diberikan pendidik. Oleh sebab itu, tak ada salahnya tenaga pendidik mencoba berinovasi dengan contoh media pembelajaran yang menarik, unik, dan kreatif. Dengan begitu, anak bisa lebih senang menerima ilmu dari guru-gurunya.

Di samping itu, media pembelajaran juga bertujuan supaya proses belajar dan mengajar lebih efektif serta mudah untuk diterapkan. Namun media pembelajaran di lapangan sering terabaikan dengan alasan waktu terbatas dan sulit menemukan media yang tepat. Padahal tenaga pendidik harus memilih jenis media pembelajaran yang relevan supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

Apa Saja Contoh Media Pembelajaran yang Menarik dan Pas untuk Anak-Anak?

Contoh Media Pembelajaran yang Menarik

Sebelum masuk ke dalam pembahasan contoh media pembelajaran yang menarik, sudahkah Anda mengenal media pembelajaran itu sendiri? Perlu diketahui, media adalah sebuah alat, sarana, atau perangkat yang berguna untuk menyampaikan seluruh informasi. Sementara itu, media pembelajaran adalah segala hal yang bisa dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima.

Dengan media pembelajaran ini, penerima bisa merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan minat pembelajaran yang kemudian menjurus kearah terjadinya proses pembelajaran. Sedangkan arti dari kreatif adalah menciptakan suatu hal yang berbeda daripada yang lain. Kreatif juga bisa berarti sebuah gagasan terhadap rencana dan konsep demi kemajuan dalam memecahkan permasalahan sosial yang tengah berkembang.

Dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran kreatif adalah hal penting supaya pelajar atau murid bisa lebih mudah untuk memahami materi yang tengah dijelaskan. Banyak sekali contoh media belajar kreatif dan menarik yang dapat dicoba sekaligus digunakan. Pada umumnya, proses belajar dan mengajar melibatkan psikologi belajar demi mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang apapun.

Lalu apa saja contoh media pembelajaran yang menarik dan kreatif sehingga bisa digunakan oleh tenaga pendidik kepada siswanya? Berikut ini ada beberapa contoh yang dapat dijadikan referensi oleh ibu dan bapak guru:

1.      Media Gambar

Contoh Media Pembelajaran yang Menarik

Contoh media pembelajaran yang sifatnya kreatif dan menarik pertama adalah media gambar. Beberapa orang menyebut bahwa media gambar adalah contoh media pembelajaran yang kreatif dan menarik namun harganya relatif murah serta mudah untuk dipakai. Sebagai pendidik, Anda dapat mencari gambar yang sesuai dengan bidang pelajaran yang tengah diajarkan, supaya proses pembelajaran tidak terasa membosankan.

Sebagai contoh, Anda ingin mengajarkan kepada murid tentang seni lukis. Jika seperti itu, maka Anda dapat memakai gambar dari pelukis dan hasil karyanya langsung. Penggunaan salah satu media pembelajaran yang menarik dan kreatif satu ini berguna untuk memvisualisasikan seperti apa konsep yang hendak disampaikan guru kepada murid atau belajar di bidang tersebut.

2.      Media Manipulatif

Tak hanya media gambar, media manipulatif juga termasuk ke dalam contoh media pembelajaran yang menarik dan kreatif untuk digunakan oleh tenaga pengajar. Sebagai informasi, media manipulatif dapat dipakai untuk berbagai macam bentuk aktivitas pembelajaran. Selain itu, media manipulatif juga merupakan media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan keinginan ibu atau bapak guru.

Contoh media manipulatif yang dapat digunakan adalah penggunaan barang untuk belajar ilmu menghitung. Selain itu, contoh media manipulatif lainnya adalah menggunakan barang untuk mengenal huruf sampai pembelajaran ilmu sains sekalipun. Salah satu contoh media pembelajaran yang menarik dan kreatif satu ini dapat membuat para peserta didik langsung terlihat ke dalam proses belajar.

3.      Media Papan Tulis

Contoh media pembelajaran untuk murid yang kreatif dan menarik lainnya adalah media papan tulis. Pada dasarnya papan tulis atau whiteboard menjadi salah satu media penyajian untuk belajar. Media satu ini digunakan untuk menyajikan tulisan ataupun sketsa gambar dengan memakai spidol maupun kapur. Memang papan tulis sendiri mempunyai banyak macam mulai dari bahan kain, kayu, plastik, dan masih banyak lagi.

Walaupun terbilang cukup umum, namun papan tulis menjadi salah satu  media pembelajaran kreatif yang efektif bagi peserta didik. Papan tulis memiliki keunikan yakni dapat dipakai sebagai papan flanel yang cocok untuk pengajaran quantum di TK atau sekolah dasar. Contoh dari papan flanel yakni menempelkan potongan-potongan kertas yang telah dibentuk terlebih dahulu menjadi angka atau kata-kata supaya menarik minat baca siswa.

4.      Media Relia

Penegertian Media Relia adalah salah satu contoh media pembelajaran yang menarik dan diambil dari benda nyata. Media ini merupakan media pembelajaran yang tak harus selalu dihadirkan di dalam ruang kelas. Tetapi para tenaga pendidik dapat mengajak murid atau pelajar secara langsung untuk mengamati benda nyata yang pada dasarnya relevan dengan jenis materi yang tengah diajarkan baik di dalam ataupun luar ruangan.

Dengan media relia, diharapkan siswa dan siswi bisa merasakan pengalaman nyata dalam proses pembelajaran. Contoh dari media relia adalah pembelajaran tentang fotosintesis ataupun praktik laboratorium. Dengan memakai contoh media pembelajaran yang kreatif dan menarik seperti ini, diharapkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan serta mudah dipahami oleh peserta didik.

5.      Media Grafik

Sebagai informasi, grafik adalah gabungan garis dan angka untuk menunjukkan sebuah trafik. Jenis media pembelajaran satu ini sangat cocok digunakan untuk mata pelajaran matematika ataupun penggambaran data kuantitatif dalam sebuah pembelajaran. Sebagai pengajar, media grafik tak harus dibuat menggunakan penggaris ataupun spidol. Sebab guru juga bisa membuatnya lebih terlihat kreatif.

Misalnya saja membuat grafik dengan spidol berwarna di setiap garis. Selain itu, guru juga bisa memakai metode grafik arsir menggunakan spidol berwarna. Alternatif lainnya adalah menempelkan kertas bergambar supaya memikat minat belajar peserta didik. Walaupun begitu, ketika membuat grafik jangan sampai lupa mencantumkan keterangan yang lengkap supaya murid juga bisa memahaminya sebaik mungkin.

6.      Media Video

Media video termasuk dalam contoh media pembelajaran yang kreatif dan menarik untuk peserta didik yang melibatkan visual. Menurut hasil sejumlah penelitian, melihat secara visual sekaligus mendengarkan sesuatu dari dalam video bisa membuat seseorang memahami suatu hal dengan cepat. Hal itu juga yang nantinya didapat siswa ketika memakai media pembelajaran kreatif berbentuk video.

Media pembelajaran video merupakan salah satu cara supaya proses pembelajaran tidak terasa membosankan. Ibu dan bapak guru bisa mencari ataupun membuat bahan videonya sendiri untuk media pembelajaran. Salah satu contoh materi yang bisa memakai media video yaitu pokok pembahasan tentang tata surya. Selain itu, media pembelajaran video juga bisa disesuaikan berdasarkan materi yang diajarkan.

7.      Media Multimedia

Contoh Media Pembelajaran yang Menarik

Contoh media pembelajaran yang menarik dan kreatif untuk digunakan tenaga pendidik adalah media multimedia. Sebagai informasi, multimedia adalah jenis media yang melibatkan seluruh indera audio visual di dalam sebuah kegiatan belajar mengajar. Seluruh kemampuan yang ada di dalam media lain, sudah tersedia pada komputer ataupun multimedia yang berkaitan dengan pembelajaran.

Multimedia merupakan media pembelajaran yang lengkap untuk digunakan kepada siswa lantaran mampu menampilkan gambar, tulisan, gerak, suara, bahkan warna warni yang tampak indah sekaligus. Ditambah lagi, di zaman sekarang semakin banyak bermunculan program baru yang berguna untuk meningkatkan variasi pembelajaran. Ibu dan bapak guru pun kini lebih mudah memilih program multimedia yang tepat sebagai media pembelajaran untuk siswa.

8.      Media Audio

Selain media gambar dan visual berupa video, media audio juga menjadi salah satu contoh media pembelajaran yang kreatif serta menarik untuk digunakan tenaga pendidik. Sesuai dengan namanya, tentu saja media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran siswa dan siswi. Nantinya guru bisa menyampaikan informasi, pesan atau pembelajaran melalui media audio yang ditujukan kepada siswa.

Pesan yang disampaikan melalui media audio akan dituangkan ke dalam lambang auditif baik berbentuk verbal maupun nonverbal. Ada sejumlah jenis media audio yang bisa digunakan tenaga pendidik, mulai dari audio komputer, radio, piringan hitam, alat perekam pita magnetik, sampai laboratorium bahasa. Tenaga pendidik bisa memilih salah satu jenis media audio yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa.

9.      Poster

Contoh media pembelajaran yang menarik dan tepat digunakan untuk peserta didik adalah poster. Sebagai informasi, poster adalah penggambaran yang ditujukan sebagai sebuah peringatan, pemberitahuan, ataupun menarik perhatian dengan cara menyatukan tulisan, wana, gambar, dan kata-kata.

Sebuah poster yang baik tentu harus dinamis dan menonjolkan kualitasnya. Poster haruslah sederhana dan tidak membutuhkan pemikiran bagi pengamat secara rinci sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Walaupun begitu, poster tetap harus cukup kuat demi menarik perhatian. Kalau tidak, maka akan hilang kegunaan dari poster tersebut. Diharapkan media pembelajaran dengan poster bisa berguna untuk menarik perhatian siswa dan siswi.

10.  Bagan

Contoh media pembelajaran yang menarik terakhir adalah bagan. Sekedar informasi, bagan adalah presentasi berupa gambar grafis yang juga menginformasikan hubungan-hubungan, seperti jumlah, kronologis, dan hierarki. Media pembelajaran dengan bagan yang baik harus sederhana, mudah dimengerti, lugas, serta memiliki daya tarik tersendiri. Banyak macam bagan yang bisa dipilih oleh tenaga pendidik.

Misalnya ada bagan pohon yang biasanya berbentuk bagan silsilah. Selain itu, ada juga bahan klasifikasi yang dipakai untuk menjelaskan ataupun mengelompokkan suatu objek, taksonomi, dan peristiwa. Ada juga bagan alir atau flowchart yang menunjukkan prosedur, urutan, ataupun aliran proses.

Baca Juga: Materi Safety Talk Tentang APD: Pentingnya Penggunaan Alat Pelindung Diri

Itulah pembahasan seputar contoh media pembelajaran yang menarik dan kreatif untuk digunakan oleh bapak ataupun ibu guru. Dengan referensi diatas, diharapkan guru bisa lebih mudah dalam memilih media pembelajaran yang tepat.