Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Berikut 5 Manfaatnya

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Berikut 5 Manfaatnya – Pertukan Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program kampus merdeka yang mana mahasiswa melakukan pertukaran perkuliahan selama satu semester dengan tujuan memberikan pengalaman terkait kebinekaan. Selain itu mahasiswa juga akan mendapat sistem alih kredit sebanyak 20 sks.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Tujuan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program pertukaran mahasiswa merdeka dibuat juga memiliki tujuan lain, diantaranya:

  1. Untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam hal kepemimpinan dan juga melatih skill pada mahasiswa agar dapat mudah berbaur dengan orang-orang memiliki latar belakang yang beragam. Hal ini sebagai upaya peningkatan sikap toleransi, persatuan dan juga nasionalisme.
  2.  Untuk memberikan pengalaman baru pada mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi lain dan juga untuk memperluaskan kompetensi.
  3. Memberikan pengalaman kebinekaan kepada mahasiswa dengan adanya berbagai kegiatan yang menggunakan modul nusantara.

Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program pertukaran mahasiswa merdeka ini juga di kabarkan mmebuka untuk 20.000 mahasiswa yang artinya mahasiswa di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk berpartisipasi pada program kampus merdeka ini. Juga, mahasiswa diharapkan untuk berpartisipasi, karena selain mendapat pengalaman dan wawasan baru akan ada banyak benefitnya jika mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini, diantaranya:

Bantuan Biaya akomodasi

Peserta program mahasiswa merdeka akan mendapat bantuan akomodasi untuk transportasi tiket pesawat (kelas ekonomi) ataupun tiken kereta dengan fasilitas kelas eksekutif.

Biaya tes covid atau rapid antigen

Peserta akan mendapatkan bantuan biaya untuk rapid antigen sebanyak 2 kali yaitu untuk pulang dan pergi. Bantuan biaya itu kurang lebih sekitar 250.000 per tes antigen.

Bantuan Uang Kulih Tunggal  (UKT)

Peserta juga akan medapat bantuan dana untuk potongan uang kuliah tunggal sebesar 2.400.000 rupiah, tapi akan ada ketentuan untuk bantuan UKT. Ketentuan UKT:

  • Jika biaya UKT lebih dari 2,4 juta maka akan mendapat bantuan sebsar 2,4 juta
  • Jika biaya ukt kurang dari 2,4 juta maka akan dibayarkan sesuai dengan total tagihan UKT.
  • Jika peserta adalah penerima beasiswa dari KIP maka tidak akan mendapat bantuan UKT.

Bantuan biaya hidup salama masa program

Peserta akan mendapat bantuan uang hidup sebesar 700 ribu per mahasiswa untuk setiap bulannya. Sedangkan untuk penerima beasiswa dari KIP dan lain-lain tidak akan menerima bantuan biaya hidup.

Bantuan paket data atau pulsa untuk peserta sebesar 800 ribu selama masa program atau satu semester

Bagaimana? Menarik bukan benefit yang di berikan jika mengikuti program pertukaran mahasiswa. Meskipun banyak jumlah mahasiswa yang dibutuhkan, kalian juga harus menyiapkan semua syaratnya agar bisa lolos untuk mengikuti program ini.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Syarat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Berikut syarat-syarat untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa:

  1. Merupakan mahasiswa dari program non vokasi, dan mahasiswa aktif yang berada di semester 3, 5, 7 baik dari perguruan tinggi negri maupun swasta yang ada di Indonesia.
  2. Mempiliki IPK sekurang – kurangnya 2,75  atau bisa juga dengan memberikan bukti pengalaman prestasi non akademik tingkat local/nasional/internasional.
  3. Mampu membuka peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan dan juga berintegritas secara kreatif dan inovatif.
  4. Peserta yang mendaftar tidak pernah memiliki daftar merah atau tidak pernah terkena sanksi akademik dan juga non akdemik pada perguruan tinggi asal.
  5. Bersedia dan mampu untuk menaati seluruh peraturan dan ketentuan tertulis yang ada pada buku POB(pedoman Operasional Baku) milik Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
  6. Memiliki surat rekomendasi dari Perguruan tinggi asal dan juga mendapatkan izin dari orang tua atau wali.