Kingdom Protista dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Kingdom Protista dan Manfaatnya

Kingdom Protista dan Manfaatnya bagi Kehidupan – Di pembahasan kali ini, kita akan berkenalan lebih dalam tentang apa itu kingdom Protista ? Bagaimanakah ciri-ciri kingdom Protista ? Dan bagaimanakah peranannya dalam kehidupan ?

Nah, kata Protista itu sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu “protos” yang berarti pertama atau mula- mula, dan sitos artinya menyusun. Jadi, protista merupakan mikroorganisme yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Semua anggota kingdom ini masuk kedalam eukariotik yang artinya mikroorganisme yang memiliki inti sel yang jelas. Ia hidup bebas di air tawar dan bisa
juga menjadi parasit di jaringan makhluk hidup lain.

Kingdom Protista dan Manfaatnya

Kingdom protista digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu protozoa, protophyta, dan lumut air.
Berikut penjelasannya :

Protozoa yang menyerupai  hewan   bersel satu. Protista umumnya dapat bergerak bebas karena memiliki kaki, bulu cambuk, dan bulu getar.

Ciri-ciri dari protozoa yaitu:
1. Uniseluler dengan ukuran tubuh 10-200 µm.
2. Tidak memiliki dinding sel.
3. Hidup bebas dan bisa juga menjadi parasit bagi organisme lain.
4. Reproduksinya secara seksual atau aseksual.

Protophyta yang menyerupai  tumbuhan  (mayoritas algae  bersel satu . Protista adalah organism mirip tumbuhan uniseluler. Protista  ini tersebar secara luas di perairan seperti, lautan dan danau-danau.

Ciri-cirinya dari protophyta yaitu:
1. Bersifat eukariotik.
2. Tidak memiliki klorofil.
3. Dapat menghasilkan spora.
4. Bersifat heterotrof.

Oomycota (Jamur air) yang menyerupai  jamur. Protista ini secara fisik mirip dengan fungi, namun jamur air ini mempunyai sel tunggal yang berfilamen.

Ciri- ciri dari oomycota yaitu :
1. Uniseluler dengan ukuran tubuh 10-200 µm.
2. Tidak memiliki dinding sel.
3. Pada umumnya memiliki alat gerak.

Untuk mempertahankan keberadaannya, maka protista melakukan proses perkembangbiakan (reproduksi). Untuk prosesnya sendiri sebagian protista berkembang biak secara seksual (konjugasi), sementara lainnya secara  aseksual.

Kingdom Protista dan Manfaatnya
Kingdom Protista dan Manfaatnya

Manfaat Kingdom Protista Untuk Kehidupan Manusia

Untuk peran dari protista ini sendiri ada yang merugikan dan ada juga yang menguntungkan.
Berikut akan saya uraikan:

Manfaat yang Menguntungkan
Protista yang sebagian mirip dengan fungi dapat diadikan sebagai bahan makanan dan merupakan sumber protein sel tunggal yang mempunyai niai gizi tinggi. Alga juga berperan bahan obat-obatan, dan bahan dasar kosmetik. Selain itu, alga juga dapat dibudidayakan menjadi bahan dasar berbagai macam produk, seperti makanan dan bahan-bahan kosmetik.

Manfaat yang Merugikan
Pernahkah anda mengalami disentri? Disentri merupakan suatu penyakit dengan gejala buang air besar bercampur lender. Penyebabnya adalah Entamoeba dysentriae. Contoh lainnya, yaitu Entamoeba histolitica yang menyebabkan amebiasis. Phylum lainnya adalah Zoomastigophora. Anggota phylum ini umumnya pathogen. Contoh dari phylum Zoomastigophora adalah Trichomonas vaginalis yang menyebabkan penyakit kelamin pada wanita. Untuk tumbuhan sendiri ada phytum sebagai penyebab penyakit busuk pada kecambah. Ada pula plasmodium malariae yang memnyebabkan penyakit malaria kuartana.