Inilah 6 Kampus dengan Jurusan PWK Terbaik di Indonesia dan Paling Keren

Pada era yang serba mudah seperti sekarang, ada beberapa universitas menyediakan jurusan PWK terbaik di Indonesia.

Selamat datang sahabat gitablog, selamat membaca ya.

Ketertarikan di dalam bidang penataan wilayah Kota menjadi motivasi untuk Anda masuk ke dalam jurusan perencanaan wilayah dan kota (PWK). Pada era yang serba mudah seperti sekarang, ada beberapa universitas menyediakan jurusan PWK terbaik di Indonesia.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai kumpulan jurusan PWK terbaik di Indonesia. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dimana saja Universitasnya bisa langsung simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

6 Kampus dengan Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Supaya sukses di dalam jurusan kuliah yang satu ini, Anda harus memiliki kemampuan dasar terlebih dahulu. Untuk beberapa kemampuan yang dibutuhkan adalah analisis, observasi, penyelesaian masalah, berpikir rasional dan kemampuan berkomunikasi.

Seperti yang diketahui, untuk jurusan PWK terbaik di Indonesia memang sangat menarik. Selama menempuh studi di dalam jurusan tersebut, Anda tidak hanya belajar tentang perencanaan saja.

Akan tetapi, Anda juga harus melakukan analisis lokasi, pola ruang, morfologi kota, pengembangan lahan dan masih banyak lainnya lagi. Masih ada juga beberapa materi yang menarik, karena Anda juga akan belajar mengenai perencanaan transportasi sebagai materi kuliah paling favorit.

Ketika ingin berkuliah di jurusan PWK terbaik di Indonesia, terdapat berbagai macam Universitas yang bisa dipilih. Bahkan, untuk alumni dari Universitas tersebut juga sudah menghasilkan berbagai macam karya dan mengharumkan nama Negara Indonesia. Beberapa referensi Universitas yang mempunyai jurusan PWK adalah:

1. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Jurusan PWK terbaik di Indonesia berada di Universitas Brawijaya di Fakultas Teknik. Pada jurusan yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1998 dan menjadi salah satu program studi tentang perencanaan paling bagus di Indonesia.

Tidak hanya bisa mengambil program studi untuk jenjang S1 saja. Artinya, untuk Anda yang ingin meneruskan sampai dengan jenjang S2 atau Magister pada jurusan PWK di Universitas Brawijaya juga bisa.

Selama menempuh studi, semua mahasiswa akan menjalani praktik di Laboratorium Infrastruktur, Lingkungan dan Sistem Informasi (EIIS). Ada juga Laboratorium Pengembangan Wilayah dan Kebijakan (RDPP) dan Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota yang mendukung di dalam studi tersebut.

Mata kuliah yang ditawarkan di jurusan yang satu ini tidak hanya mata kuliah wajib saja. Akan tetapi, ada juga mata kuliah pilihan yang bisa dipilih oleh Anda dan disesuaikan minat serta passion.

2. Universitas Cendrawasih (UNCEN)

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Universitas Cendrawasih (UNCEN) juga menjadi salah satu pilihan kampus dengan jurusan PWK terbaik di Indonesia. Lokasi dari Universitas Cenderawasih ini berada di Jalan Raya Abepura-Sentani, Kota baru, Abepura, Kota Jayapura.

Pada kampus ini juga memberikan penawaran jurusan PWK yang berada di Fakultas Teknik. Misi dari Universitas Cendrawasih adalah menghasilkan lulusan yang unggul serta mempunyai daya saing.

Harapannya, semua lulusan dari Universitas Cenderawasih ini bisa memberikan kontribusi secara keilmuan guna membangun wilayah sesuai dengan karakteristik pada wilayah Papua. Lulusan dari Universitas Cendrawasih juga mampu menjadi aktor sampai dengan manajer di dalam bidang pembangunan, baik tingkat regional atau nasional.

Ketika ingin belajar lebih banyak tentang Perencanaan Wilayah dan Kota, ada juga jenjang pendidikan S2 atau Magister. Universitas Cendrawasih juga sudah berdiri sejak tahun 2015 dan menjadi pilihan yang paling tepat untuk meneruskan studi PWK.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Universitas Diponegoro (UNDIP) mempunyai jurusan PWK terbaik di Indonesia sejak tahun 1992. Untuk jumlah peminat dari jurusan PWK di UNDIP sudah tidak bisa dihitung lagi dengan tangan.

Apalagi, di dalam jurusan PWK terbaik di Indonesia sudah mendapatkan akreditasi A dan menghasilkan lulusan yang telah berkarir di dalam berbagai bidang. Diperlukan waktu kurang lebih 4,5 tahun untuk bisa lulusan dari jurusan PWK Universitas Diponegoro (UNDIP).

Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, Anda juga bisa meneruskan studi di jurusan yang sama dengan jenjang S2 atau Magister. Kegiatan perkuliahan pada jurusan PWK ini sudah didukung oleh kumpulan dosen dengan kualitas terbaik.

Bahkan, untuk laboratorium di Universitas Diponegoro (UNDIP) juga sudah lengkap. Untuk beberapa laboratorium jurusan PWK di Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah:

  • Laboratorium Pengembangan Kota.
  • Laboratorium Perancangan Fisik Ruang Kota dan Wilayah.
  • Laboratorium Geomatika dan Komputasi Perencanaan.
  • Laboratorium Pengembangan Wilayah dan Pengembangan Lingkungan.
  • Laboratorium Lapangan.

Kurikulum pada jurusan PWK yang aplikatif ini juga bisa membuat mahasiswanya bisa langsung terjun di dalam dunia kerja setelah lulus dari Universitas Diponegoro (UNDIP).

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Selain itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mempunyai jurusan PWK terbaik di Indonesia. Selama berkuliah, Anda akan belajar tentang kondisi spasial serta perencanaan untuk kepentingan di masa depan.

Ada 130 mata kuliah wajib dan 7 mata kuliah pilihan yang bisa Anda pilih. Setelah lulus, gelar yang akan diperoleh mahasiswa jurusan PWK pada program S1 adalah S.PWK. Anda juga bisa melanjutkan karir di lembaga pemerintahan dan menjadi perencanaan konsultan, pengembang properti atau bekerja di lembaga non pemerintah

Selain itu, untuk lulusan dari jurusan PWK terbaik di Indonesia juga bisa saja menjadi anggota Ikatan Ahli Perencana (IAP). Tentunya, untuk lulusan PWK ini bisa memberikan atau menciptakan lingkungan yang kondusif supaya bisa terus belajar bersama para ahli.

5. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Universitas Islam Bandung (UNISBA) mempunyai program atau jurusan PWK terbaik di Indonesia. Pada Universitas Islam Bandung (UNISBA) mempunyai perbedaan yang jauh dengan beberapa kampus lain di dalam jurusan PWK.

Sebab, untuk letak dan lokasi yang dipelajari di jurusan PWK ini melihat dari segi perspektif nilai Agama Islam dan kekhasan budaya Indonesia. Untuk materi perkuliahan juga memadukan antara agama, sosial, budaya, perencanaan terpadu, perencanaan transportasi dan infrastruktur. Nantinya, untuk lulusan jurusan PWK terbaik di Indonesia bisa langsung berkarir sebagai PNS atau LSM.

6. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan PWK Terbaik di Indonesia

Jurusan PWK terbaik di Indonesia selanjutnya berada di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan berada di Fakultas Sains dan Teknologi. Pada jurusan yang satu ini sudah ada sejak tahun 2007 dan telah menghasilkan lulusan alumni yang tersebar di Seluruh Indonesia.

Bahkan, di setiap tahunnya untuk peminat dari jurusan PWK ini terus mengalami peningkatan yang amat signifikan. Visi dari jurusan yang satu ini adalah menjadi tempat pengembangan ilmu perencanaan wilayah dan kota secara unggul.

Selain itu, untuk semua lulusan juga diharapkan bisa lebih menjiwai Al-Quran dan hadist. Selama proses perkuliahan  berlangsung, Anda juga akan mendapati beberapa materi perkuliahan yang saling integrasi dengan ilmu PWK dan Al-Quran.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai beberapa universitas  jurusan PWK terbaik di Indonesia. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin masuk kuliah di jurusan PWK.