Deretan Program Magang Kampus Merdeka untuk Mahasiswa

Program Magang Kampus Merdeka

Deretan Program Magang Kampus Merdeka untuk Mahasiswa – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah berkolaboriasi untuk memperluas ruang lingkup dan juga sasaran dalam program yang telah dilakukan oleh LPDP. Ada beberapa program magang kampus merdeka yang mungkin akan membantu mahasiswa. Dimaana adanya kolaboriasi ini akan semakin memperkuat tujuan bersama yang sudah sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia guna mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Ada beberapa program Kampus Meredeka yang sudah didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di tahun 2021 ini. Mulai dari Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (microcredentials), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan juga Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program ini akan dimulai pada bulan Agustus atau September tahun 2021 ini. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Program Magang Kampus Merdeka

Kampus Mengajar

Dalam program Kampus Mengajar, Kemendikud akan mengajak para mahasiswa untuk menjadi agen perubahan Pendidikan dengan cara mengajar di berbagai SMP yang sudah dipilih. Para mahasiswa juga akan membantu pembelajaran literasi dan numerasi untuk para pelajar SMP selama 1 semester yang bertujuan untuk meningkatkan skor Programme for International Student Assessment (PISA).

Mahasiswa yang bisa melakukan program ini adalah mahasiswa yang berasal dari universitas dan prodi dengan akreditasi minimal B, memiliki nilai IPK minimal 3.0 dan juga mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam hal mengajar atau berorganisasi. Bantuan dana yang akan didapatkan dalam program kampus mengajar ini berupa bantuan potongan UKT, bantuan biaya hidup dan akomodasi, dan juga biaya transportasi untuk ke sekolah tujuan.

Program Magang Kampus Merdeka

Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat

Untuk mengikuti program yang satu ini, para mahasiswa akan diberikan biaya hidup dan juga jaminan SKS. Namun, mahasiswa tersebut harus berhasil diterima magang di program dan organisasi kelas dunia yang sudah diakui oleh Kemendikbud selama 1 sampai 2 semester penuh. Selain itu, mahasiswa juga akan terlibat dalam berbagai pemecahan masalah/isu nyata, mendapatkan bimbingan secara full time, mendapatkan imersif dan juga sertifikat industry. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan mendapatkan uang saku dan biaya hidup selama magang yang disubsidikan oleh Kemendikbud.

Beasiswa Mobilitas Internasional

Program beasiswa mobilitas internasional Indonesia International Student Mobility Awards atau IISMA akan diberikan kepada para mahasiswa S1 yang sudah belajar 1 sampai 2 semester di Perguruan Tinggi luar negeri yang sudah dipilih. Para mahasiswa bisa memilih beberapa jenis kegiatan yang akan dilakukan. Mulai dari student exchanges yang akan dilakukan selama satu semester dengan jumlah 10 sampai 20 SKS, visiting student programme yang akan dilakukan selama satu semester dengan jumlah 10 hingga 20 SKS atau short courses yang dilakukan kurang dari satu semester dengan jumlah SKS yang terbilang variative.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program magang kampus Merdeka yang terakhir adalah pertukaran mahasiswa merdeka. Program yang satu ini akan memberikan beasiswa untuk para mahasiswa yang melakukan pertukaran ke Perguruan Tinggi lain di dalam negeri selama satu semester lamanya. Tujuan diadakannya pertukaran mahasiswa merdeka ini adalah untuk saling mengenal antara mahasiwa di satu daerah dengan daerah lainnya yang akan berguna untuk mempelajari keberagaman kebudayaan Indonesia. Selain itu, hal ini juga akan mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik dari mahasiswa tersebut.

Mahasiswa yang bisa melakukan program ini adalah mahasiswa yang berasal dari PTN atau PTS dan prodi yang sudah terakreditasi, mahasiswa yang sudah semester 3 sampai 8 dan mahasiswa yang memiliki IPK minimal 2,75. Bantuan yang akan didapatkan berupa bantuan potongan UKT, bantuan biaya hidup dan akomodasi, biaya transportasi dan juga bantuan asuransi kesehatan.