Ketahuilah Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022 dan Cara Mendaftarnya

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022

Ketahuilah Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022 dan Cara Mendaftarnya – Bagi yang ingin dan sudah siap menghadapi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), sudah seharusnya mengetahui jadwal pendaftaran SNMPTN 2022. Karena, artinya calon peserta sudah bisa memulai medaftar ujian seleksinya sesuai jadwal yang disampaikan. Itulah mengapa semua detail data dan faktanya secara jelas dan lengkap.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022

Banyak pelajar yang bisa mencoba mendaftarkan diri mengikuti tes SNMPTN karena prestasinya di sekolah, dan setelah itu bisa melanjutkan belajar di perguruan tinggi Negeri melalui tes masuk SNMPTN 2022. Dimana seleksi tersebut dibuka mulai tanggal 15 Februari 2022, dan bisa diikuti melalui situs LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Cara Mendaftar SNMPTN 2021

Jika Anda sudah mengetahui jadwal pendaftaran SNMPTN 2022 dan tempat untuk mendaftarnya, berikutnya adalah informasi cara untuk mendaftarnya langsung. Beberapa caranya antara lain:

  1. Rangkaian Jadwal Pendaftaran

Ada beberapa rangkaian jadwal pendaftaran yang diinformasikan, ikuti rangkaian tersebut untuk bisa mendaftar. Diantaranya adalah :

  • Registrasi Akun LTMPT
  • Penetapan Siswa Eligible oleh Pihak Sekolah
  • Pengisian PDSS
  • Pendaftaran SNMPTN
  • Pengumuman SNMPTN
  • Pendaftaran Ulang Bagi Peserta Lulus
  1. Melakukan Persiapan

Setelah mengetahui dan menjalani serangkaian jadwal SNMPTN, mulai dari pendaftaran hingga pendaftaran ulang setelah lulus tes maka mulailah untuk melakukan berbagai persiapan. Diantaranya adalah:

  • Mempersiapkan dan Mencari  PTN yang akan dipilih
  • Mempersiapkan Sertifikat Prestasi
  • Mempersiapkan Bukti Portfolio Syarat Masuk
  • Mempersiapkan Data Orang tua
  1. Mulai Melakukan Pendaftaran Secara Online

Jika persiapannya sudah dilakukn dataan mengenai berkas dan dokumen, selanjutnya sudah bisa melakukan pendaftaran melalui online. Yaitu, dengan cara:

  • Melalukan Login di LTMPT secra

Untuk bisa mendaftar melalui online, pastinya harus terdaftar dan login terlebih dulu. Daftarkan diri Anda dengan membuat akun sendiri dan masuk menggunakan akun tersebut pada situs LTMPT tersebut. Karena cara mengakes satu-satunya adalah dengan membuka akun masig-masing, dimana setelah masuk maka Anda bisa mendaftar dan tahu jadwal pendaftaran SNMPTN 2022 itu.

  • Mengisi Kelengkapan Data Orang Tua

Jika Anda sudah berhasil login dan masuk dengan akun pribadi pada situs ini, barulah Anda mulai mendaftar dengan mengisi semua bagian kolom formulir tersebut. Dimulai dari mengisi kelengkapan data untuk orang tua, yaitu kelengkapan mengenai semua informasi yang berhubungan dengan orang tua Anda seperti nama lengkap ayah dan ibu serta pekerjaannya masing-masing.

  • Mengisi Prodi

Lanjut mengisi data prodi yang akan dipilih setelah melewati pengisian data sebelumnya mengenai data orang tua wali murid mewakili Anda sendiri yang terdapat pada halaman pilihan.

  • Mengisi Portofolio

Bukan hanya profil, tapi Anda juga diwajibkan mengisi data Anda sendiri yang berhubungan dengan portofolio karya-karya Anda yang dirangkum. Hal ini harus diisi jika memang terdapat persyaratan dari prodi yang dipilih tadi.

  • Mengisi Prestasi

Mungkin Anda pernah memiliki prestasi tertentu dibidang-bidang tertentu juga perlu dibuat laporan pengisian formulirnya untuk tambahan bidang prestasi. Tapi perlu diketahui bahwa data yang ini hanya tambahan dan tidak wajib diisi.

  • Melakukan Finalisasi

Barulah jika semua kolom formulir sudah terisi penuh, Anda melakukan finalisasi, sebagai tanda pengecekan bahwa Anda sudah selesai dan meyakini pengisian tersebut. Karena jika sudah difinalisasi tidak akan dapat mengganti data yang diisi.

  1. Mencetak Kartu Registrasi

Semua langkah sudah dilalui dan dilakukan, artinya Anda sudah mendaftar dan memilih PTN. Bahkan Anda juga sudah mengetahui semua jadwal yang diatur untuk menghadapi tes SNMPTN ini. Artinya usaha dan langkah Anda tinggal sedikit lagi untuk bisa masuk perguruan tinggi Negeri, hal yang terakhir dilakukan adalah mencetak kartu registrasi tadi.

Itulah beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendaftar SNMPTN, dengan mengetahui jadwal pendaftaran SNMPTN 2022 sebelumnya untuk dijadikan panduan dalam mendaftar berdasarkan timeline jadwal pendaftaran tadi.