9 Rekomendasi Buku Mental Health Terbaik

Rekomendasi Buku Mental Health

Pada setiap tanggal 10 Oktober sering diperingati sebagai world mental health day atau yang sering disebut dengan hari kesehatan mental sedunia.Hari kesehatan mental sedunia pertama kali dikeluarkan oleh world federation for mental health pada tahun 1992.

Diharapkan dengan adanya peringatan hari mental sedunia dapat meningkatkan awareness mengenai kesehatan mental yang ada di sekitar, bahwa sebuah kesehatan mental pada seseorang sangat perlu menjadi perhatian.

9 Rekomendasi Buku Mental Health

Untuk meningkatkan awareness mengenai kesehatan mental, termasuk juga mengenal kesehatan mental health issue saat ini dirangkum dalam sebuah buku. Banyak macam-macam buku mulai dari bentuk fiksi maupun kisah nyata yang menceritakan mengenai mental health.

Saat ini banyak muncul buku yang ada di sekitar kamu dengan tema mental health issue. Namun, untuk para pemula yang ingin belajar mengenai health issue akan merasa kebingungan akan memilih buku seperti apa.

Daripada merasa bingung, simak penjelasan di bawah ini mengenai rekomendasi buku mental health yang cocok untuk kamu baca.

Gelombang Buku Lautan Jiwa

Rekomendasi buku mental health merupakan karya dari Anta Samsara dengan judul Gelombang Buku Lautan Jiwa. Di dalam buku tersebut menceritakan perjalanan mengenai seseorang yang sedang mengalami skizofrenia.

Anta Asmara menuliskan mengenai kisah nyata dan berusaha lepas dari stigma dan derita batinnya supaya dapat bangkit untuk mencoba meraih kemenangan jiwa.

New York Time Best Seller

New York Time Best Seller merupakan salah satu rekomendasi buku mental health karya dari Sylvia Nasar. Pada buku tersebut berisikan mengenai biografi dari John Nash yang kala itu sedang menjadi seorang pascasarjana dari Princenton di tahun 1948 hingga 1950.

Selama menjalani hidup mengalami delusi dan diagnosis paranoid skizofrenia. Cerita itu pun terus berlanjut dalam berapa hal yang dialami di hari tuanya. Di balik kisah seorang John Nash yang menderita paranoid skizofrenia juga sebagai ahli matematikawan brlian yang dianugerahi hadiah nobel ekonomi pada tahun 1994.

Take Off My Red Shoes

Rekomendasi buku mental health karya dari Nay Sharaya dengan judul Take Off My Red Shoes mempunyai isi yang cukup menarik. Pada buku tersebut menceritakan mengenai retelling dari suatu dongeng seorang di sepatu merah karya dari Hans Christian Andersen dan garis besarnya bercerita mengenai rasa obsesi yang berlebihan.

Atha menjadi seseorang yang terobsesi dengan warna merah dan sering memperhatikan beberapa orang di sekitarnya termasuk juga perhatian kakak maupun orang tuanya. Ares dan Alia merupakan saudara kembar dari Atha yang mendapatkan perhatian khusus. Ternyata Atha menderita penyakit paranoid skizofrenia yang menyerang pada pemikirannya.

The Woman In The Window

The Woman In The Window menjadi salah satu rekomendasi buku mental health dari karya A.J. Fin. Di dalam buku tersebut menceritakan mengenai Anna yang sedang mengalami penyakit agorafobia atau takut keluar pada tempat umum.

Pada suatu malam beliau berusaha membantu Jane yang dikenal sebagai tetangganya.  Di malam tersebut Jane sedang mengalami tikaman di bagian dadanya. Anna berusaha menolong si Jane dan akan tetapia ia justru ambruk setelah berusaha keluar dari rumah. Setelah Anna kembali sadar misteri mengenai Jane pun dimulai.

Alur dari cerita tersebut ada seseorang perempuan yang mengaku sebagai Jane dengan memberikan kabar bahwa dia baik-baik saja dan tidak ada tikaman di bagian tubuhnya. Selain itu Anna juga di tuding sedang berhalusinasi sehingga membuat nya bertanya-tanya apa yang terjadi pada dirinya sendiri dan ternyata sedang mengalami post traumatic stress disorder.

Garis Lurus

Rekomendasi buku mental health karya dari Arnozaha Win dengan judul Garis Lurus menceritakan seorang laki-laki yang mempunyai penyakit unik. Seorang laki-laki di dalam cerita tersebut bernama Miko dan sedang mengidap penyakit Apager dan Obsessive Compulsive Diseroder atau yang sering disebut dengan (OCD).

Pada saat menjalani kehidupannya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk berada di satu titik surel dan sehingga membawa Miko untuk tetap berada di dalam perjalanan untuk mengubah kehidupannya. Momen tersebut berawal dari Miko yang sedang berada di titik terbaik dalam hidupnya dan berhasil mempertemukan pada beberapa orang yang mengajari mengenai macam-macam rasa mulai dari tentang menjadi manusia sampai dengan mengajari sebuah rasa cinta.

Gone Girl yang Hilang

Gone Girl yang Hilang merupakan rekomendasi buku mental health karya dari seorang yang bernama Amy Dunne. Amy Dunne adalah seorang penulis buku yang sudah sangat terkenal dan beberapa karyanya sangat bagus.

Namun, di balik setiap beliau menuliskan karya tulisan sedang mengalami banyak masalah termasuk juga di dalam kehidupan rumah tangganya dengan Nick. Suatu hari Amy menghilang dengan meninggalkan skenario yang sudah tertata rapi seolah-olah suami melakukan pembunuhan.

Pada akhir cerita dari buku Gone Girl yang Hilang justru mengungkapkan bahwa Amy sendiri sebagai seorang pembunuh dan psikopat sangat pandai untuk menutupi jati dirinya.

Kim Ji Young, Born 1982

Rekomendasi buku mental health karya dari seorang Cho.Nam.Joo denan judul Kim Ji Young, Born 1982 menjadi salah satu buku bestseller dari Korea Selatan. Di dalam buku tersebut menceritakan mengenai seorang wanita bernama Kim Ji Young yang sedang mengalami beberapa konflik dalam kehidupannya.

Bahkan dengan beberapa konflik yang terjadi pada kehidupannya membuat dirinya menjadi seorang ibu rumah tangga. Selai itu, ada banyak hal yang membuat Ji-Young yang perlahan-lahan kehilangan akan jati dirinya lantaran terperangkap dalam rutinitas sehari-hari.

Sehingga, mengakibatkan terjadinya depresi. Cerita yang ada di dalam buku satu ini berhasil dijadikan satu film dengan bintang aktor ternama bernama Gong Yoo dan Jung Yu Mi.

Pintu Terlarang

Pintu terlaranng merupakan rekomendasi buku mental health yang dituliskan oleh seorang wanita bernama Sekar Ayu Asmara. Pada buku tersebut menceritakan mengenai seorang laki-laki bernama Gambir dengan kehidupan yang sudah cukup mapan.

Gambir merupakan seorang pematung yang sudah mempunyai istri teladan dan paras cantik bernama Talyada. Kehidupan sempurna pada Gambir membuat dirinya merasa ada yang salah dengan pernikahannya.

Sampai kelua sebuah tabir terbuka yang menyatakan bahwa Gambir merasa kecewa dan ingin mengakhiri rumah tangganya dengan cara tidak terduga. Di akhir kisah cerita buku tersebut Gambir teringat pesan dari sang istri untuk tidak membuka pintu pada ruangan kerjanya.

Semua cerita yang sudah diceritakan pada buku Pintu Terlarang Gambir berhasil membuka semua mata pembaca mengenai siapa dirinya sebenarnya.

Reason Why

Rekomendasi buku mental health merupakan salah satu karya dari Jay Asher dengan judul Reason Why. Di dalam cerita buku tersebut muncul sebuah rasa kecamuk yang tidak bisa disampaikan begitu saja oleh orang-orang lain dan sehingga menjadi tekanan untuk mengakhiri hidupnya.

Hal tersebut sama hal nya yang sedang dialami oleh Hannah Baker. Sebelum mengakhiri hidupnya, beliau telah mempersiapkan serangkaian hal yang berguna untuk memberitahu terhadap orang-orang sekitarnya mengena siapa saja yang terkait dalam ia memilih menyudahi hidupnya.

Buku Reasin Why tidak hanya sekedar menjadi sebuah buku saja akan tetapi juga dijadikan sebagai seri di dalam televisi.

9 rekomendasi buku mental health yang sudah disebutkan di atas bisa kamu jadikan sebagai bahan bacaan ketika sedang berada di waktu kosong dan bingung akan melakukan kegiatan apa.