Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA, Wajib Diketahui

pendaftaran CPNS 2023

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA, Wajib Diketahui – Peluang para lulusan SMA untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil terbuka dalam pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA. Tak lulusan D4 atau S1, lulusan SMA juga mendapatkan kesempatan untuk mendaftar pada formasi tertentu. Meski kemungkinan pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada awal tahun depan, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mempersiapkan diri dari sekarang.

Jika dilihat dari pembukaan pendaftaran CPNS tahun-tahun sebelumnya, terdapat sejumlah instansi yang hampir selalu membutuhkan formasi lulusan SMA atau sederajat. Kebiasaan tersebut mungkin bisa menjadi acuan Anda untuk mempersiapkan diri.

Formasi Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut formasi CPNS 2022/2023 lulusan SMA dan sederajat.

Kementerian Perhubungan

Pada pendaftaran CPNS sebelumnya, Kementian Perhubungan membuka formasi bagi lulusan SMK dengan jurusan mesin otomotif. Lulusan SMK jurusan mesin otomotif dibutuhkan untuk mengisi jabatan penguji kendaraan bermotor. Ada kemungkinan pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA Kementrian Perhubungan dibuka kembali.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Pada beberapa kesempatan, Kemenkumham juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk mendaftar CPNS. Posisi sebagai penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian membutuhkan sekitar 3.876 formasi yang ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia.

Program Percepatan Pembangunan Derah Tertinggal

Beberapa daerah masuk dalam terget percepatan pembangunan dan akan banyak menerima CPNS bagi lulusan SMA atau SMK. Namun, hingga saat ini belum ada informasi valid yang menyatakan kabupaten atau kota mana saja yang membutuhkan formasi tersebut.

Kejaksaan

Instansi Pemerintahan lain yang sering membuka formasi bagi lulusan SMA adalah Kejaksaan. Misalnya pada tahun 2021 silam Instansi ini membutuhkan 900 lulusan SMA dan sederajat, untuk mengisi jabatan sebagai pengadministrasian penanganan perkara sertaa pengawal tahanan atau narapidana.

Masih ada kemungkinan formasi lain baik dari Instansi daerah maupun pusat yang memberikan kesempatan bagi para lulusan SMA sederajat. Data diatas merupakan formasi lulusan SMA pada tahun-tahun sebelumnya. Sementara pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA belum diumumkan secara resmi. Meski begitu, data di atas dapat menjadi bahan referensi bagi Anda yang merupakan lulusan SMA untuk bersiap lebih dini.

Tips Lolos Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA

Kategori serta persentase peserta CPNS pada setiap tahunnya akan berbeda. Ini terjadi karena keadaan serta motivasi yang berbeda. Meski begitu, hal yang selalu dapat dipastikan adalah tes CPNS akan selalu tinggi peminatnya. Oleh karenanya, dibutuhkan persiapan yang matang untuk bisa melewati seleksi CPNS.

Update Informasi Mengenai pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA

Mulai dari jadwal pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA hingga informasi lainnya dapat Anda temukan pada situs resmi instansi terkait atau Badan Kepegawaian Negara (BKN). Anda wajib mencatat jadwal penting hingga alur pendaftaran agar tak melewatkan masa registrasi.

Salah satu persyaratan dalam pendaftaran CPNS adalah Anda harus melewati seleksi administrasi. Pada tahapan ini penting bagi Anda untuk menyiapkan kelengkapan semua dokumen. Ada banyak berkas yang perlu disiapkan ketika Anda mendaftar tes CPNS.

Beberapa berkas juga membutuhkan waktu pengurusan yang tak singkat apabila terjadi ketidaksesuaian. Nah, agar Anda tak panik nantinya, ada baiknya untuk menyiapkannya dari sekarang.

Rajin Latihan Soal-Soal CPNS

pendaftaran CPNS 2023

Mempelajari latihan soal-soal CPNS dari tahun – tahun sebelumnya akan membantu Anda menganalisis jenis-jenis soal yang biasa diberikan. Dengan hal itu Anda dapat melakukan prediksi dan mendapatkan gambaran soal  tes pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, terdapat materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Intelegensia Umum (TIU) serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Mengikuti Bimbel

pendaftaran CPNS 2023

Jika merasa kesulitan ketika belajar sendirian, Anda memiliki opsi untuk mendapatkan bantuan dari bimbingan belajar. Beberapa bimbel menyediakan program khusus persiapan  pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA.

Pilihlah bimbel yang menawarkan metode yang cocok untuk Anda. Belajar bersama bimbel akan memudahkan Anda dalam mengatasi permasalahan yang tak Anda pahami. Bimbel juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mungkin merasa bosan menjalani persiapan yang lama. Tutor bimbel biasanya merupakan orang yang telah mampu lolos tes CPNS sebelumnya. Meraka memiliki pengalaman yang Anda butuhkan untuk membantu Anda.

Memperhatikan Passing Grade ‍

pendaftaran CPNS 2023

Untuk dapat lolos dalam tes pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA Anda harus dapat melewati passing grade yang telah ditetapkan. Jadi Anda harus memperhatikan passing grade dengan seksama. Pada pelaksanaan CPNS tahun 2021, ketetapan passing grade untuk formasi umum adalah sebesar 65 bagi TWK, 80 bagi TIU, dan 166 bagi TKP.

Perhatikan Syarat Khusus

pendaftaran CPNS 2023

Tips lolos pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA berikutnya adalah teliti dalam memenuhi berbagai syarat khusus. Beberapa instansi pemerintahan mungkin akan memberikan beberapa persyaratan khusus pada para lulusan SMA sederajat.

Contohnya seperti ketrampilan dalam bidang komputer, ketrampilan berbahasa asing, dan jug batas nilai ujian atau rapor. Jadi kemungkinan akan ada perbedaan persyaratan pada setiap instansi yang membuka pendaftaran CPNS.

Pilih Formasi dengan Peluang Lebih Besar

Dalam pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA, memilih formasi yang menawarkan peluang lebih besar bisa menjadi salah satu tips lainnya. Biasanya, formasi yang dibuka di daerah tertentu akan lebih sedikit peminatnya apabila dibandingkan dengan formasi pusat. Jadi, Anda harus teliti dan cermat dalam memilih formasi yang dibuka.

Yakin dengan Kemampuan Diri

Satu hal lain yang perlu Anda tekankan adalah memiliki keyakinan penuh atas kemampuan diri Anda. Ini akan memberikan rasa percaya diri yang penting ketika melakukan tes CPNS. Rasa percaya diri akan membuat Anda fokus pada target yang ingin Anda capai.

Agar peluang lolos pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA semakin besar, selain percaya diri Anda juga harus belajar disiplin. Buatlah manajemen waktu yang tepat mulai dari sekarang. Anda harus bisa membagi waktu untuk belajar dan kegiatan lainnya.

Jaga Kesehatan

pendaftaran CPNS 2023

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA Anda harus mulai mempersiapkan kesehatan dengan baik. Terlalu fokus belajar latihan soal tanpa memperhatikan kesehatan adalah kesalahan.

Kesehatan adalah salah satu faktor utama sama seperti belajar dan hal lain. Kesehatan penting dijaga agar ketika mengikuti rangkaian tes CPNS, Anda dalam keadaan prima. Karena jika Anda sakit, tentu Anda tak akan bisa menjalani tes dengan maksimal.

Berdoa

Tips terakhir dan yang paling penting adalah selalu berdoa dengan ikhlas. Rajin berdoa sesuai agama dan kepercayaan Anda akan membuat pikiran menjadi tenang. Keikhlasan dalam menerima hasil seleksi juga merupakan hal penting.

Itulah rangkuman informasi tentang pendaftaran CPNS 2023 lulusan SMA. Pada dasarnya, Anda harus mempersiapkan diri Anda mulai dari sekarang. Selain cermat dalam memilih formasi, faktor penting lain termasuk manajemen waktu, kelengkapan berkas, hingga kesehatan Anda bisa jadi akan sangat menentukan.