Menelisik Fungsi Gadget Dalam Dunia Pendidikan

Fungsi Gadget Dalam Dunia Pendidikan


Menelisik Fungsi Gadget Dalam Dunia Pendidikan .Tak dapat dipungkiri zaman sekarang teknologi sudah maju, teknologi diciptakan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia.

Bahkan pada saat ini, teknologi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah penggunaan gadget.
Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang, penggunaan gadget jadi lebih masif yang dulunya merupakan kebutuhan sekunder, bisa menjadi kebutuhan primer masyarakat.

Fungsi Gadget Dalam Dunia Pendidikan

Demi membatasi kontak sosial akibat larangan belajar secara offline di sekolah-sekolah, Kemendikbud telah menetapkan untuk melakukan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh.

Sistem PJJ ini mengharuskan murid melakukan pembelajaran menggunakan gadget. Bahkan Kemendikbud dalam hal ini memfasilitasi pembelajaran jarak jauh ini dengan upaya menyiapkan bantuan kuota internet untuk mendukung pembelajaran.

Akan tetapi, dalam pelaksanaannya jika tidak diawasi penggunaanya, gadget yang sepatutnya memudahkan penggunanya dapat berbalik menyerang para penggunanya bagai bom atom terkhusus anak-anak yang masih belum bijak dan bisa mengetahui apa saja dampak yang dapat disebabkan oleh penggunaan gadget.

Dampak Negative Gadget Pada Anak

Berikut ini adalah dampak negative gadget pada anak-anak yang belum bisa memaksimalkan pemanfaatan gadget dengan baik:

Pertama 

Gadget dapat menyebabkan kerusakan mata. Mata yang terlalu sering menatap gadget akan menjadi kering dan dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak mata.

Kedua

Gadget dapat menimbulkan masalah mental dan perubahan perilaku. Banyak kasus dimana anak menjadi pemarah jika orangtua tidak mengijinkan akses penggunaan gadget. Terdapat juga kasus anak yang membanting handphonenya karena masalah game.

Ketiga

Gadget dapat membuat anak menjadi antisosial dan obesitas. Tidak hanya pada anak saja, banyak yang menjadi antisosial dan cenderung menutup diri setelah kecanduan dalam dunia maya. Akibat dari anak yang kurang berinteraksi sosial serta jarang bergerak dapat meningkatkan resiko terkena obesitas.

Dampak Positife Gadget Pada Anak

Namun dibalik banyaknya dampak negative dari gadget. Terdapat dampak positif penggunaan gadget, yaitu sebagai berikut:

Pertama

Gadget mampu merangsang anak berfikir kreatif dan melatih anak berfikir kritis. Semakin majunya teknologi banyak terdapat aplikasi yang menunjang sisi kreatif dan membuat anak berfikir kritis.

Kedua

Gadget juga mampu memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan anak secara lebih intens. Contohnya saja penggunaan teknologi watch phone.

Ketiga

Dengan gadget anak jadi lebih mampu memilah informasi. Jika gadget digunakan dengan bijak, tentunya dapat memberikan hal baik juga untuk anak. Misalnya saja kita tidak sulit untuk mengajari anak melalui buku, dikarenakan sudah ada buku elektronik.

Setelah menimbang baik dan buruknya. Yang sekarang diperlukan adalah pengawasan dari kedua orang tua. Namun tidak semua orang tua dapat selalu mengawasi anaknya selama 24 jam.

Solusinya, orang tua harus menanamkan pikiran pada anak bahwa gadget hanya dapat digunakan jika dibutuhkan, Anda juga harus membatasi pemakaian gadget yang mungkin hanya akan digunakan saat jam pelajaran. Serta perlunya menjadi contoh yang baik, misalnya tidak menggunakan gadget saat di meja makan. Orang tua juga perlu membatasi konten yang hanya tepat untuk sang anak.

Diperkirakan akan ada rencana digitalisasi pada dunia pendidikan yang akan datang. Setelah adanya kebijakan daring, tentunya anak akan semakin diperkenalkan oleh teknologi. Mungkin di masa yang akan datang bukan buku yang akan dipegang akan tetapi gadget dan bermacam-macam teknologi lainnya dalam proses pembelajaran.

Jadi tentunya, sebagai orang tua kita tidak boleh gaptek daripada anak. Jadi sudah siapkah anda menjadi bagian digitalisasi dunia pendidikan?