10+ Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia

Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

10+ Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia – Memilih universitas sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tidak boleh dilakukan
sembarangan. Tak jarang calon mahasiswa memilih kampus berdasarkan jurusan yang diinginkan. Salah satu jurusan yang banyak dicari oleh calon mahasiswa adalah manajemen bisnis. Apabila Anda juga seperti itu, maka perlu mengetahui nama-nama kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia dengan berbagai keunggulannya.


Banyak alasan mengapa jurusan manajemen bisnis kerap dipilih sebagai jurusan pendidikan dan menentukan kampus tujuan. Salah satunya karena jurusan manajemen bisnis memiliki peluang kerja yang cukup besar. Tak heran jika persaingan masuk ke universitas dengan jurusan manajemen bisnis tergolong tinggi. Namun tak perlu risau karena cukup banyak kampus dengan jurusan manajemen bisnis di Indonesia.

Rekomendasi Perguruan Tinggi yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis di Indonesia


Jurusan kuliah yang masih berkaitan dengan ekonomi dan manajemen masih menjadi primadona di sejumlah kampus. Prodi manajemen bisnis dapat dipilih oleh sekolah menengah yang mengikuti ujian dalam kelompok Soshum. Jurusan satu ini memungkinkan para mahasiswanya menjalani perkuliahan supaya bisa menjadi pengelola bisnis dan manajemen.

Mahasiswa nantinya belajar teori yang berkaitan dengan dunia bisnis sampai praktik di lapangan. Selain itu, peserta didik juga belajar teori tentang bisnis, kemampuan analisa suatu kasus, serta skill manajemen. Tak heran jika lulusannya juga mempunyai kemampuan dalam bidang komunikasi yang baik sebagai bekal di dunia kerja. Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia.

1.      Universitas Diponegoro

Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis


Kampus dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia yang pertama ada Universitas Diponegoro. Jurusan satu ini berada di bawah naungan fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Jurusan manajemen bisnis di Universitas Diponegoro menyediakan program pendidikan jenjang S1. Selain itu, Universitas Diponegoro juga menyelenggarakan jenjang pendidikan D3 dan S2 untuk mahasiswa.

Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Semarang Jawa Tengah tersebut membuka kelas reguler, Sarjana S1 Internasional atau IUP yakni International Undergraduate Program. Program IUP UNDIP satu ini dapat menjadi alternatif yang Anda ikuti jika gagal diterima di dalam program kelas reguler. Program satu ini dirancang sebagai kelas khusus dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi serta bahasa pengantar.

2.      Institut Pertanian Bogor

Kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia berikutnya adalah
Institut Pertanian Bogor. Sekedar informasi, Institut Pertanian Bogor menjadi PTN yang
mendapat julukan Kampus Rakyat. Hal itu karena jurusan di Institut Pertanian Bogor fokus kepada bidang pertanian yang mempunyai bentuk indikasi adanya aktivitas di sebuah universitas untuk mensejahterakan masyarakat.

Bukan hanya itu, mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor juga sering kali turun untuk membela sekaligus meminta aspirasi demi kesejahteraan masyarakat luas. Tak mengherankan jika mahasiswa kampus Institut Pertanian Bogor mempunyai slogan yang berkaitan dengan pertanian dan hidup rakyat Indonesia. Hal itulah yang menjadikan IPB sebagai kampus idaman bagi banyak orang.

3.      IBII Jakarta

Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

Kampus yang mempunyai jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia selanjutnya adalah IBII Jakarta atau Institut Bisnis dan Informatika Indonesia. Gedung yang berlokasi di Jl Yos Sudarso Kav 85, Nomor 87, Sunter Jakarta Utara satu ini dikenal dengan sebutan Kwik Kian Gie School of Business. Kampus satu ini berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas di Indonesia.

IBII Jakarta mempunyai program studi Manajemen yang akan mengajarkan mahasiswa berbagai pelajaran mulai dari cara pengelolaan bisnis atau organisasi lain, pengarahan, perencanaan, serta pengendalian. Dengan pelajaran tersebut, maka sebuah bisnis bisa terus berkelanjutan. Fokus yang ditawarkan prodi Manajemen di sekolah satu ini adalah manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan.

4.      Universitas Muhammadiyah Malang – UMM

Berbicara tentang kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia
berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM. Kampus satu ini masih bernaung di bawah Muhammadiyah yang menjadi salah satu universitas swasta dan harus Anda pertimbangkan. UMM berdiri sudah cukup lama tepatnya sejak 1964 lalu dan mempunyai 56 program studi berbeda-beda untuk setiap mahasiswa.


Terdapat lima jurusan di UMM yang paling banyak diminati calon mahasiswa, salah satunya adalah Manajemen Bisnis. Jurusan Manajemen Bisnis yang ada di UMM juga telah mendapat akreditasi A resmi oleh BAN PT. Bukan hanya itu, jurusan satu ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium manajemen yang dapat digunakan untuk megembangkan pengajaran dan pendidikan untuk mahasiswa.

5.      UKRIDA – Universitas Kristen Krida Wacana

Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

UKRIDA atau Universitas Kristen Krida Wacana menjadi salah satu kampus terbaik yang menyediakan jurusan manajemen bisnis. Berdiri sejak 1867 silam, UKRIDA bernaung di bawah GKI Sinode Jakarta Barat. Hebatnya Universitas Kristen Krida Wacana sudah mempunyai dua rumah sakit pendidikan dan 3 kampus yang lengkap dengan tiga belas prodi dan lima fakultas.

Tak sampai di situ, program studi yang ada di UKRIDA sudah terakreditasi A. Di universitas tersebut ada juga program pengembangan soft skills yang dapat membantu menyiapkan mahasiswanya terjun langsung ke dalam dunia kerja. Sebagai lulusan manajemen bisnis di UKRIDA, Anda akan sangat siap untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja, baik bekerja di perusahaan orang ataupun mendirikan perusahaan milik sendiri.

6.      Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau UNHAS juga termasuk dalam kampus yang ada jurusan
manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Jurusan manajemen di UNHAS pada awalnya bernama jurusan ketatalaksanaan perusahaan yang bernaung di bawah fakultas Ekonomi. Di dalamnya terdapat banyak konsentrasi yang bisa mahasiswa pilih seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen umum, dan manajemen SDM.

Sekedar informasi, Universitas Hasanuddin atau UNHAS adalah salah satu PTN yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan dan sudah berdiri sejak tanggal 10 September 1956. Saat ini, Universitas Hasanuddin menempati area dengan luas mencapai 220 hektar. Tak hanya itu, Universitas Hasanuddin juga mempunyai ruang publik yang mendukung perkuliahan, seperti taman, lapangan sepak bola, danau, dan masih banyak lagi.

7.      Prasetiya Mulya Business School

Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

Prasetiya Mulya Business School juga termasuk kampus yang menyediakan jurusan
Manajemen dalam program S1 Bisnis. Nantinya para mahasiswa disiapkan menjadi seorang pengusaha terdidik. Mengingat jumlah wirausahawan yang ada di Indonesia masih termasuk dalam kategori belum ideal. Selama mengenyam pendidikan, mahasiswa akan mendapat mata kuliah berupa praktik dan teori.
Saat akhir perkuliahan, ada juga mata kuliah final project yang berupa proyek bisnis dan harus diambil. Prasetiya Mulya Business School ternyata berbeda dengan kampus lain, sebab ada nilai kepekaan sosial serta karakter kewirausahaan yang diberikan untuk para mahasiswa. Bukan itu saja, kreativitas mahasiswa juga akan diasah lewat latihan mengenali masalah serta mencari peluang bisnis supaya ide yang diterapkan mampu tepat sasaran.

8.      Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta masuk dalam kategori kampus yang ada jurusan
manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Universitas satu ini merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang mempunyai jurusan Manajemen Bisnis terbaik. Pasalnya program studi Manajemen Bisnis yang ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah mendapat akreditasi A secara resmi.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir atau ragu tentang kualitas pendidikan yang ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sekedar informasi, program studi Manajemen Bisnis yang tersedia di Universitas Atma Jaya bertekad untuk mengembangkan diri setiap mahasiswanya supaya siap menjadi seorang manajer atau wirausahawan dengan tingkat integritas yang tinggi. Oleh sebab itu, kampus satu ini cocok bagi orang yang berjiwa pebisnis.

9.      Universitas Andalas

Rekomendasi kampus terbaik dengan jurusan manajemen bisnis di Indonesia lainnya adalah Universitas Andalas. Bernaung di bawah Fakultas Ekonomi, jurusan manajemen bisnis yang ada di Universitas Andalas sudah mendapat akreditasi A. Jurusan tersebut mempunyai lima fokus pengajaran yakni Manajemen SDM, Kewirausahaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, dan Manajemen Keuangan.


Sebagai informasi tambahan, Universitas Andalas merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang berdiri di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas satu ini termasuk universitas tertua yang ada di luar Pulau Jawa dan dibuka secara resmi tepat tanggal 23 Desember 1955 silam. Jika melihat dari sejarah berdirinya, Universitas Andalas menjadi PTN pertama yang berdiri di Pulau Sumatera.

10.  Universitas Gadjah Mada


Universitas Gadjah Mada tentunya masuk ke dalam jajaran kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Bukan tanpa alasan, Universitas Gadjah Mada mempunyai banyak sekali prestasi yang sudah dicapai. Universitas satu ini mempunyai 69 program studi Sarjana dengan dua puluh satu program studi Vokasi atau dikenal dengan sebutan Sarjana Terapan.

Menjadi pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang inovatif dan unggul, UGM menyediakan program pendidikan mulai dari sarjana, sarjana terapan atau vokasi, doktor, magister, serta kelas internasional. Selain itu, sistem pembelajaran juga didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat lengkap, seperti gelanggang mahasiswa, perpustakaan pusat, rumah sakit, dan masih banyak lagi.

11.  Universitas Bina Nusantara- BINUS

Terakhir ada Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan sebutan BINUS
University. Ini menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia yang memiliki program studi Manajemen Bisnis. Pembelajaran dalam prodi Manajemen Bisnis di BINUS menawarkan kurikulum yang berkualitas dan membuat mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan akademiknya sesuai bakat dan minatnya.

Baca Juga: 10 Daftar Universitas yang Ada Jurusan Fotografi di Indonesia


Itulah pembahasan seputar apa saja kampus yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia untuk menjadi referensi calon mahasiswa. Dengan informasi tersebut, diharapkan Anda tak perlu bingung dalam mengambil keputusan.