Tips Menjadi Pelajar yang Berprestasi Tinggi Di Masa Sekolah

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Tips Menjadi Pelajar yang Berprestasi Tinggi Di Sekolah –  Prestasi adalah sesuatu yang dicapai seseorang melalui luapan kemampuan dan bakat yang dimiliki individu atau kelompok untuk bisa memenangkan sebuah perlombaan.

Prestasi Akademik dan Nonakademik

Setiap individu pasti menginginkan adanya banyak prestasi di masa sekolah dalam diri mereka dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang ingin berprestasi untuk dikenal orang lain, dipuji, maupun dihargai usaha dan kemampuannya. Prestasi dalam dunia pendidikan terbagi menjadi dua jenis yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Prestasi akademik berkaitan dengan usaha belajar di kelas seperti rangking 1, hasil ujian 100, dan lainnya. Sedangkan prestasi non akademik terkait dengan prestasi yang didapat di luar kelas, bisa melalui ekstrakurikuler ataupun event individu di luar sekolah seperti Juara olimpiade, juara basket, maupun debat.

Sungguh menyenangkan bisa mendapatkan prestasi dan bisa mengharumkan nama sekolah menjadi impian banyak pelajar di Indonesia. Apalagi hadiah yang didapat ketika memenangkan perlombaan sungguh menggiurkan dan bisa menjadi tabungan pelajar untuk masa depan. Sertifikatnya juga bermanfaat dalam melanjutkan ke jenjang berikutnya atau memperoleh beasiswa.

Hindari Rasa Malas

Kalian pasti sadar untuk bisa berprestasi itu sulit karena kita perlu punya komitmen kuat dalam diri dan tidak takut gagal apalagi malas. Malas adalah salah satu penyakit yang membuat pelajar tidak bisa meraih keberhasilan. Jika, perasaan malas mulai mengerogoti dan meresap dalam diri maka sudah dipastikan sangat sulit untuk mengubah hal tersebut bahkan semakin memberikan perasaan bahwa mencoba hanya membuat lelah karena adanya keyakinan kalah sebelum beraksi.

Sebenarnya, pandangan tersebut yang bikin banyak orang gagal dalam lomba. Mereka pasimis dengan kemampuannya dan tidak percaya dengan usaha yang dilakukan. Padahal penting untuk memiliki kepercayaan dalam diri dan usaha untuk memberikan yang terbaik terhadap setiap hal yang diikuti.

Kita juga perlu mengabaikan pandangan buruk orang lain tetapi dapat menyaring hal-hal yang membangun pada diri dan membuat kita dapat intropeksi terhadap kesalahan-kesalahan yang tidak disadari.

Tips Menjadi Pelajar yang Berprestasi di Masa Sekolah

Berikut tips menjadi pelajar berprestasi :

1. Motivasi

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Ini adalah langkah awal untuk menjadi pelajar berprestasi, kalian harus punya dorongan kuat dari dalam diri atau pengaruh orang lain tentang keinginan yang dicapai. Kalian suka jalan-jalan keliling Indonesia atau dunia, ingin dapat uang banyak, ingin populer di sekolah, dan dapat beasiswa. Semua itu bisa dijadikan motivasi untuk bergerak maju melalui keikutsertaan dalam lomba yang diselenggarakan oleh kementerian, perusahaan, maupun sekolah.

2. Niat

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Setelah ada motivasi, kalian perlu niat. Niat erat kaitannya dengan keinginan kuat dalam diri manusia. Dengan adanya dorongan motivasi maka terbentuklah niat untuk mencoba mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan dengan serius.

3. Ikhtiar

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Langkah ketiga, berusahalah mencari info-info terkait lomba baik itu di sosial media, koran, maupun info dari sekolah. Tidak ada salahnya kita mencari tahu sendiri dan tidak menunggu info dari orang lain. Kemudian, setelah menemukan lomba yang ingin diikuti mulailah belajar sungguh-sungguh dan tekuni tiap hari agar memperoleh hasil maksimal karena ada pepatah yang mengatakan bahwa usaha tidak akan mengkhianati proses dan hasil.

4. Selalu Mencoba

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Untuk mencapai keberhasilan dalam lomba tidak selalu mulus memperoleh kemenangan, pasti adakalanya kalah. Maka dari itu jangan berhenti mencoba dan teruslah mengikuti lomba-lomba yang ada untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bersyukur

Menjadi Pelajar yang Berprestasi

Yang terakhir, setelah memperoleh kemenangan hendaknya bersyukur dan jauhi rasa tidak puas dalam diri apalagi ria dan jemawa terhadap kemenangan yang diperoleh. Karena dengan bersyukur kita akan mendapat pencerahan untuk senantiasa menerima hasil yang ada melalui usaha dan doa kita selama ini.

Akhirnya, dengan mendapatkan banyak prestasi di sekolah, hidup terasa lebih bewarna dan dipenuhi dengan banyak hal positif yang membantu kita untuk menjadi karakter disiplin, peka terhadap lingkungan sekitar, serta bisa membagi waktu dengan baik antara tugas sekolah dan deadline lomba. Maka dari itu, ayo berubah dan jadilah yang terbaik di sekolah.