Kingdom Plantae: Klasifikasi dan Manfaat Plantae

Mengenal Apa itu Plantae, Ciri Ciri, Serta Manfaatnya

Kingdom Plantae: Klasifikasi dan Manfaat Plantae – Dunia tumbuh-tumbuhan dikenal sebagai Kingdom Plantae. Tumbuhan merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang banyak dimanfaatkan oleh manusia yaitu untuk menambah vitamin dan gizi lewat makanan. Hewan pun bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi, tenaga, dan tempat tinggal.

Klasifikasi dan Manfaat Plantae

Dalam pengelompokannya, makhluk hidup apa saja sih yang tergolong sebagai tumbuhan?

Dunia tumbuhan (Plantae) mencakup semua organisme baik itu multiseluler, autotrop, dan juga fotosintetik. Tumbuhan hidup dengan menyesuaikan diri dengan kehidupan di darat, meskipun beberapa di antaranya juga hidup di air seperti teratai dan eceng gondok. Oleh karena itu, tumbuhan (Plantae) yang memiliki akar, batang dan daun sejati, memerlukan bahan-bahan seperti cahaya, CO2 , air, dan mineral untuk berkembang dan hidup.

Ciri Ciri Kingdom Plantae

Ciri dari kingdom plantae, yaitu:

a) Memiliki Klorofil yang berfungsi sebagai tempat terjadinya Proses Fotosintesis.
b) Bersifat Autotrof (Mampu membuat makanan sendiri) dengan bantuan dari Cahaya Sinar
Matahari.
c) Memiliki Sel Eukariotik dalam Proses Reproduksinya.
d) Bersifat Multiseluler.
e) Mampu menyimpan cadangan makanan dalam bentuk Pati (Amilum).
f) Mampu mengalami pergiliran keturunan dalam siklus kehidupannya.

Dunia tumbuhan dikelompokkan menjadi 2 macam. Yaitu, tumbuhan tidak berpembuluh) dan
tumbuhan berpembuluh.

Jenis Plantae

Seperti halnya kingdom Monera, Protista dan Jamur. Kingdom Plantae juga terbagi-bagi menjadi beberapa jenis yaitu:

Atracheophyta

Tumbuhan Atracheophyta adalah kelompok lumut, sedangkan kelompok Tracheophyta adalah kelompok paku- pakuan dan tumbuhan berbiji.

Bryophyta

Bryophyta atau(Tumbuhan Lumut). Tumbuhan ini biasanya ada pada tempat lembap seperti kolam, kamar mandi, dan hidup secara autotrof. Dan sebetulnya tumbuhan ini tidak memiliki akar, batang, maupun daun sejati. Mereka juga tidak memiliki jaringan xilem dan floem. Bryophyta terbagi menjadi tiga, yaitu: lumut daun, lumut tanduk, dan lumut hati.

Klasifikasi dan Manfaat Plantae
Klasifikasi dan Manfaat Plantae

Pteridophyta

Kamu mungkin pernah makan sayur pakis? Atau
malah suka? Pakis merupakan istilah lain untuk tumbuhan paku. Kelompok tumbuhan paku mempunyai organ sejati yang disertai dengan jaringan xilem dan floem pula. Tumbuhan paku terbagi menjadi empat, yaitu: paku kawat, paku ekor kuda, paku sejati dan paku purba.

Kelompok tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk manusia di antaranya, dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman padi, dijadikan tanaman hias, sayur-sayuran, dan
obat luka.

Spermatophyta

Spermatophyta atau(Tumbuhan Berbiji. Kelompok ini meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Tumbuhan ini memiliki arti penting bagi makhluk hidup lain yang ada di bumi. Kelompok tumbuhan ini juga memiliki struktur tubuh yang jelas seperti akar, batang, serta daun. Biji dari cikal bambuhan ini sendiri berasal dari bunga.

Kelompok ini terbagi mennjadi tumbuhan berbiji terbuka seperti tumbuhan melinjo, pakis haji dan pinus. Dan tumbuhan berbiji tertutup, contohnya tanaman tomat, singkong, jeruk bali, kapas, petai, jambu air, dan bunga matahari. Dan, Monokotil, contohnya tanaman padi, kelapa, jahe, nanas, dan anggrek bulan.

Manfaat Kingdom Plantae

Kingdom plantae sendiri memiliki banyak sekali manfaat baik bagi manusia atau makhluk hidup
lainnya. Untuk manusia sendiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang, pangan dan papan serta
obat-obatan. Tumbuhan juga mampu menyerap air sehingga dapat mencegah banjir, serta menjaga
kestabilan tanah yang berada di lereng gunung.

Begitupun bagi hewan, plantae juga bisa dijadikan makanan, dan juga tempat tinggal. Dengan banyaknya manfaat yang terkandung, alangkah baiknya jika kita terus menjaga dan melestarikan apapun jenis tumbuhannya.