Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Memutuskan Masuk Organisasi Mahasiswa di Kampus

masuk organisasi mahasiswa

Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Memutuskan Masuk Organisasi Mahasiswa di Kampus Seorang mahasiswa yang memutuskan bergabung dengan suatu organisasi biasanya ingin mendapatkan banyak pengalaman. Karena, dalam sebuah organisasi mahasiswa dapat mengasah kemampuan yang tidak ditemukan dalam kelas perkuliahan.

Selain itu, mahsiswa juga bisa menambah teman, belajar bertanggung jawab dan semakin mengasah jiwa kepemimpinan. Dengan menerapkan sederet tips masuk organisasi mahasiswa ini akan membantu anda mendapatkan organisasi yang sesuai keinginan.

Perlu diketahui agar jangan terlalu terburu-buru dalam memilih organisasi kampus. Karena, ada beberapa organisasi kampus yang malah akan mengajak anggota kearah yang kurang benar.

Seperti contoh sebuah organisasi yang sangat bertentangan dengan nilai kebangsaan. Sebaiknya pilih organisasi mahasiswa yang berpotensi menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan anda. Agar semakin jelas, mari simak sederet tips berikut ini.

Tips Masuk Organisasi Mahasiswa yang Penting Diketahui

Cari Organisasi yang Sesuai Keinginan

Ketika masuk dunia kuliah, aka nada banyak sekali organisasi yang anda temui. Mulai dari organisasi kerohanian, kepemimpinan, seni, dan masih banyak lagi. Banyaknya organisasi yang ada memang membuat bingung, namun sekarang saatnya anda mencari organisasi yang sesuai dengan minat dan keinginan.

Jangan pernah bergabung dengan organisasi hanya karena teman, karena nantinya yang anda dapatkan hanya sia-sia. Mulailah bergabung dengan organisasi yang sesuai dengan keinginan anda. Dengan begitu, proses perkuliahan berjalan baik dan kemampuan berorganisasi juga akan meningkat.

Bertanya pada Senior

Sebelum memilih organisasi, sebaiknya anda sedikit berani untuk bertanya pada mahasiswa lain atau yang sudah senior. Jangan terburu-buru dan cari tahu sebanyak mungkin tentang organisasi tersebut. Tanyakan mana saja organisasi yang sangat direkomendasikan di kampus.

Jika kebetulan minta anda sama dengan para senior, maka bisa langsung menanyakan lebih dalam lagi soal seluk beluk organisasi yang akan anda ikuti. Dengan begitu, peluang anda salah pilih organisasi juga akan semakin kecil. Selain itu, kesempatan mendapat organisasi paling baik di kampus juga akan semakin besar loh.

Jangan Ikut-ikutan Teman

Hampir semua perguruan tinggi mengharuskan setiap mahasiwa untuk bergabung dengan satu atau lebih organisasi kampus. Tentu saja hal tersebut bertujuan agar kemampuan mahasiswa semakin meningkat.

Akan tetapi, masih banyak sekali mahasiswa yang sering ikut-ikutan temannya bergabung dengan sebuah organisasi. Padahal, belum tentu semua cocok dan pas dengan organisasi tersebut. Alhasil, kemampuan non teknis tidak akan meningkat sama sekali.

Mengikuti Kegiatan Pameran Organisasi

Ketika menjadi calon mahasiswa baru, biasanya akan melewati yang Namanya masa orientasi siswa. Dimana dalam masa tersebut calon mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai organisasi dan kegiatan yang dilakukan organisasi tersebut. Istilah ekstrakurikuler mungkin tidak asing lagi karena sudah ada sejak zaman sekolah.

Dalam masa ini, anda akan mengetahui apa saja kegiatan organisasi dalam menarik minat para mahasiswa agar mau bergabung. Jika memang ada organisasi yang anda suka, bergabunglah dengan organisasi tersebut.

Pastikan Jadwal Organisasi Tidak Mengganggu Kuliah

Tips masuk organisasi mahasiswa yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa jadwal organisasi tidak akan menggangu kegiatan perkuliahan. Setelah mendapatkan organisasi yang sesuai minatmu, pastikan terlebih dahulu apa saja kegiatan dan jadwalnya.

Jangan sampai Ketika sudah bergabung, jadwal organisasi bertabrakan dengan kegiatan perkuliahan. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan, dimana anda tidak bisa focus pada salah satu bidang. Jadi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu semua jadwal setiap harinya yah sebelum memutuskan bergabung.