Apakah Kampusmu Termasuk ? Inilah 4 Kampus Terluas di Asia Tenggara

Kampus Terluas di Asia Tenggara

Apakah Kampusmu Termasuk ? Inilah 4 Kampus Terluas di Asia Tenggara – Setelah menyelesaikan bangku sekolah menengah atas ada atau mungkin sebagian besar dari mereka memilih untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik perguruan tinggi negri maupun perguruan tinggi swasta. Atau bahkan ada yang ingin memilih studi ke luar negeri seperti di Eropa dan Asia.

Kuliah atau belajar di luar negeri pasti menjadi cita-cita kebanyakan orang, mendapat pengalaman dan kebudayaan baru. Perguruan tinggi di luar negeri kata banyak orang memiliki tingkat pendidikan yang bagus, tapi juga bukan berati  tingkat pendidikan di Indonesia rendah.

Memilih perguruan tinggi di luar negri mungkin akan sulit bagi beberapa orang, karena begitu banyaknya perguruan tinggi yang berdiri, baik swasta maupun negeri.

Asia Tenggara merupakan kawasan yang ada di benua Asia bagian Tenggara. Benua ini memuat Indocina dan sememanjung Malaya dan juga kepualauan yanga da di sekitarnya. Asia tenggara juga termasuk benua yang memiliki iklim tropis sama seperti Indonesia. Jadi untuk kalian yang ingin menetap studi di negara asia tenggara tidak akan terlalu terkena cultur shock.

4 Daftar Kampus Terluas di Asia Tenggara

Artikel ini akan memberitahu kalian kampus terluas yang ada di Asia Tenggara, bahkan kampus-kampus tersebut ada di negara Indonesia. Berikut Kampus terluas yang ada di Asia Tenggara:

Universitas Sriwijaya

Kampus Terluas di Asia Tenggara

Perguruan tinggi negri yang terletak di kota Palembang dan juga Indralaya ini menjadi kampus dengan luas terbesar di Asia tenggara. Kampus ini mulai melakukan pembanguan kampus baru pada tahun 1989 dan selesai pada 31 Desember 1993. Universitas Sriwijaya memiliki luas sebesar 712 hektare, perguruan tinggi ini memiliki program Pendidikan dari D3, S1, S2, dan S3.

Lahan dari Universitas Sriwijaya juga digunakan untuk dijadikan kantorr pusat administrasi atau sering disingkat KPA, lembaga kebahasaan, lembaga penelitian, perpustakaan, klinik Kesehatan dan masih banyak lagi. Universitas Sriwijaya atau UNSRI memiliki beberapa fakultas diantaranya, fakultas ekonomi, hukum, ilmu sosial, kedokteran, Teknik, pertanian, dan lainnya.  

Universitas Riau

Kampus Terluas di Asia Tenggara

Perguruan tinggi yang berada di Simpang Baru Pekanbaru ini disebut sebut memiliki luas lahan hingga menacapai 700 hektare. Universitas Riau atau UNRI menjadi perguruan tinggi terluas kedua setelah Universitas Sriwijaya.  Universitas Riau memiliki beberapa fakultas, seperi fakultas MIPA, FISIP, Teknik, Kedokteran dan lainnya.  Perguruan tinggi ini sudah memiliki akreditasi A, dan kalian juga akan mendapat banyak fasilitas jika berkuliah disini, seperti pusat computer, laboratorium, poliklinik, dan lainnya.

Universitas Andalas

Kampus Terluas di Asia Tenggara

Universitas Andalah menjadi kampus terluas ketiga, perguruan tinggi negri ini memiliki luas 500 hektar.  Unand atau Universitas Andalas berada di provinsi Sumatera Barat, kampus ini memiliki 15 fakultas dan juga 44 program studi untuk sarjana. Serta 41 program studi untuk magister, 13 program studi untuk program S3, bahkan hingga untuk program Pendidikan dokter spesialis. Perguruan tinggi ini resmi di buka oleh wakil presiden yakni Moh. Hatta paad tanggal 23 Desember 1955.

Universitas Sumatera Utara

Kampus Terluas di Asia Tenggara

Kampus yang terluas masih berada di sekitar provinsi Sumatera, yakni universitas Sumatera Utara yang memiliki luas 116 hektar. Kampus ini memiliki suasana kampus yang hijau dan rindang.  Perguruan tinggi yang  berada di tengah kota Medan ini, sekarang sedang membuka atau mengembangkan kampus baru yang ada di Kwakal bekala.

Kampus baru ini akan digunakan untuk kegiatan penelitian di bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan juga perhutanan.  Meskipun Perguruan tinggi ini masih terakreditasi B, tidak membuat tingkat Pendidikan di kampus ini buruk, Universitas Sumatra bahkan memiliki 14 fakultas.