Pengertian Ilmu Biologi, Klasifikasi dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Dengan semakin luasnya cakupan ilmu biologi, tahukah kamu bahwa sekarang ini biologi dibagi menjadi berbagai macam cabang yang diklasifikasikan berdasarkan objek kajian dari masing-masing cabang ilmu tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh, apa saja objek yang dikaji dalam ilmu biologi ? Bagaimana biologi dikembangkan ? Apa manfaat dan bahayanya ? Simak artikel ini !

Biologi Sebagai Ilmu

Secara bahasa biologi memiliki arti bios yaitu kehidupan dan logos yaitu ilmu. Jadi, biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Objek kajian biologi sangat luas,dari tingkat terkecil hingga sangat luas.

Ilmu biologi bersifat objektif, aktual, dan tidak asal-asalan.

Menurut Wikipedia biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran dan taksonominya. Seseorang yang ahli dalam bidang biologi disebut  biologiwan atau biolog.

Objek kajian biologi

Objek atau kajian dalam biologi telah diklasifikasikan menjadi 5 Kingdom yaitu animalia, plantae, fungi, protista, dan monera. Selain lima kingdom tersebut ada satu objek lain yaitu Virus. Mengapa virus dipisahkan dari kingdom? Karena tubuh virus tidak tersusun oleh sel melainkan oleh asam nukleat, yang diselubungi oleh protein dan belum dapat dikatakan sebagai sel. Sedangkan kelima kingdom tubuhnya sudah berupa sel dan tersusun atas banyak sel.

Ilustrasi Sel Tubuh Manusia

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa struktur pembentuk sel adalah molekul dan sel-sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama disebut jaringan.  Jaringan berkelompok dengan jaringan lain untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ, organ berkelompok dengan organ lain membentuk sistem organ, dan sistem organ-sistem organ berkelompok membentuk individu (organisme).

Manfaat Biologi

Ada banyak manfaat mempelajari biologi baik untuk siswa, guru, ahli bahkan masyarakat secara umum. Karenanya ilmu biologi sangat penting untuk dipelajari dan manfaatnya pun bisa dirasakan oleh semua orang.

Dirangkum dari berbagai sumber dan fakta yang ada, berikut beberapa manfaat biologi:

1) Manfaat dibidang pertanian
Dengan adanya biologi maka bidang pertanian mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen. Dengan adanya rekayasa genetika petani juga bisa menghasilkan tanaman yang memiliki sifat unggul dan menghasilkan tanaman baru yang berkualitas serta dapat memberantas hama yang dapat merusak tanaman.

2) Manfaat dibidang industri
Manfaat ilmu biologi dalam bidang industri misalnya kita bisa mengetahui jenis hewan dan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan-bahan industri.

3) Manfaat dibidang kedokteran
Penelitian biologi dalam bidang kedokteran dan kesehatan telah memberikan sumbangan yang berarti dalam upaya mengobati berbagai penyakit dan dapat mengurangi berkembangnya wabah penyakit. Serta, ditemukannya antibiotik yang berasal dari jamur serta ditemukannya vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mengenal Cabang Biologi

Ilmu biologi di diklasifikasikan menjadi beberapa cabang, ingin tahu apa saja?

1. Botani
yaitu ilmu yang mempelajari segala hal tentang tumbuhan, contohnya reproduksi tumbuhan, interaksi tumbuhan dengan lingkungan, segala karakteristik tumbuhan, dan sebagainya.

2. Zoologi
Zoologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari segala hal tentang hewan dari reproduksi hewan, habitat hewan, interaksi hewan, aktivitas hewan bahkan berkaitan dengan struktur tubuh hewan.

3. Mikologi
Yaitu ilmu yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan jamur atau fungi yaitu berkaitan dengan sifatnya, jenis-jenisnya, klasifikasinya sampai cara budidaya jamur yang benar.

4. Embriologi
Yaitu ilmu mempelajari perkembangan suatu organisme dari mulai zigot, remaja, dewasa dan yang hingga manula.

5. Ekologi
Yaitu ilmu biologi yang mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk yang hidup lain serta makhluk hidup dengan lingkungannya.

6. Mikrobiologi
Yaitu ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan mikroorganisme yang
berukuran mikroskopis.

7. Taksonomi
Yaitu ilmu mempelajari pengelompokkan makhluk hidup.

8. Genetika Merupakan ilmu biologi yang berkaitan dengan salah satu zat di dalam sel yang berperan untuk mengatur pewarisan sifat dari induk pada keturunannya yaitu DNA dan RNA.

Banyak sekali yang bisa kita pelajari dalam ilmu biologi, tentunya ilmu biologi adalah ilmu yang sangat bermanfaat. Dengan adanya ilmu biologi, manusia dapat melindungi dirinya dengan baik dan dapat melindungi alam serta dapat menyeimbangkan antara keduanya: manusia dan alam.

Baca Juga:

Pengertian Korosi dan Faktor Penyebabnya !

Penerapan Sifat Koligatif Larutan pada Kehidupan Sehari-hari