Inilah 3 Proses Seleksi Magang di Tokopedia

Seleksi Magang di Tokopedia

Seperti Ini Proses Seleksi Magang di Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dengan pertumbuhan yang semakin pesat, tenaga ahli yang banyak sangat dibutuhkan. Bagi para peminat magang di Tokopedia, Anda harus tahu proses seleksi magang di Tokopedia.

Karena adanya budaya kerja modern hingga cepatnya pertumbuhan karir menjadikan Tokopedia sebagai salah satu incaran pada pencari kerja. Banyak yang memberikan respon positif bekerja di dalamnya. Karena itulah banyak yang ingin mendaftar bekerja atau bahkan sekedar magang.

Proses Seleksi Magang di Tokopedia

Berikut proses seleksi magang di Tokopedia yang akan dijalani para rekrutment.

1. Online Application

Agar bisa mengajukan lamaran, Anda bisa mencari di website Tokopedia atau lewat Google dengan menuliskan Tokopedia Karir.

Anda juga harus membuat akun sendiri di website tersebut. Setelah itu, Anda bisa menambahkan berkas seperti CV, ijazah, transkrip nilai dan sertifikat lain. Jangan lupa mengisi data diri sehingga perusahaan bisa menghubungi jika terpilih dan masuk ke tahap rekrutment.

Saat melamar, banyak lowongan yang bisa Anda pilih sesuai kualifikasi dan skill yang dibutuhkan. Usahakan untuk melamar 1 bagian saja agar HRD tidak kebingungan dalam menyortir.

2. Focus Group Discussion

Pada tahap proses seleksi magang di Tokopedia selanjutnya, Anda akan mengikuti Focus Group Discussion atau FGD. Sebelum melaksanakannya, terdapat penjelasan dan presentasi singkat tentang profil perusahaan. Sebelum tes, Anda diminta mengerjakan essay dengan pertanyaan mengenai posisi yang dilamar.

Setelah tes selesai, Anda akan masuk ke tahap FGD. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, dan tiap kelompok mendapatkan kasus yang berbeda. Pertanyaan dan studi kasus mengenai prioritas dan pelayanan konsumen.

Sangat diusahakan untuk aktif tapi jangan mendominasi diskusi. Jangan terlalu cepat menyanggah orang lain tanpa adanya solusi. Jika hasil sudah didapatkan, kelompok Anda harus mempresentasikannya di depan kelompok lain. Bahkan kelompok lain bisa bertanya mengenai kasus yang diberikan.

3. Interview User Tokopedia

Proses seleksi magang di Tokopedia selanjutnya adalah interview user. Anda akan bertemu Manager atau SPV Tokopedia yang akan menggunakan jasa Anda nanti. Pelajari dulu posisi yang dilamar karena pertanyaan pentingnya adalah mengenai pemahaman Anda terhadap posisi tersebut.

Pertanyaan lainnya mengenai diri Anda sendiri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, hingga mengenai kehidupan pribadi. Pertanyaan mengenai aplikasi Tokopedia juga ada, dan seberapa sering Anda menggunakannya, dan alasan menggunakan Tokopedia daripada marketplace lain.

Sebelum tes, persiapkan diri Anda dengan beberapa pertanyaan mengenai Tokopedia yang Anda berikan saat dipersilahkan bertanya.

2 Tips Penting Lolos Dalam Proses Seleksi Tokopedia

Berkesempatan untuk bisa magang di perusahaan ternama adalah salah satu impian bagi para mahasiswa, baik itu yang masih kuliah maupun yang baru saja lulus. Biasanya kana muncul rasa senang dan bangga dengan diri sendiri pada saat bisa lolos seleksi penerimaan. Karena memang tidak semua mahasiswa yang mendaftar dapat diterima oleh perusahaan tempat kita melamar, seperti di Tokopedia.

Pastinya kita akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar yang datang dari kampus yang berbeda. Bukan hanya itu saja, kita juga pun nantinya akan bersaing dengan skill atau kemampuan yang dimiliki oleh pelamar yang berbeda.

Yang pasti, perusahaan seperti Tokopedia akan memeilih talenta yang cocok dan sesuai dengan value perusahaan saja untuk nanti dipekerjakan pada divisi di perusahaan. Lalu bagaimana supaya bisa lolos dalam proses seleksi ini?

1.  Cari Tahu Mengenai Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Sebelum melamar pekerjaan, maka bagian penting yang harus kamu lakukan ialah mencari tahu informasi mengenai perusahaan dan juga posisi yang akan di lamar. Karena inilah yang nantinya akan mendukung kelancaran dalam proses pembuatan CV sekaligus juga proses interview. 

2.  Buatlah CV yang Menarik

Dalam proses rekrutmen magang, biasanya pihak Tokopedia akan meminta para pelamar untuk melampirkan CV melalui website Tokopedia Career. CV inilah yang bisa dibikang bagian paling penting karena akan menjadi pertimbangan pertama oleh recruiter. Itulah mnegapa, buatlah CV yang ringkas, padat, namun tetap jelas.

Setelah semua proses terlewati, Anda bisa segera melaksanakan magang di Tokopedia. Karena persaingan yang ketat, pastikan Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lancar saat mengikuti proses seleksi magang di Tokopedia.