Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

pertukaran mahasiswa merdeka

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dibuka, Begini Cara PendaftarannyaPertukaran mahasiswa merdeka merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri antarpulau selama satu semester. Dimana dalam program ini mereka akan mendapatkan pengalaman kebhinekaan nusantara dan juga system alih kredit antarperguruan tinggi yang setara dengan 20 sks.

Dirjen Dikti Kemendikbudristek mengatakan bahwa program Pertukaran Mahasiswa Nusantara ini sudah dibuka untuk 20 ribu mahasiswa yang ada di Indonesia. Dengan adanya program ini juga akan mendorong mahasiswa Indoneaia untuk belajar di Perguruan Tinggi mitra.

Mahasiswa juga akan lebih mengenal berbagai kebudayaan dan juga semangat dalam membangun persahabatan di nusantara Indonesia. Misalnya, mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo bisa merasakan kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung.

Dimana mereka bisa menemukan sahabat baru, suasana perkuliahan yang baru, keluarga baru dan juga berkenalan dengan orang asli Bandung. Kemudian, program ini juga bisa membuat mahasiswa yang belum pernah pergi ke kota lain akhirnya bisa merasakannya.

Misalnya, mahasiswa Universitas Indonesia yang belum pernah pergi ke Merauke, dengan pertukaran pelajar ini, tentu saja dirinya bisa mengenal kebudayaan Merauke. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengetahui betapa hebatnya rumah atau istana rayap yang memiliki tinggi lebih dari 3 meter di Merauke.

Selain itu, para mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar ini juga akan mendapatkan bantuan dana transportasi, uang kuliah dan juga biaya hidup. Selain itu, pelaksanaannya juga sudah didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Syarat Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa :

  1. Mahasiswa S1 non-vokasi, aktif pada semester 3, 5, dan 7 dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia
  2. Memiliki IPK minimal 2,75 atau memiliki pengalaman presentasi nonakademik tingkat daerah/nasional/internasional yang dibuktikan dengan sejumlah dokumen
  3. Memiliki kemampuan dan peluang dalam mengembangkan penalaran, wawasan, berintegritas, kreatif dan juga infovatif
  4. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan juga nonakademik di Perguruan Tinggi
  5. Bersedia menaati semua ketentuan tertulis yang ada pada Buku Pedoman Operasional Baku (POB)
  6. Mendapatkan rekomendasi dari PTN asal dan mendapatkan izin dari orang tua/wali.

pertukaran mahasiswa merdeka

Modul Pembelajaran Pertukaran Mahasiswa

RPS

RPS sendiri biasanya terdiri dari deskripsi singkat tentang mata kuliah, tujuan, daftar tim dosen, silabus, jadwal, media pembelajaran, metode pembelajaran, daftar pustaka dan beberapa lainnya. Untuk dokumen RPS sendiri bisa diakses oleh peserta yang bersangkutan.

Materi Kuliah 14 Minggu

Untuk materi kuliahnys sendiri terdiri dari panduan pembelajaran modul, slide PPT, video tutorial, tugas-tugas, project, latihan, instruksi kerja mandiri, logbook dan lain sebagainya. Materinya sendiri berupa sebuah pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi Zoom, Google Meet atau aplikasi Video Call lainnya.

Tugas

Tugas dari peserta sendiri terdiri dari panduan ujian dan system penilaian, bank soal, soal UTS, UAS dan lain sebagainya. Untuk dokumen atau files sudah bisa diakses oleh para peserta pertukaran pelajar.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka sendiri terdiri dari text book digital, hand book digital, file diktat kuliah, jurnal digital, artikel ilmiah digital dan lain sebagainya. Dokumen daftar pustaka bisa diunduh oleh para peserta. Itulah tadi beberapa syarat dan pengetahuan penting tentang apa itu pertukaran mahasiswa merdeka.

Dengan begitu, para mahasiswa yang ingin mengikuti program pertukaran mahasiswa akan lebih paham bagaimana alur dan syarat yang dibutuhkan. Untuk para mahasiswa, jangan pernah malu bertanya jika belum mengerti dan tanyakan pada dosen di kampus yah.