Materi Ekonomi: 4 Perbedaan Kemauan dan Keinginan

Perbedaan Kemauan dan Keinginan

Materi Ekonomi: 4 Perbedaan Kemauan dan Keinginan – Perbedaan kemauan dan keinginan seringkali diabaikan. Perbedaan kemauan dan keinginan seringkali diasumsikan sebagai sesuatu yang menggaanggu pencapaian impian. Setiap orang pasti mempunyai impian yang ingin dicapai dan terkadang pula ada banyak orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan impian tersebut.

Impian bisa membuat seseorang merasa bahagia. Karena tidak mudah mencapai impian, maka anda juga harus mengupayakannya dengan bekerja keras dan didukung dengan kemauan. Ketika anda mulai mencari tahu impian anda dalam karir dan pekerjaan, sebaiknya anda juga mengerti tentang perbedaan antara kemauan dan keinginan.

Anda harus mengerti dan mengetahui unsur-unsur pembentuk impian, kemauan dan keinginan sehingga anda tidak salah mengasumsikannya. Kemauan adalah janji kepada diri sendiri yang memberikan kekuatan sangat besar. Yaitu sebuah kekuatan yang dimiliki oleh setiap manusia. Kekuatan inilah yang membantunya menjadi seorang pemenang yang mengalahkan ego dan mendorong impiannya menjadi kenyataan.

Perbedaan kemauan dan keinginan tidak hanya didapat dari mendefinisikan masing-masing kata, tetapi juga memahami maknanya. Kemauan mempunyai makna mendalam dari arti sederhananya, yaitu ‘apa yang dimaui’.

Anda bisa menanggapi dan mengartikannya secara sederhana dan harfiah sesuai dengan kondisi anda. Karena, kemauan adalah kesungguhan, yaitu kesungguhan hati dalam mewujudkan impian melalui tindakan nyata secara konsisten. Karena sebenarnya kemauan berasal dari impian atau harapan yang ingin dijadikan nyata.

Impian itulah yang kemudian mampu mendorong anda untuk melakukan tindakan nyata. Dari situlah kita mengerti darimana ungkapan “jangan takut bermimpi” berasal. Tetapi yang perlu diingat adalah anda tidak boleh begitu saja terlena dengan berbagai macam impian yang anda miliki tanpa ada usaha untuk membuatnya menjadi nyata.

Perbedaan Kemauan dan Keinginan

Mimpi tidak akan membawa anda pada kesuksesan. Karena tanpa mempunyai kesungguhan hati atau kemauan kuat di dalam diri, impian anda tidak akan terwujud.

Perbedaan Kemauan dan Keinginan

4 perbedaan kemauan dan keinginan adalah:

1)      Ada kesungguhan hati dalam kemauan. Sebaliknya, hal ini tidak didapat pada keinginan.

2)      Ada tindakan nyata dalam kemauan. Sementara, keinginan yang ada hanya angan-angan semata.

3)      Kemauan menghasilkan pencapaian. Sementara keinginan tidak menghasilkan apa-apa karena tidak ada tindakan.

4)      Ada semangat optimal dalam kemauan. Sedangkan dalam keinginan tetap ada semangat tetapi tidak optimal.

Dari keempat perbedaan tersebut dapat kita simpulkan bahwa mempunyai mimpi memang suatu keharusan tetapi mewujudkannya juga perlu dilakukan. Setiap pribadi perlu mempunyai kesungguhan hati berupa kesanggupan melakukan tindakan secara gigih demi mencapai hasil yang diinginkan.

Perbedaan Kemauan dan Keinginan

Kesungguhan hati inilah yang membuat anda menjadi pribadi tangguh, siap menerima tantangan, pantang menyerah dan fokus pada tujuan yang diinginkan dengan melakukan tindakan nyata. Sedangkan keinginan adalah ketertarikan terhadap sesuatu tapi tidak diikuti oleh tindakan nyata. Itulah yang menyebabkan keinginan saja tidak cukup untuk meraih impian anda, wlaupun impian kecil.

Wujudkan impian anda dengan bekerja keras dan selalu mencari mimpi-mimpi baru untuk kemudian diusahakan pencapaiannya. Jadi, janganlah takut bermimpi. Teruslah bermimpi dan teruslah lakukan usaha yang optimal untuk mewujudkannya. Sekarang anda dapat mulai mengukur diri dan kemampuan anda sendiri, apakah anda termasuk orang yang banyak bermimpi tapi malas berusaha?

Ataukah anda merupakan orang yang selalu mempunyai mimpi dan berusaha menggapainya dengan berusaha keras? Manakah yang lebih dominan membentuk diri anda?

Mulai introspeksi diri dengan selalu melihat berapa impian anda yang sudah berhasil terwujud.