Ingin Cek Sertifikat Vaksin? Ini Caranya

Cek Sertifikat Vaksin

Ingin Cek Sertifikat Vaksin? Ini Caranya – Sampai saat ini upaya pemerintah dalam hal memberantas Covid-19 di Indonesia masih terus digerakkan. Salah satunya yaitu dengan membuat program vaksin Covid-19 secara besar-besaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan perkembangan penularan Covid-19 yang belakangan malah semakin meningkat.

Ditambah lagi dengan adanya varian baru virus corona yang sampai saat ini diyakini lebih gampang ditularkan ke siapa saja baik itu anak-anak, muda dan tua serta mampu menimbulkan gejala berat. Bukan hanya untuk menekan perkembangan penularan, namun vaksinasi massal ini pun bisa menjadi fasilitas masyarakat untuk melindungi diri dari yang namanya paparan Covid-19.

Setiap orang yang telah melakukan vaksinasi, nantinya akan mendapatkan bukti seperti sertifikat vaksinasi. Dan perlu diketahui jika sertifikat vaksin ini adalah sebuah tanda yang menunjukkan bahwasanya status vaksinasi seseorang.

Jika nanti kamu perhatikan, di dalam sertifikat tersebut akan berisi nama, NIK, tanggal pelaksanaan vaksin, dan masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan untuk keperluan yang dibutuhkan.

Cek Sertifikat Vaksin

Jadi bagi kamu yang sudah divaksin Covid-19, maka kamu sendiri bisa mengecek bukti dan mengunduh sertifikat vaksinasi dengan menggunakan laman Pedulilindungi.id. Caranya pun sangat gampang dilakukan.

Namun sebelum kamu bisa mengecek status atau mencetak sertifikat vaksin, maka terlebih dahulu kamu sendiri harus membuat akun PeduliLindungi. Langkah-langkahnya adalah;

  1. Buka aplikasi dengan mengguanakan smartphone Android kamu lalu kemudian isikan nama lengkap dan nomor handphone di kolom yang ada. Pastikanlah jika nomor handphone yang dimasukkan itu sudah berada pada handphone yang digunakan.
  2. Jika data sudah terisi, mak langsung klik tombol “Kirim OTP”, dan segera pesan singkat akan masuk ke nomor handphone yang didaftarkan.
  3. Setelah itu masukkan kode OTP pada laman verifikasi yang muncul di aplikasi.
  4. Kemudian, klik lanjutkan dan setujui beberapa ketentuan PeduliLindungi.
  5. Dalam tahap ini, kamu sudah terdaftar dalam aplikasi PeduliLindungi.

Inilah Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 

Cek Sertifikat Vaksin

Kamu ingin cek sertifikat vaksinmu? Berikut beberapa panduannya untuk kamu bisa coba dengan mudah.

  1. Bukalah aplikasi PeduliLindungi lalu kemudian klik ikon profile yang ada di sebelah kanan atas. 
  2. Nanti akan ada pilihan sertifikat vaksin pada menu profil, lalu kemudian pilih opsi periksa.
  3. Jangan lupa untuk mengisikan data berupa nomor NIK serta nomor handphone yang telah didaftarkan pada saat melakukan program vaksinasi.
  4. Lalu kemudian, nanti akan muncul sertifikat vaksin yang sudah dilakukan, baik itu vaksinasi tahap pertama atau yang kedua.
  5. Kemudian, klik salah satu sertifikat pada tahapan yang telah dilakukan. Jika nanti ada muncul pilihan, maka klik ya supaya download sertifikat vaksin ini bisa dilakukan secara otomatis.
  6. Nantinya sertifikat yang sudah terunduh tersebut akan masuk ke dalam penyimpanan smartphone kamu.

Panduan Download Sertifikat Vaksin Menggunakan Web PeduliLindungi 

  1. Masuk ke laman PeduliLindungi.id. 
  2. Lalu masukkan nomor handphone untuk login.
  3. Kemudiandi bagian atas tengah akan ada ada kalimat telah melakukan vaksinasi Covid-19? Maka cek sertifikat kamu. Silahkan ikuti link yang tersedia untuk kamu mendapatkan sertifikat kamu.
  4. Setelah itu isikan beberapa kolom informasi seperti nama, NIK, dan lainnya. Kemudian klik periksa.
  5. Setelah itu klik sertifikat yang ingin di-download.
  6. Nantinya file sertifikat vaksin yang telah terunduh akan langsung bisa dicetak seperti file biasa.