Ketauhilah, Inilah Manfaat Belajar Daring

Inilah Manfaat Belajar Daring

Inilah Manfaat Belajar Daring .Daring saat ini menjadi sebuah trend dalam dunia pendidikan. Daring sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi menjadi sesuatu yang baru dan mendadak dilaksanakan.

Bagi sekolah-sekolah di pedesaan daring tentu menjadi sebuah hal yang belum dikenal sebelumnya. Menurut KBBI Kemendikbud daring adalah akronim ‘dalam jaringan’, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Daring merupakan kebiasaan baru dalam dunia pendidikan.

Pembelajaran Jarak jauh sebagai kebijakakan dari Kemendikbud yang mengutamakan keselamatan dan keamanan siswa mau tidak mau harus dilaksanakan.

Inilah Manfaat Belajar Daring

Sesuatu hal yang baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Guru, siswa dan orang tua mengalami tatanan kebiasaan baru ini. Pada awal menjalani kebijakan ini tentu membutuhkan adaptasi dan “belajar” terlebih dahulu. Perlu adanya kesiapan dan pendukung lainnya untuk mewujudkan pembelajaran secara daring dengan optimal.

Ternyata, Ada Kendalanya

Pembelajaran secara daring yang dilaksanakan tentu menemui beberapa kendala. Kendala tersebut antara lain guru, siswa dan orang tua kurang siap dan masih perlu belajar dalam melaksanakan sistem daring. Selain itu pembelajaran dan informasi yang disampaikan oleh guru terkendala oleh sinyal yang menyebabkan lambatnya siswa dalam mengakses informasi.

Akibatnya siswa tertinggal dengan materi maupun tugas yang diberikan oleh guru akibat dari sinyal yang kurang bersahabat. Merekapun menjadi terlambat dalam mengumpulkan suatu tugas yang diberikan oleh guru.

Bagi guru yang memeriksa banyak tugas yang telah diberikan kepada siswa, membuat ruang penyimpanan gadget semakin terbatas. Terlebih ketika siswa mengumpulkan tugas secara pribadi melalui aplikasi WA.

Tapi, Banyak Hikmahnya Kok

Setiap peristiwa dan kejadian tentu akan ada hikmahnya. Demikian juga dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Pandemi yang menyebabkan adanya pembelajaran daring. Hikmah yang bisa kita ambil dari pelaksanaan pembelajaran daring ini diantaranya guru, siswa dan juga orang tua dapat menguasai teknologi informasi lebih optimal dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Jadi Melek Teknologi

Guru, siswa dan orang tua mau tidak mau dituntut mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan teknologi informasi dalam bidang pembelajaran. Platform yang sebelumnya belum dikenal seperti Zoom Meeting, Webex, Google Classroom, JBclass maupun channel YouTube menjadi dikenal guru, siswa dan juga orang tua.

Guru Semakin Kreatif Dalam Mengajar

Selain itu guru juga akan terasah kreativitasnya dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Tidak Monoton

Kita juga telah menjadi siap dan mudah beradaptasi dengan adanya kebiasaan baru dalam tatanan dunia pendidikan. Sisi positif pembelajaran daring dalam dunia pendidikan yaitu mengubah cara pembelajaran yang semakin beragam dan juga semakin meningkatkan pengetahuan, keterampilan guru, siswa dan orang tua tentang perkembangan teknologi komunikasi.

Terciptanya Rasa Empati

Selain hikmah tersebut diatas ada hikmah lain yang ada yakni akan memberikan kesadaran orang bahwa menjadi seorang guru itu tidaklah mudah. Sehingga dengan adanya daring ini akan menumbuhkan rasa empati orang tua kepada guru.

Pendidikan itu bukan suatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja, namun bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Pelaksanaan daring yang efektif tentulah membutuhkan kolaborasi dan komitmen dari guru, siswa, dan orang tua. Tanpa adanya kolaborasi dan komitmen, pembelajaran daring yang yang efektif tidak mungkin terjadi.

Menjalin Hubungan yang Erat

Kolaborasi antara guru dan orang tua akan memungkinkan relasi orang tua dan guru semakin dekat sehingga guru akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang tua dalam mendidik siswa yang akan memudahkan mengikuti perkembangan dan kemampuan siswa.

Siswa Menjadi Lebih Mandiri

Dari sisi siswa sendiri pembelajaran daring akan menjadikan siwa lebih dewasa dan mandiri serta mendidik siswa untuk semakin bertanggungjwab.

Memperluas Metode Belajar

Dari balik adanya daring ini juga tersimpan hikmah yang bermanfaat dalam dunia pendidikan yakni model pembelajaran yang baru yang belum terpikirkan sebelumnya. Model Pembelajaran Jarak Jauh dengan daring baik yang dikombinasikan dengan luring ataupun daring murni menjadi kebiasaan baru dalam dunia pendidikan yang akan memperkaya khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan.