Tahapan Proses Seleksi Beasiswa LPDP Untuk S1

Beasiswa Dalam Negeri di Bulan September

Tahapan Proses Seleksi Beasiswa LPDP Untuk S1 – Beasiswa LPDP ini memang sangat terkenal di Indonesia, tidak heran banyak orang Indonesia yang mengikuti beasiswa ini. Tentunya beasiswa ini dibuka setiap tahunnya sehingga siapapun yang ingin mendaftar beasiswa dipersilakan untuk mendaftar terlebih dahulu. Pastinya sebelum daftar, kamu harus tahu apa saja tahapan-tahapan seleksi dari beasiswa LPDP ini. Sebab kalau kamu sudah tahu bagaimana seleksi dari beasiswa ini maka kamu tidak akan mengalami hambatan.

Khususnya buat kamu yang ingin berkuliah di dalam negeri maupun luar negeri maka beasiswa LPDP bisa menjadi salah satu jalan kamu. Tetapi ada banyak sekali keuntungan kalau mencoba beasiswa LPDP ini. Sebab kamu bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari uang saku sampai dengan kuliah gratis sesuai jenjang yang dipilih. Lagi pula semua biaya itu sudah ditanggung oleh pemerintah Indonesia. Sehingga tugas kamu hanya belajar dan mempertahankan IPK kamu. Mau tahu seleksinya? Ini dia rincian seleksinya!

Proses Seleksi Beasiswa LPDP
Proses Seleksi Beasiswa LPDP

Proses Seleksi Beasiswa LPDP

Ada tesnya

Sebelum lanjut ke tahap proses seleksi beasiswa LPDP maka ada banyak sekali jenis seleksi yang harus dilakukan. Tentunya ada tiga buah tahapan seleksi yang harus kamu lalui kalau kamu mau ikut beasiswa LPDP ini. Pertama ada seleksi administrasi pada seleksi administrasi nantinya kamu akan diminta mengumpulkan beberapa dokumen. Nah, kalau kamu sudah lolos pada tahap ini maka kamu akan lanjutkan ke tahap dua.

Tahap dua bisa disebut online assesment dan yang terakhir adalah seleksi substansi. Untuk waktunya terbilang cukup lama ya dengan kisaran waktu sekitar 4 sampai 7 bulan. Tetapi, setiap tahapnya memang harus sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam situs LPDP. Sehingga kamu harus tahu apa saja hal yang diperlukan untuk mengikuti beasiswa ini. Nah, kalau lolos biasanya ada pemberitahuan dari tahap satu ke tahap lainnya.

Seleksi administrasi

Pada tahap proses seleksi beasiswa LPDP yang pertama yaitu seleksi administrasi. Pastinya kalau mau melakukan seleksi administrasi maka kamu harus kunjungi terlebih dahulu situs dari beasiswa LPDP ini. Kemudian kalau kamu sudah melihat seperti apa situs LPDP, kamu dianjurkan untuk membuat akun. Kenapa? Karena dengan membuat akun bisa memudahkan kamu dalam melakukan pengunggahan dokumen. Pastikan akun kamu melakukan verifikasi terlebih dahulu bisa dari surel. Jangan lupa unduh panduan LPDP dan lakukan syaratnya.

Online Assesment

Kalau membicarakan tahap online assessment baru ada beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2017. Di dalam tahap ini banyak sekali para pemburu beasiswa yang gagal karena ditanya tentang bagaimana kepribadiannya. Tentunya kalau mau lolos dari tahap ini maka harus jawab dengan sejujurnya. Karena kalau melebih-lebihkan tentunya panitia akan curiga dengan hal tersebut. Lagi pula kamu akan diminta mengisi pertanyaan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Seleksi Substansi

Pada proses seleksi LPDP yang terakhir adalah seleksi substansi. Pada umumnya seleksi substansi ini memiliki empat tahapan proses yang panjang. Nah, yang pertama adalah verifikasi berkas dokumen. Biasanya hal ini bisa kamu unggah pada tahap awal, karena kalau satu dokumen saja lupa terunggah maka bisa fatal nanti.

Selanjutnya ada essay on the spot. Pada essay on the spot ini maka kamu diminta menulis beberapa paragraf saja terkait tema yang diberikan. Kemudian ada leaderless group discussion nantinya pada tahap ini kamu akan masuk ke suatu ruang diskusi. Dan menjelaskan isu yang diberikan oleh panitia. Selanjutnya ada wawancara nanti akan ada tiga sampai empat orang dari pewawancara. Setidaknya ada 20 pertanyaan yang harus kamu jawab nantinya.

Sekarang bagaimana sudah tahu kan panjangnya proses seleksi beasiswa LPDP? Berminat untuk mencobanya!