Menjadi Freelance : Dimana dan Skill Apa yang Dibutuhkan ?

Jenis pekerjaan di era milenial menjadi bermacam-macam, dari seorang yang bekerja di kantor sendiri, perusahaan orang lain ataupun menjadi seorang freelance.

Semua jenis pekerjaan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap orang memiliki pilihan masing-masing ingin bekerja dimana. Pekerjaan yang saat ini banyak diinginkan oleh anak-anak muda adalah menjadi freelance.

Apa itu freelance ? Freelance disebut juga sebagai pekerja lepas.

Sebuah pekerjaan yang tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan atau perorangan pemberi kerja.

Berbeda dengan bekerja di perusahaan yang menuntut kita untuk mematuhi semua aturan-aturan dari waktu, gaji sampai ketrampilan yang harus dimiliki, menjadi seorang freelance adalah pekerjaan suka-suka. Karena ketrampilan atau skill disesuaikan dengan yang kita kuasai.

Gaji pun bisa dinego sampai terjadi kesepakatan antara pemberi dan penerima kerja, sedangkan waktunya sangat fleksibel artinya tidak terikat jam kantor hanya saja harus disesuaikan dengan deadline pengumpulan.

Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi Freelance ?

1. Menulis

Menulis merupakan jasa freelance yang paling dicari. Dari kemampuan menulis ini bisa kamu gunakan untuk bekerja secara freelance terkait bidang kepenulisan.

Menulis sendiri bisa memiliki banyak cabang, contohnya saja menjadi content writer, copywriter, penulis novel, naskah dan lain-lain. Tinggal menyesuaikan dengan kamampuan yang kamu miliki.

Freelance jenis ini biasanya digaji tergantung kesepakatan bersama, bisa tiap artikel atau tiap bulan maksimal berapa puluh artikel.

2. Data Entry

Di era sekarang ini, banyak sekali pekerjaan freelance sebagai data entry. 

Sesuai namanya, pekerjaan data entry adalah memasukkan data ke dalam form online yang sudah disediakan oleh pemberi kerja. Tugas freelancer hanya menginput data yang sudah diberikan.

Cukup mudah bukan, hanya saja gaji yang ditawarkan untuk jenis pekerjaan ini sedikit kecil karena pekerjaannya juga tergolong sangat mudah.

3. Content Creator

Banyak perusahaan yang membutuhkan content creator untuk menaikkan nama perusahaannya sekaligus memperkenalkan produk-produk perusahaan tersebut. Untuk itulah mereka sangat membutuhkan content creator, apalagi media sosial adalah tempat yang sangat populer akhir-akhir ini.

Content creator bisa bermacam-macam platform, bisa untuk youtube, instagram bahkan sekarang merambah ke tiktok.

4. Jasa Design

Skill atau ketrampilan yang tidak akan pernah luntur oleh masa adalah design, dari design gambar sampai kemampuan design video masih sangat dibutuhkan dan paling banyak dicari.

Untuk bisa mengambil job ini, kamu harus memiliki skill mengenai editing gambar dan video. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu pelajari, seperti photoshop, adobe premier, movie maker, canva dn lain-lain.

5. Web Development atau Progammer

Di era 4.0 sekarang ini yang semua akses menggunakan perangkat digital, tentu kita harus bisa menggunakan digital dengan baik. 

Menjadi programmer adalah pekerjaan yang saat ini diagung-agungkan. Pasalnya, semua perusahaan dan semua lini kehidupan menggunakan basis data komputer, artinya hal ini hanya bisa dikerjakan oleh seorang progammer.

Progammer sendiri masih diklasifikasikan menjadi banyak pekerjaan, seperti frontend web, backend web, full stack web, progammer android, progammer web dan masih banyak yang lainnya.

6. Jasa Fotografi

Bagi kalian yang memiliki passion menjadi fotografer, pekerjaan frelance adalah cocok untuk dilakukan.

Kalian hanya perlu melakukan sesi foto untuk pemberi kerja atau bisa juga menjual hasil foto-foto terbaik kalian di platform online yang berbayar.

Selain itu, kalian juga bisa mendirikan usaha foto studio sendiri di rumah kalian tanpa harus capek-capek keluar rumah berpanas-panasan. Hanya dibutuhkan dekorasi yang cantik dan menawan.

Diatas adalah beberapa pekerjaan freelance yang banyak diminati oleh orang-orang.

Dimanakah kita bisa melamar freelance, jika membuka jasa sendiri di sosial media atau menawarkan door to door sangatlah tidak mungkin, selain tidak efisien hal itu hanya akan memakan waktu yang lama.

Saat ini sudah banyak platform yang dapat menampung ketrampilan para freelance, yaitu :

  1. Freelancer Indonesia
  2. 99Designs
  3. Upwork
  4. Projects.co.id
  5. Fastwork.id
  6. Fiverr
  7. Writer access 
  8. Sribulancer

Nah kamu bisa menggunakan platform mana saja disesuaikan dengan kenyamananmu dan ketrampilan yang kamu kuasai.

Jika ingin menjadi freelance, jangan lupa untuk tetap meningkatkan skill yang ada, karena jaman akan selalu berubah. Hanya saja, kekurangan menjadi freelance adalah kamu tidak bisa menikmati pekerjaan di kantor.