Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja, Ternyata Ini Jawabannya

Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja

Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja, Ternyata Ini Jawabannya – Apakah Anda berniat melanjutkan ke perguruan tinggi? Jika iya, pastinya pernah mendengar jurusan akuntansi. Beberapa perguruan tinggi memang menyediakan jurusan akuntansi yang dapat dipilih oleh siswa. Banyak orang yang menyebut akuntansi sebagai salah satu bidang studi yang berperan penting dalam aktivitas bisnis. Tetapi tidak sedikit mahasiswa yang bertanya jurusan Akuntansi belajar apa saja?

Bidang akuntansi memang sangat penting dan diperlukan dalam aktivitas perusahaan. Bahkan di era modern seperti sekarang, akuntansi menjadi jurusan yang cukup diminati lantaran peluang kerjanya cukup luas dan prospek karirnya sangat menjanjikan. Adapun jurusan akuntansi mengajarkan teknik dan konsep untuk menganalisa, mengukur, serta melaporkan keuangan dalam perusahaan maupun organisasi.

Jawaban Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja?

Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja

Sebelum memahami jawaban jurusan Akuntansi belajar apa saja, apakah Anda sudah memahami bidang akuntansi tersebut? Sebagai informasi, akuntansi adalah proses pencatatan, pelaporan, dan pengukuran keuangan sebuah organisasi atau entitas yang bertujuan pengambilan keputusan efisien dan efektif. Hal tersebut melibatkan pengumpulan dan analisa data keuangan serta informasi lainnya.

Ilmu akuntansi juga mencakup transaksi pembayaran, bisnis, dan arus kas. Tujuan dari ilmu akuntansi yaitu memastikan bahwa keuangan di perusahaan akurat, teratur, dan bisa dipercaya. Dengan begitu, manajemen bisa mengambil keputusan yang tepat agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Di sisi lain, akuntansi juga meliputi bermacam aspek termasuk audit, manajemen, keuangan, serta perpajakan.

Akuntansi juga termasuk salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati oleh mahasiswa di setiap tahunnya. Ilmu yang berasal dari rumpun Soshum ini mempelajari semua hal yang berkaitan dengan keuangan, mempelajari perpajakan, dasar-dasar membuat laporan keuangan, pelaporan keuangan, dan audit. Lalu jurusan Akuntansi belajar apa saja? Berikut informasinya untuk Anda.

1.      Keuangan

Jawaban dari pertanyaan jurusan Akuntansi belajar tentang apa, adalah keuangan. Siswa akan belajar menganalisa dan mengelola informasi pelaporan transaksi keuangan. Informasi keuangan dari pelajaran tersebut bisa dipakai oleh manajemen perusahaan sebagai bahan evaluasi dalam mempertimbangkan langkah yang akan diambil perusahaan. Selain itu, siswa juga belajar mengontrol aktivitas perusahaan untuk mencegah dan meminimalisir kerugian.

2.      Manajerial

Bagi Anda yang masuk ke jurusan akuntansi, juga akan mempelajari manajerial. Pelajaran di bidang manajerial ini akan mengajarkan peserta didik mengelola serta mengontrol arus keuangan sebuah perusahaan. Selain itu, siswa akan belajar memberikan arahan dan merancang kebijakan terkait keuangan perusahaan. Siswa juga perlu mengatur aktivitas supaya sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan.

3.      Pajak

Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja

Jurusan Akuntansi belajar tentang apa? Tentu pelajaran di bidang perpajakan juga akan diajarkan kepada peserta didik. Nantinya Anda belajar mengelola strategi serta perencanaan keuangan dan pajak perusahaan. Peserta didik juga belajar mendokumentasikan perpajakan setiap tahun sebagai perbandingan untuk memahami perkembangan keuangan perusahaan. Ada juga pelajaran menganalisa dan memprediksi pajak yang nantinya ditanggung perusahaan.

4.      Sektor Publik

Dalam sektor publik, peserta didik akan belajar mengelola sumber daya dengan efisien dan efektif. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh publik demi menciptakan corporate governance dan good public. Anda juga akan belajar memberikan informasi pencapaian ekonomi, efisiensi, dan efektifitas, sekaligus memberikan laporan hasil operasi dan penggunaan kepada publik.

5.      Audit

Ilmu tentang audit juga menjadi jawaban lain atas pertanyaan jurusan Akuntansi belajar apa saja. Dalam bidang audit, peserta didik akan belajar tentang prosedur dan teknik audit. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kepatuhan sebuah perusahaan ataupun organisasi terhadap aturan maupun peraturan keuangan. Belajar ilmu audit dalam jurusan akuntansi menuntut Anda lebih teliti dan cermat terhadap sebuah data.

6.      Hukum dan Etika Bisnis

Tidak hanya belajar tentang keuangan sebuah perusahaan, mereka yang menempuh pendidikan di jurusan akuntansi juga akan mempelajari hukum dan etika dalam berbisnis. Peserta didik akan belajar tentang hukum dan peraturan yang berlaku di dunia usaha, termasuk kewajiban dan hak sebuah perusahaan maupun organisasi. Peserta didik juga akan belajar tentang prinsip etika yang berlaku di dalam profesi akuntansi maupun dunia bisnis.

7.      Teknologi Informasi

Jika menanyakan pertanyaan jurusan Akuntansi belajar apa saja, maka pelajaran di bidang teknologi informasi menjadi jawaban berikutnya. Sebagai salah satu orang yang belajar di jurusan akuntansi, Anda akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan peran teknologi informasi di dalam ilmu akuntansi. Bukan hanya itu, Anda juga akan diajarkan tentang bagaimana cara memakai perangkat lunak di bidang akuntansi.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja

Tak hanya mempertanyakan jurusan Akuntansi belajar apa saja, Anda juga perlu mengetahui prospek kerja di jurusan akuntansi. Mengingat, akuntansi menjadi salah satu jurusan populer karena mempunyai prospek kerja menjanjikan. Memang sesudah lulus dari jurusan akuntansi, banyak peluang karir yang dapat ditempuh, seperti:

1.      Akuntan Manajemen

Prospek kerja jurusan akuntansi yang pertama adalah sebagai akuntan manajemen. Seorang akuntan manajemen bertanggung jawab untuk mengelola anggaran dan keuangan perusahaan. Selain itu, akuntan manajemen juga bertugas membuat laporan keuangan agar dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan bisnis.

2.      Analis Keuangan

Karena salah satu jawaban jurusan Akuntansi belajar apa saja berkaitan dengan keuangan, maka Anda juga bisa menjadi seorang analis keuangan. Tugas dari seorang analis keuangan adalah memeriksa kinerja keuangan perusahaan, memberikan rekomendasi keuangan, serta menganalisa data keuangan organisasi ataupun perusahaan.

Baca Juga: Calon Maba Wajib Tahu Jurusan Apa Saja yang Ada di Universitas Terbuka

Itulah jawaban dan pembahasan tentang pertanyaan jurusan Akuntansi belajar apa saja yang sering membuat calon peserta didik merasa bingung. Dengan informasi tersebut, kini Anda dapat menentukan apakah akan belajar di jurusan akuntansi atau tidak.