Pengertian dan Perbedaan TOEFL IBT dan IELTS

toefl ibt ielts

Pengertian dan Perbedaan TOEFL IBT dan IELTS – Di jaman modern sekarang ini, kita di tuntut harus cakap dalam berkomunikasi. Baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan meningkatkan taraf hidup serta untuk memudahkan menyampaikan inspirasi yang ada dalam pikiran kita. Penyampaian tutur kata yang baik akan membuat kita tidak dipandang sebelah mata.

Bukan hanya bahasa baku atau bahasa Indonesia, kita pun di tuntut untuk pandai berkomunikasi dengan bahasa asing. Apalagi jika kita bekerja pada perusahaan di taraf internasional, maka kita wajib untuk bisa berbahasa asing. Hal ini tidak lain untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan kolega dari berbagai negara. Nah, berbicara bahasa asing, kita pasti pernah mendengar istilah tes Toefl dan Ielts. Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Perbedaan TOEFL IBT dan IELTS

Perbedaan TOEFL IBT dan IELTS
Perbedaan TOEFL IBT dan IELTS

Perbedaan Toefl Ibt dan Ielts terlihat pada penggunaan bahasanya. Kalau Toefl kerap menggunakan bahasa inggris ala Amerika sedangkan ielts kerap menggunakan bahasa inggris Britania Raya. Perbedaan tes Toefl Ibt Ielts tertera pada bentuk soal. Sejatinya pada tes keduanya kita akan menemukan beberapa jenis tes yang sama yaitu listening, speaking, writing dan reading.

Namun kita akan menemukan beberapa perbedaan mencolok dari keduanya.

Jenis Soal Ujian

Pada jenis listening tes Toefl kita akan menemukan beberapa soal pilihan ganda. Sedangkan pada Ielts kita menemukan bentuk soal isian singkat. Terkadang ada soal pilihan ganda namun sangat minim. Pada jenis tes reading, Toefl juga mengedepankan soal pilihan ganda, sedangkan ielts mengedepankan pola pikir dan jarang sekali muncul soal pilihan ganda. Pada jenis speaking, toefl berbicara dengan komputer sedangkan ielts berbicara dengan native speaker.

Perbedaan Teofl Ibt dan Ielts memiliki tingkat kesusahan masing-masing. Pada Toefl akan sedikit mudah karena hanya akan dihadapkan pada soal pilihan ganda. Sedangkan pada ielts, peserta benar-benar di uji skill bahasa Inggrisnya. Tingkat kesulitan akan dirasakan oleh peserta masing-masing, karena memang tergantung pada skill yang dimilikinya. Oleh sebab itu, peserta yang memang baru belajar akan memilih Toefl.

Tentu saja peserta akan mencari tahu terlebih dahulu tingkat kesulitan dari masing-masing tes. Dengan begitu akan memudahkan calon peserta untuk memilih tes yang mana untuk di ikuti.

Perbedaan mencolok dari soal ujian serta tingkat kesulitan menjadi acuan bagi calon peserta. Karena peserta tidak akan langsung memilih tanpa mengetahui kemampuan dirinya sendiri. Karena kemampuannya menentukan tingkat kesulitan dari masing-masing tes di atas.

Rentang Nilai

Perbedaan Toefl Ibt Ielts juga dirasakan pada keuntungan yang kita dapat dari masing-masing tes. Dari segi harga, Toefl bisa dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan ielts. Pada segi nilai, ielts menghadirkan nilai dari 0 hingga nilai 9. Jadi untuk jenis ielts bisa dikatakan nilai tertingginya yaitu 9. Sedangkan pada teofl ibt nilainya kisaran 0 hingga 120. Dan nilai tertingginya yaitu 120.

Kita dapat mengambil kesimpulan dari keduanya. Jika kita lebih menyukai soal yang terkesan aktif, serta suka berbicara langsung dengan orang one by one. Kita bisa memilih ielts. Sedangkan jika kita lebih suka pilihan ganda, sulit berinteraksi secara langsung  dan juga tidak terlalu menguasai kosa kata, maka disarankan untuk menggunakan jenis teofl ibt.

Perbedaan Toefl Ibt dan Ielts kerap menjadi perbandingan bagi kalangan calon peserta tes. Dengan mengetahui beberapa perbedaan di atas, semoga kita dapat memilih sesuai kemampuan serta kenyamanan masing-masing. Dengan begitu, hasil yang akan kita dapat akan sangat memuaskan.