Kingdom Animalia: Klasifikasi dan Peranan Animalia

Klasifikasi dan Peranan Animalia

Kingdom Animalia: Klasifikasi dan Peranan Animalia – Diantara kalian ada yang punya hewan peliharaan? Kucing, anjing, ikan, atau ayam? Kalian tau mereka masuk kedalam jenis hewan apa sih? Jika kalian ingin tahu lebih dalam, simak baik-baik artikel ini yaaa..

Kingdom animalia atau dunia hewan merupakan hewan organisme eukariotik yang sangat beragam jenisnya. Setiap hewan mencari makanannya sendiri agar mendapat energi dan bisa bertahan hidup. Proses tersebut membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, sama halnya dengan manusia.

Klasifikasi dan Peranan Animalia

Klasifikasi Animalia Berdasarkan Tulang

Secara garis besar, dunia hewan terdiri atas dua kelompok, yaitu Invertebrata (hewan tidak bertulang belakang) dan Vertebrata (hewan bertulang belakang).

Apasih bedanya kedua kelompok tersebut?

Jadi gini guys, letak perbedaanya yaitu hewan invertebrata itu lebih besar ukurannya, dan kebanyakan hewan vertebrata itu sudah memiliki anggota badan yang lengkap dan banyak.

Untuk kelompok Invertebrata yaitu molusca, porifera, Echinodermata Athropoda, dan vermes. Sedangkan hewan Vertebrata terdiri dari mamalia, ikan, aves, dan reptilian.

Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Ciri ciri dari kingdom animalia antara lain:

· Organisme multiseluler (banyak sel) atau uniseluler
· Memerlukan oksigen dan sangat bergerak aktif
· Bersifat heterotrof yaitu tidak dapat memproduksi makanan sendiri
· Proses reproduksi umumnya seksual, namun beberapa sebagian hewan juga
menggunakan proses reproduksi aseksual
· Ukuran bervariasi (mikro-makro besar)
· Tidak memiliki plastida dan klorofil
· Merupakan Makhluk eukariotik (inti ditutupi membran)

Klasifikasi dan Peranan Animalia
Klasifikasi dan Peranan Animalia

Klasifikasi Hewan Berdasarkan Sumber Makanan

Dari makanan yang dikonsumsi, hewan juga dikelompokkan menjadi beberapa ordo. Ada jenis hewan karnivora, hewan herbivora, dan hewan omnivora.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Hewan Karnivora

Karnivora merupakan hewan pemakan daging. Baik daging pemangsa, atau bangkai hewan lainnya. Karnivora terkesan bengis dan tidak memberi ampun kepada lawannya.

Hewan karnivora yang termasuk kedalam jenis hewan yang memiliki tulang belakang(vertebrata) yaitu singa, harimau, komodo, dan masih banyak lagi. Sedangkan yang termasuk kedalam invertebrate yaitu siput tanah, cumi-cumi, dan lain sebagainya.

Hewan Herbivora

Herbivora bisa diartikan sebagai konsumen utama dalam rantai makanan. Karena, hewan yang masuk kedalam jenis ini adalah hewan pemakan tumbuhan. Setiap hewan herbivora
sama-sama mengkonsumsi tumbuhan, namun dengan jenis makanan yang berbeda-beda antara herbivora satu dengan yang lainnya. Contohnya, ada beberapa hewan herbivora yang hanya mengkonsumsi daun saja, buah-buahan saja tanpa mengkonsumsi makanan
lain.

Hewan Omnivora

Yaitu jenis hewan pemakan segala, baik tumbuhan dan juga daging. Untuk jenis hewannya itu sendiri sangat beragam kelasnya, seprti mamalia, unggas, dan juga reptile.

Hewan mamalia yang termasuk omnivore yaitu tikus, babi, musang, tupai dll. Untuk unggas seperti ayam, gagak, dan masih banyak lagi. Untuk jenis reptile ada kura-kura dan kadal.

Manusia ternyata juga masuk ke dalam contoh jenis omnivora karena mengkonsumsi segala sumber makanan seperti tumbuhan dan hewan. Kepunahan beberapa jenis hewan, yang banyak diburu manusia dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu.

Karena itu, pola kehidupan manusia juga mempengaruhi pola ekosistem yang ada di alam. Itulah alasan kenapa kita harus tetap menjaga kelestariannya agar keseimbangan ekosistem dan juga sistem rantai makanan tetap terjaga.