Ini 3 PTS Buka Beasiswa KIP, Buruan Daftar sebelum Tutup

Tips Sukses Tembus Beasiswa LPDP

Seleksi memasuki perguruan tinggi negeri sudah hampir usai, seleksi mandiri beberapa kampus sudah ditutup bahkan sudah ada yang memberi pengumuman hasil seleksi.

Bagi kamu yang belum diterima di perguruan tinggi, jangan bersedih dulu ya. Masih ada perguruan tinggi swasta yang mengantri untuk menerima kamu untuk belajar ditempatnya.

Tidak apa-apa jika bukan kampus negeri, kampus swasta juga banyak memiliki keunggulan dalam hal fasilitas dan pelayanan. Ingat, dalam hal belajar bukan nama kampusnya yang harus diperhatikan, tetapi pelayanan dalam belajarlah yang penting.

Seleksi mandiri di perguruan tinggi swasta hampir semuanya berbayar, dari 100 ribu – 400 ribu. Tetapi jangan khawatir, ternyata ada juga yang proses pendaftaranya gratis jika kamu menggunakan seleksi mandiri jalur beasiswa KIP-K.

Apa sajakah kampus swasta yang bisa menggunakan KIP-K ?

Institut Teknologi Nasional Malang

ITN Malang membuka jalur seleksi mandiri dengan KIP-K. Kampus ini berada di malang, terkenal dengan jurusan teknik. Kampus ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur KIP-K sampai tanggal 31 Agustus 2020. Persiapkan berkas-berkasmu, segera daftarkan dirimu.

Bisa dilihat di laman https://www.itn.ac.id/ untuk memulai pendaftaran. Untuk tata-caranya sendiri kalian harus mendatarkan diri di website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dan memilih seleksi mandiri perguruan tinggi swasta di ITN Malang dengan memilih maksimal 2 jurusan yang ada.

http://pmb.itn.ac.id/

Setelah itu, kalian cukup mengirim berkas-berkas yang sudah tertera ke kampus ITN Malang, bisa langsung jika rumah kamu dekat dengan kampus tetapi jika jauh lewat pos saja ya.

Universitas Muhammadiyah Semarang

UMS atau Universitas Muhammadiyah Semarang yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah juga memberikan peluang kepada siswa-siswi yang baru lulus untuk bisa belajar di sana gratis alias tidak membayar satu peser pun. UMS membuka jalur KIP-K sampai batas waktu tanggal 11 September 2020, wah masih lama sekali, jangan sampai kamu melewatkannya ya.

Sesuai informasi di https://pmb.ums.ac.id/program-kip-jenjang-sarjana-ums/ kamu hanya bisa memilih jurusan selain jurusan kedokteran dan jurusan yang ada di fakultas agama islam dan akan ditutup sewaktu-waktu jika kuota sudah terpenuhi.

Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha yang berada di Bandung, Jawa Barat juga sedang membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru KIP-K loh, proses pendaftaran akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2020, sebentar lagi nih.

Bagi kamu yang bertempat tinggal di daerah bandung dan sekitarnya boleh banget untuk mencoba. Kampus ini menawarkan jurusan yang sangat banyak, dari fakultas ekonomi, kedokteran sampai fakultas teknik telah tersedia.

Kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di https://www.maranatha.edu/info-pmb/ .

Untuk memperoleh beasiswa KIP-K, kampus ini mengharuskan kamu untuk diterima terlebih dahulu di kampus ini, setelah diterima kamu bisa mengajukan beasiswa KIP-K dengan layanan beasiswa eksternal yang sudah tersedia. Untuk membeli formulir selain fakultas kedokeran, kamu harus membayar senilai 250 ribu.

Itu dia tiga kampus yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kuliah gratis dengan jurusan yang kamu inginkan. Selamat mencoba.