Beginilah Serunya Media Pendidikan Melalui Kartun

Media Pendidikan Melalui Kartun

Hakikat Pendidikan dan Inovasinya

Media Pendidikan Melalui Kartun – Pendidikan menjadi poin utama yang harus terus dikembangkan demi menunjang kehidupan yang baik. Pendidikan identik dengan proses pembelajaran yang baik dan benar. Proses pembelajaran bisa melalu apapun dan dari usia berapapun. Ketika masih bayi kita pasti sudah mulai diajarkan berbicara, berjalan dan lainnya agar kita bisa menjalankan kehidupan dengan baik.

Ketika menginjak masa sekolah, kita diajarkan membaca, menghitung dan lainnya agar bisa melanjutkan kepada kehidupan yang lebih baik, sampai pada akhirnya kita bisa belajar yang lebih luas lagi ketika sudah menginjak usia dewasa.


Inovasi pembelajaran dalam dunia pendidikan memang sudah banyak dilakukan. Mulai dari tradisional sampai modern sudah dilakukan, tinggal mencari yang cocok dan nyaman untuk kita jalani. Di dunia ada banyak orang yang berusaha mengajarkan kita dari sesatu yang tidak diketahui sama sekali maupun cara untuk menyelesaikan masalah. Salah satu dengan kartun. Mungkin sebagian orang menganggap kartun hanya untuk anak kecil atau kartun tidak lagi menjadi selera orang dewasa.

Media Pendidikan Melalui Kartun

Pada artikel kali ini, akan menjawab pertanyaan “Mengapa kartun bisa menjadi proses pembelajaran bagi semua umur?”.

Meskipun kartun sering dijadikan bahan hiburan namun belajar terus menerus akan membuat bosan sehingga perlunya hiburan, sedangkan hiburan dari kartun bisa membuat kita bukan hanya terhibur namun tetap belajar. Berikut adalah pilihan – pilihan media pendidikan melalui kartun yang mungkin cocok untuk kamu.

Komik

Media Pendidikan Melalui Kartun


Setiap negara memiliki perbedaan penyebutan komik. Seperti di jepang lebih dikenal sebagai manga. Komik ini identik dengan buku atau gambar di atas kertas. Komik memliki alur cerita yang panjang dan gambar yang cukup banyak. Serial komik bisa dijadikan sebagai bentuk pembelajaran dalam hidup kita karena dari alur cerita yang diberikan author ( penulis) berasal dari kehidupan baik itu nyata atau tidak.


Banyak orang tua yang menganggap komik tidak baik untuk anak – anak, namun seharusnya orang tua bisa memilihkan komik mana yang sesuai dengan usia anaknya termasuk usia remaja. Untuk dewasa mungkin bisa memilih komik yang sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami ataupun ilmu apa yang ingin dipelajari dari komik tersebut.


Menurut The Shrink Tank, ahli Psychotherapy manfaat membaca komik dapat menghilangkan stres, membuat imajinasi berkembang, dan membantu kesehatan fisik, mental dan emosi. Karena komik memberikan sensasi dari warna yang dapat membuat mata tidak bosan dan gambar yang dapat membuat pembacanya seperti tokoh didalamnya.

Serial TV

Media Pendidikan Melalui Kartun


Televisi dianggap menggnggu proses pembelajaran formal. Sehingga banyak orang tua melarang anaknya menonton tv. Menonton tv terlalu lama memang tidak baik, selama di dampingi orang tua ataupun dibatasi jam menontonnya akan lebih membantu proses pembelajaran dari televisi.Kartun yang ditayangkan ditelevisi memang lebih cenderung untuk anak – anak sehingga orang dewasa atau remaja menganggap ceritanya tidak sesuai dengan kehidupan dewasa.


Dikutip dari Firstcry Parenting, kartun pada serial tv dapat membantu pembelajaran dasar seperti warna, angka dan huruf. Untuk orang dewasa dapat menghibur namun juga membantu mengembangkan logika dan penalaran yang lebih simpel. Kartun juga dapat membantu melatih bahasa asing bagi anak – anak ataupun dewasa.

Film

Media Pendidikan Melalui Kartun


Jika tidak terlalu suka dengan banyaknya episode ataupun alur cerita yang berlarut – larut, film menjadi salah satu alternatif untuk belajar secara singkat. Film menyediakan alur cerita yang bisa langsung ditamatkan dalam satu hari. Untuk proses pembelajaran film dapat membantu pada proses bahasa dan latihan berbicara. Film kartun atau sering dikenal dengan film animasi merupakan gambar kartun yang bergerak.


Sama halnya dengan serial di televisi, namun film bisa di akses di tempat yang dapat memberikan suasana baru seperti, bioskop atau di tempat rekreasi. Sehingga anak – anak dapt merasakan suasana yang baru yang lebih menyenangkan daripada dirumah. Bagi orang dewasa film kartun dapat membatu penalaran yang lebih simpel dan juga mengurangi stres. Selain waktu yang singkat, film kartun dapat membantu orang dewasa meningkatkan kreativitas yang dapat menunjang pekerjaan atau permasalahannya melalui animasi yang ringan.


Kesimpulan dari artikel diatas, kartun memiliki manfaat dan cara tersendiri untuk pendidikan, hanya saja perlu pemilihan yang sesuai untuk kebutuhan kita masing – masing. Untuk anak – anak pelu pendampingan orang tua seperti pemantauan, pemilihan ataupun membantu aktif melalu pilihan kartunnya. Untuk orang dewasa, kartun dapat mengurangi tingkat stres dari permasalahan yang rumit, dan juga hiburan sekaligus kreativitas pemikiran yang lebih sederhana.