Berikut Perbedaan UTBK dan SBMPTN, Jangan Sampai Salah Paham Ya!

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Berikut Perbedaan UTBK dan SBMPTN, Jangan Sampai Salah Paham Ya! – Tahun terus berganti dan serangkaian proses pendidikan terus berjalan. Hal ini juga amat sangat dirasakan oleh siswa kelas 12 di bangku SMA. Mereka harus bersiap-siap untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi.

Permasalahannya tes masuk perguruan tinggi terutama negeri memiliki prosedur tersendiri yang telah ditetapkan sebelumnya. Beberapa prosedur yang harus dilalui bukanlah hal yang mudah. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya jumlah siswa kelas 12 yang akan mengikuti tes sementara kuota yang tersedia lebih sedikit. Sehingga persaingan menjadi sangatlah ketat bagi setiap orang siswa yang akan mengikuti seleksi tersebut.

Beberapa bagian prosedur terdapat proses UTBK dan SBMPTN. Meskipun beberapa orang menganggap bahwa UTBK sama saja dengan SBMPTN namun sebenarnya terdapat perbedaan UTBK dan SBMPTN. Dan perbedaan tersebut cukup fatal dan harus dipahami oleh siswa kelas 12 atau calon mahasiswa yang akan mendaftarkan dirinya di perguruan tinggi negerti.

Hal ini agar mereka tidak kebingungan untuk melaksanakan serangkaian proses seleksi tersebut dan lebih siap saat ingin melakukan pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan UTBK dan SBMPTN secara jelas dan detail.

Penjelasan Mengenai UTBK

Sebelum membahas secara detail perbedaan UTBK dan SBMPTN, maka kita akan mengupas satu-satu terlebih dahulu dan akan dimulai dari UTBK. UTBK sebenarnya merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang memiliki makna suatu ujian atau tes seleksi yang bisa kamu ambil dengan tujuan masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jika dulu saat menempuh ujian kamu diharuskan untuk menggunakan lembar jawaban di kertas, kini sudah berbeda.

Dalam tes seleksi UTBK kamu melakukan ujian menggunakan komputer sehingga tidak perlu lagi kertas lembar jawaban dan pensil. Semua siswa kelas 12 atau calon mahasiswa menggunakan sistem ini mulai pada tahun 2019. Hal ini terjadi karena UTBK baru resmi pada tahun 2018. Peresmian ini dilakukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang bertanggungjawab untuk mengelola pendaftaran, penjadwalan ujian, hingga pengumuman hasil UTBK nanti.

Dalam pelaksanaan UTBK nantinya, kamu akan diberikan pilihan beberapa jenis golongan yang bisa kamu ambil. Terdapat pengelompokkan soal Saintek, Soshum, dan terakhir yaitu Campuran. Ketika kamu melakukan serangkaian tes UTBK maka kamu akan disuguhkan soal jenis Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA).

Namun pada tahun 2020 TPA dihapuskan karena menyesuaikan masa pandemi saat itu yang sedang berlangsung. Namun pada tahun 2021 jenis soal tetap kembali pada Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA). Selanjutnya kamu akan mendapatkan skor dari UTBK, kamu bisa menggunakan skor tersebut untuk mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Negeri. Apakah kamu sudah mulai bisa meraba perbedaan UTBK dan SBMPTN sekarang?

Penjelasan Mengenai SBMPTN

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yaitu sebuah rangkaian proses yang bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan nilai UTBK yang sudah pernah kamu peroleh sebelumnya. Nilai UTBK ini akan bisa kemudian kamu gunakan untuk mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Negeri. Disinilah terlihat dengan jelas perbedaan UTBK dan SBMPTN.

Sistem masuk Perguruan Tinggi Negeri ini diubah pada tahun 2019 dan berlangsung hingga saat ini. Jadi kamu harus melakukan tes pada serangkaian soal di UTBK kemudian tes itu akan kamu gunakan untuk mendaftar pada proses SBMPTN yaitu pemilihan Perguruan Tinggi Negeri yang sedang kamu incar. Saat proses inilah sekarang yang disebut dengan SBMPTN.

Jika dulu proses seleksi tes masuk dan pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri merupakan satu jalur yang sama, maka saat ini ternyata berbeda. Meskipun tampaknya dua proses ini yaitu perbedaan UTBK dan SBMPTN berdiri sendiri, namun ternyata tidak juga demikian. Jika dibandingkan proses masuk Perguruan Tinggi Negeri yang lainnya seperti SNMPTN dan Mandiri, UTBK dan SBMPTN berdiri dalam satu kesatuan rangkaian.

Jadi kamu tidak perlu bingung dengan istilah UTBK dan SBMPTN sebab untuk mendaftarkan diri pada SBMPTN kamu perlu memasukkan skor UTBK. Sehingga yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan tes UTBK lalu kemudian mendaftarkan diri pada UTBK.

Nah itu dia beberapa perbedaan UTBK dan SBMPTN yang terlihat dengan jelas. Meskipun terdapat perbedaan antar keduanya namun tetap saja antara UTBK dan SBMPTN saling berhubungan satu sama lain. Jadi kesimpulannya yaitu UTBK merupakan tes atau ujian yang akan kamu lakukan. Skor yang akan kamu dapatkan di UTBK kemudian bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan diri di SBMPTN.

Ternyata skor UTBK ini tidak harus selalu kamu daftarkan ke SBMPTN. Kamu bisa menggunakan hasil skor UTBK untuk mendaftarkan diri di Seleksi Mandiri (Kebijakan PTN masing-masing). Tidak hanya itu, bahkan kamu bisa mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi Swasta dengan hasil skor UTBK.